Tiger Woods: 10 Tahun Kehancuran Karir Legenda Golf

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 4 minutes
Tiger Woods, Karir, Hancur, Legenda Golf

Sumber: Voi.id. Lahirnya seorang legenda golf, hingga kehancuran karirnya.

Umpanbalik.idSiapa yang tidak mengenal Tiger Woods? Para pecinta dan penggiat golf selalu menantikan Tiger Woods kembali dalam turnamen golf untuk memegang stick kesayangannya. Punya segudang prestasi, Tiger Woods jadi pusat perhatian setelah pencapaian gemilangnya di dunia golf. Namun, siapa sangka jika karir legenda golf itu, mengalami kehancuran dalam kurun waktu 10 tahun. Apa penyebabnya?

Kelahiran Woods Kecil

Eldrick Tont Woods, adalah nama asli dari Tiger Woods yang lahir pada 30 Desember 1975 di kota Cypress, California. Tiger rupanya merupakan anak dari seorang mantan tentara Amerika Serikat berdarah Afrika Amerika bernama Earl Dennison Woods dan ibu kandungnya berdarah Thailand, Kultida Woods. Dalam ceritanya, ayahnya memberi julukan untuk Woods kecil dalam rangka menghormati tentara Amerika Serikat yang sedang melaksanakan tugasnya. 

Ketika berumur enam tahun, rupanya bakat golf sudah terlihat. Melihat tumbuh kembang anaknya, Earl Dennison mengarahkan Woods kecil untuk terus berlatih di dunia golf. Kemahiran itu turun dari tangan ajaib milik ayahnya. Walau masih berumur enam tahun, Woods sudah diundang banyak acara tv untuk menunjukkan kemampuannya dalam bermain golf. Salah satunya di Good Morning America.

Seiring berjalannya waktu, Tiger Woods menempuh pendidikan kuliah di Stanford University fakultas ekonomi tahun 1994-1996. Selama kuliah, ia sudah mengikuti beberapa turnamen tingkat pemula, dan pulang membawa piala. 

Woods selesai dengan perkuliahan dan melanjutkan perjalanan karir nya di dunia golf. Ia memilih fokus berkarir, ketimbang bekerja kantoran pada umumnya. Salah satu prestasi ter-epic setelah lulus kuliah adalah menjadi juara turnamen bergengsi dunia The Masters dengan rekor poin 270

READ  OPINI: Olahraga Harus Pakai Masker?

Pernikahan dan Harta Kekayaan

Fokus dengan karirnya, membuat Tiger Woods sulit menemukan tambatan hati untuk menemani dirinya dalam di usia yang tak lagi muda. Ia jatuh cinta dengan seorang wanita asal Swedia, Elen Nordegren dan menikahinya pada tahun 2004. Woods dikarunia dua anak yang bernama Sam Alexis dan Charlie Excel. Sayang, tidak lama setelah kebahagian pernikahannya, keluarga Woods harus menghadapi situasi yang pilu. Ayah Woods, Earl Dennison terkena kanker prostat pada tahun 2006 dan meninggal dunia. 

Kekayaan Tiger Woods tidaklah sedikit. Ia tumbuh besar menjadi pria yang sangat glamor dengan harta dan tahtanya. Di tahun 2009, kekayaan sang legenda mencapai angka 895 juta dolar AS atau setara Rp 12,5 triliun. Ia mencapai kesuksesannya dengan memenangkan banyak pertandingan, sponsor dan bintang iklan. 

Tiger Woods berhasil mengalahkan legenda basket Amerika Serikat Michael Jordan yang pemasukannya mencapai 800 juta dolar AS atau setara Rp 11,2 triliun dan legenda Formula 1 Michael dengan kekayaan sebanyak 700 juta dolar AS atau setara Rp 9,8 triliun. Tahun tersebut adalah sejarah Tiger Woods mencatatkan namanya menjadi atlet dengan bayaran termahal di dunia. 

Kasus Perselingkuhan, Narkoba, dan Depresi 

Dikutip dari haibunda.com, kasus perselingkuhan dari bintang golf ternama Tiger Woods terungkap pada 2009. Woods selingkuh dengan wanita simpanannya yang bernama Rachel Uchitel. Kasus skandal tersebut mengubah perspektif masyarakat tentang Tiger Woods. Karena ini, Woods yang biasa dipandang prestasinya, jadi berubah terbalik menjadi Woods yang dipandang dengan kontroversinya. 

Dalam sebuah dokumenter di HBO, Rachel, selingkuhan Tiger Woods, pernah mendapatkan pesan singkat dari seorang legenda golf yang berisi, “Kamu adalah satu-satunya wanita yang aku cintai.”  Sebaris kalimat itu tentu mampu meluluhkan hati seorang Rachel. Tidak butuh waktu lama, Rachel mencintai Woods dan merasa aman di dekat Tiger Woods. 

READ  Ada Barang Ada Harga, Kenapa Pakaian Olahraga Pricey?

Lalu, bagaimana dengan istrinya? Tentu Elen Nordegren tidak mau tinggal diam. Suatu hari, Elen Nordegren mendapat bukti bahwa suaminya ternyata sedang bermain api di belakangnya. Ia mengejar suaminya yang akan pergi dari rumah dengan membawa tongkat golf. 

Tak sampai di situ, Woods panik, dan tidak sengaja menabrak bagian rumahnya sendiri. Tanpa aba-aba, Elen langsung memecahkan kaca mobil dan kejadian tersebut diekspos media besar yang kemudian jadi perbincangan publik yang hangat pada saat itu.

Bukan hanya selingkuh, ternyata Tiger Woods dikenal sebagai maniac seks. Dilihat dari tingkah lakunya, Tiger Woods rupanya ia sudah banyak terlibat perselingkuhan. Satu tahun setelah kejadian tersebut, tahun 2010, Elen Nordegren resmi cerai dengan Tiger Woods.

Kesalahan itu membuat karirnya berubah 90 derajat. Kasus perselingkuhannya terkuak di media dan dunia. Tiger Woods menjadi perbincangan banyak orang. Belum berakhir, Tiger Woods depresi dan malah menggunakan narkoba hingga satu kasus mencuat lagi. Tidak jera sama sekali, Woods malah mengonsumsi alkohol dan membuat tangannya diborgol lagi oleh polisi. 

Tiger Woods ditangkap polisi.

 Sumber: Sport News. Ditangkapnya Tiger Woods karena pengaruh alkohol

Woods tidak lagi sehat secara fisik maupun mental. Berulang kali dia terlihat sedang berada di klinik kesehatan. Tak hanya itu, Tiger Woods juga kehilangan ratusan miliar rupiah akibat ditinggal sponsor yang selama ini menemani kesuksesannya. Kondisinya yang belum pulih membuat dirinya susah beradaptasi dengan dunia golf. 

Perlahan, pada akhir 2019, Woods akhirnya kembali ke dunia yang membesarkannya. Ia mencoba keberuntungan lagi dengan mengikuti kejuaraan turnamen tingkat dunia di The Masters yang berlokasi di wilayah Georgia, Amerika Serikat. Hasilnya, Woods menerima hadiah sebesar 2 juta dolar AS atau setara Rp28 miliar. 

READ  Pro Kontra Standar Anthem Lagu yang Cocok untuk Sebuah Pertandingan

Kesalahan dan kecerobohan Tiger Woods memang banyak. Karirnya yang sempat hancur juga karena kelalaian perbuatan yang dilakukannya sendiri. Dengan kembalinya Tiger Woods ke lapangan golf, semoga bisa menjadi cara agar ia tak lagi melakukan hal yang merugikan dirinya lagi.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait