Tegas! China Larang Pemain Timnasnya Bertato

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 2 minutes

Sumber: China.Org.Cn/ Zhang Linpeng terancam menghapus tatonya sendiri

Umpanbalik.id – Badan Administrasi Olahraga China mengumumkan kebijakan larangan bertato Timnas China pada Kamis (30/12). Alasannya karena di China, orang yang bertato dianggap memiliki citra yang buruk di masyarakat.

Kebijakan diberlakukannya larangan bertato untuk timnas China rupanya dipandang sebelah mata. Ajang sepakbola bergengsi pun, sudah tak asing dengan yang namanya tato. Lionel Messi, Neymar, Ibrahimovic, menjadikan tubuh mereka sangat bersahabat dengan tato. Lantas, mengapa China membuat larangan bertato untuk timnasnya sendiri?

Alasan terbesar China memberlakukan kebijakan ini adalah karena tato masih menjadi stigma buruk bagi masyarakat di sana. Hal ini diperkuat oleh Administrasi Umum Olahraga Negara untuk menghimbau kepada CFA, melarang pemain timnasnya bertato. 

Sebuah pernyataan berjudul “Saran untuk Memperkuat Manajemen Pemain Sepakbola” berbunyi larangan untuk membuat tato baru. Jika sudah mempunyai tato lama, maka disarankan untuk menghapusnya sendiri. Kebijakan ini berlaku selama latihan dan pertandingan berlangsung. 

Dikutip dari liputan6.com, Asosiasi Sepak Bola China mempertegas kebijakannya dengan pernyataan sebagai berikut. 

“Ini akan menggambarkan semangat positif para pemain sepak bola Tiongkok dan menjadi citra yang baik bagi masyarakat,” ucap Asosiasi Sepak Bola China selanjutnya.

“Timnas dan atlet timnas U23 dilarang keras memiliki tato baru. Jika sampai ada, silahkan menghapus tatonya sendiri.” 

Keputusan bertato pastinya menimbulkan persepsi yang bermacam – macam. Hal tersebut dimuat dalam sebuah Jurnal tentang Penerimaan Diri Pada Individu Bertato Terhadap Persepsi Masyarakat UNAIR,  latar belakang mengambil keputusan untuk memiliki tato adalah nilai seni, rasa penasaran, faktor keluarga, lingkungan pertemanan dan keinginan bertato yang kuat. Para pesepakbola kemungkinan memiliki kesamaan latar belakang seperti diatas untuk menjadikan tubuhnya dihiasi dengan tato. 

READ  5 Penjaga Gawang Dadakan Penghalau Terakhir Serangan Lawan

Fakta tentang kebijakan ini ternyata tidak hanya diperuntukan kepada para atlet senior saja, melainkan atlet juniornya juga. Kebijakan ini cukup menyulitkan para atlet yang sudah terlanjur bertato. Selain larangan bertato, China juga mengharapkan adanya kegiatan pendidikan ideologis dan politik untuk timnasnya. Alasannya simple, hanya untuk  memperkuat patriotik para pemain.

Grup B Piala dunia 2022 Zona Asia, timnas China sedang mengalami keadaan terpuruk dalam kualifikasi ketiganya. Perolehan lima poin yang didapatnya, hanya menduduki peringkat kelima di dasar klasemen dengan Vietnam. Lantas, apakah China bisa membuat citra baik pada timnasnya, dengan menghapus tato para pemainnya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait