Kartika Siti Aminah, Pelatih Perempuan Pertama di IBL yang Penuh Taktik Ajaib

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes
Kartika Siti Aminah, IBL Indonesia

Sumber: Umpanbalik.id. Kenalin, Pelatih Perempuan Pertama di IBL.

Umpanbalik.idSedikit lebih beda, akan menjadi lebih baik. Yup, Kartika Siti Aminah memang jadi yang paling mencolok di tengah lapangan basket. Ia menjadi pelatih wanita pertama di dunia IBL (Indonesia Basket League) 2022. 

Saat ini ia memegang DNA Bima Perkasa. Coach Ika menggantikan posisi Dean Murray yang saat itu harus mengakhiri kontrak dengan DNA Bima Perkasa. Coach Ika sudah memulai debutnya di musim ini bersama DNA Bima Perkasa. Penasaran dengan gaya kepelatihan Coach Ika?

Kartika Siti Aminah dulunya seorang pemain basket hebat asal Yogyakarta yang memperkuat tim Rajawali Sakti. Penampilannya yang mengenakan hijab, membuat semua orang salah fokus dengannya.

Dilansir dari Prambors FM, ia juga pernah melatih tim basket dari UGM (Universitas Gadjah Mada), PON Yogyakarta, dan tim basket Surabaya. Kartika Siti Aminah melatih tim basket Surabaya Fever dan menciptakan kemenangan liga basket wanita nasional tahun 2012. 

Rupanya, karir seorang Coach Ika sangat tidak diragukan, buktinya dengan track record yang berprestasi, ia bisa dipercaya memegang tim DNA Bima Perkasa Yogyakarta. Owner DNA Bima Perkasa, Edy Wibowo, mengatakan bahwa proses menentukan Coach Ika sebagai pelatih DNA Bima Perkasa, tentunya melalui pertimbangan yang sangat matang. 

Edy Wibowo berupaya untuk DNA Bima Perkasa agar memiliki perkembangan yang baik tiap tahunnya. Satu contoh dengan menaikkan level permainan sejak pertama kali dipegang oleh Dean. Harapannya, Coach Ika bisa menjadi suntikan semangat dan permainan baru darinya, untuk diterapkan di DNA Bima Perkasa. 

“Kami ingin menaikkan level tiap tahunnya, baik itu untuk individu maupun tim. Setiap hari kami melakukan evaluasi, dari latihan, scrimmage, sampai gim. Kami sangat mengapresiasi Dean sebagai pelatih sebelumnya, hubungan kami baik-baik saja. Namanya dunia kerja, profesional saja.” kata Edy Wibowo dikutip dari IBL Indonesia, Minggu (30/1/2022).

READ  Lelang Celana Dalam Michael Jordan, Para Kolektor Masuk Barisan

Menurutnya, pemilihan Kartika Siti Aminah menggantikan Dean Murray juga telah melewati banyak pertimbangan. Edy mengatakan Ika adalah sosok yang bertanggung jawab membentuk tim musim lalu setelah kontrak Raoul Miguel Hadinoto berakhir. Coach Ika sangat mengenal karakter tiap pemain di tim. DNA Bima Perkasa tidak banyak berubah di musim. 

Indra Muhammad dan kawan-kawan hanya ketambahan dua pemain asing yakni David Atkinson dan Jordan Jacks dan Ikram Fadhil dan Valentinus Michael yang berstatus Rookie. “Dia sangat mengenal tim ini sehingga tidak perlu waktu lama untuk mapping dan bikin game plan,” kata dia.

Dikutip dari detik.com, Jordan Jacks salah satu pemain asuhan Coach Ika menuturkan cara pelatih barunya mengajar. Jordan Jacks cukup optimis dengan kedatangan Coach Ika. Katanya, kehadiran Coach Ika bisa membawa DNA Bima Perkasa jauh lebih baik dari pertandingan-pertandingan sebelumnya.

“Saya menyukai gaya permainan dari Coach Ika. Dia datang dengan tangan terbuka dengan pola pikir positif dan percaya pada semua pemain untuk kemajuan DNA Bima Perkasa. Dia tidak pernah meragukan kami. Tapi dia juga memberi kami tantangan untuk bersaing secara terbuka,” beber Jordan Jacks.

Namun Jordan dan seluruh rekan pemain tampaknya harus bersabar sedikit lebih lama untuk kembali ke medan perang bersama Coach Ika, dikarenakan IBL telah memutuskan untuk menunda semetara seri basket demi menunjang kesehatan bersama. 

COVID-19 dalam satu minggu terakhir mengalami peningkatan di sejumlah daerah. Sejauh ini IBL belum menyampaikan informasi resmi mengenai kelanjutan serinya. Fransisca Juniati selaku Manajer tim DNA Bima Perkasa juga menuturkan tentang keselamatan tim harus diutamakan dan mendukung penuh keputusan IBL. 

DNA Bima Perkasa saat ini memberikan ruang gerak sepenuhnya kepada Coach Ika dalam melatih klub basket asal Yogyakarta itu. Pak Edy, Fransisca dan rekan lainnya berharap dengan pembaruan pelatih di tim ini, bisa meningkatkan kualitas para pemain di DNA Bima Perkasa. 

READ  Air Jordan 11 Dilelang, Pecinta Film Space Jam Meradang

Perkembangan terlihat atas menangnya DNA Bima Perkasa atas RANS PIK Basketball dengan skor 57-53. Coach Ika memang membuat DNA Bima Perkasa terlihat semakin perkasa. Buat Sobat Sport, semakin penasaran kan, apa saja yang akan terjadi pada DNA Bima Perkasa setelah dipegang Coach Ika dengan taktik ajaibnya. Kita tunggu ya Sobat Sport!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait