BAD SPORT: Dokumenter Netflix, Mengungkap Misteri Gelap Dunia Olahraga

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes
Bad Sport, Netflix

Sumber: Netflix. Official Poster Bad Sport.

Umpanbalik.idSemua orang setuju jika olahraga layak dikatakan jadi ladang sebuah prestasi. Tapi bagaimana jika sisi gelap olahraga diungkap dari banyaknya prestasi yang gemilang? Bad Sport adalah jawabannya. Sebuah dokumenter karya Netflix yang memperkenalkan sisi gelap dari dunia olahraga. 

Bahkan sampai sekarang, kasus-kasus itu belum terungkap kebenarannya. Dokumenter berisi skandal ini mengajak penonton ke sisi gelap olahraga. Tak hanya gemilang tawa, nyatanya banyak konflik pengaturan skor, judi, dan cara broker mendekati pemain demi kenikmatan pribadi. 

Total ada enam episode dalam serial Netflix ini. Masing-masing episode nya menguak skandal dari berbagai macam cabang olahraga. Hoop Scheme misalnya, yang menjadi episode pertama dari series ini, mengisahkan skandal pengaturan skor dalam turnamen bola basket antar Universitas di Amerika Serikat. 

Tak sampai situ, di dalamnya juga berisikan skandal Calciopoli di Italia, tentang Luciano Moggi (Direktur Juventus) yang memengaruhi para wasit agar memuluskan langkah mereka melakukan pengaturan skor. 

Serial ini juga mengangkat banyak kasus mengenai perdagangan narkoba di dunia olahraga hingga skandal pembunuhan kuda. Beberapa kasus mereka kemungkinan banyak yang sudah melupakan karena tingkat kriminalnya masih dibilang rendah dari skandal lainnya. 

Bad Sport jadi film dokumenter yang menarik karena diproduksi dengan epic. Sejumlah cerita, pandangan negatif, alur cerita yang tak terduga, menjadi hal yang sangat tabu di dunia olahraga. Bahkan, sebagian cerita yang ada di Bad Sport, menjadi pusat cerita oleh pelaku-pelaku skandal terdahulu. 

Beberapa film tentang skandal olahraga dulunya juga pernah ada dalam seri 30 For 30 ESPN. “The U” dan “Pony Excess” adalah contoh film yang mengangkat tema skandal di dunia olahraga. 

READ  Investasi Diri, 5 Olahraga Ringan untuk Memperpanjang Umur

Tidak berhenti di situ saja, Netflix menjelajah film-film baru tentang skandal yang memiliki kesamaan dalam alur ceritanya. Dibuktikan dengan keluarnya film UNTOLD dan Bad Sport yang jika disatukan, akan seperti serial berkelanjutan. 

Dalam sebuah trailer yang ditampilkan pada 2021 lalu, berisikan tentang cuplikan-cuplikan skandal terbesar di dunia olahraga, yang ditutupi selama ini. Dalam trailer tersebut, ada dialog tentang rencana skandal atau penipuan itu dimulai. 

“Ini cerita yang sangat aneh, seorang wanita kaya datang menghampiriku dan berkata: Hei bisakah Anda membunuh kuda saya untuk saya?“ terdengar suara ini di salah satu scene trailer tersebut.

Cuplikan berdurasi 1 menit 52 detik punya segudang misteri yang ada dalam serial enam episode ini. Entah apa yang ada dipikiran seorang penipu-penipu itu, tapi ini adalah serial yang wajib kalian tonton. 

Serial ini disutradarai langsung oleh Miles Blayden dan rekan-rekannya untuk menciptakan karya tentang pengungkapan kejadian-kejadian kotor dalam dunia olahraga. 

Sebuah Jurnal tentang Nilai dan Sportivitas Olahraga Universitas Sebelas Maret menjelaskan, tujuan olahraga adalah menentukan siapa yang lebih istimewa kemahirannya dalam permainan. Perbuatan tidak etis bisa muncul karena campur tangan seseorang untuk merusak tujuan olahraga. Misalnya tindakan penipuan atau penghilangan fair play. 

Berdasarkan fakta yang ada, penipuan dalam dunia olahraga seringkali diartikan sebagai keterampilan licik dari sebagian atlet maupun oknum yang tidak bertanggung jawab. Bermain kotor, menghalalkan segala cara untuk menang, hingga kecurangan-kecurangan lainnya yang dapat mengurangi eksistensi sportivitas di dunia olahraga. 

Kecurangan dalam dunia olahraga, kini mulai punah sejak ditetapkan sanksi dan hukuman yang berlaku. Para oknum dan atlet akan berpikir dua kali untuk melakukan kecurangan dalam sebuah pertandingan. Hal tersebut akan berakibat fatal dan menjerumuskan mereka ke dalam sel penjara.  

READ  Lupakan Kekalahan, Novak Djokovic Berhasil Genggam Gelar di Paris Masters 2021

Dokumenter Bad Sport adalah penggambaran sekelompok orang yang tamak dengan tahta dan keinginan yang dicapai dengan mudah. Dengan adanya kekuatan melawan yang kecil, hingga yang kecil tertindas oleh yang besar. 

Dokumenter ini memberi pelajaran berarti untuk kita semua Sobat Sport, bahwa sebuah kecurangan, tidak akan diindahkan sampai kapanpun. Sekotor-kotornya orang bertindak, pada akhirnya akan ketahuan juga. Gimana nih Sobat Sport, tertarik untuk menontonnya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait