India Kecam Patung CR7, Niat Menginspirasi Malah Jadi Kontroversi

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes
Patung Cristiano Ronaldo di India Tuai Kecaman

Sumber: Contentstack. Patung Cristiano Ronaldo di India Tuai Kontroversi.

Umpanbalik.idSang legenda sepakbola Cristiano Ronaldo akhir-akhir ini menjadi sorotan, karena patung yang mirip dirinya telah diresmikan di India. Namun sayang, yang awalnya menjadi sebuah penghargaan, malah jadi sebuah kritikan bagi masyarakat lokal. Patung CR7 ternyata tidak disetujui di kota Calangute, Negara Bagian Goa, India, pada 29 Desember 2021. Monumen yang dihiasi sentuhan emas itu, sangat apik jika dipandang. Lalu kenapa patung ini tuai kontroversi?

Dilansir dari The Sun, ini kali pertama monumen Ronaldo berdiri. Dana yang dihabiskan pun tidak sedikit, melainkan sebanyak 120 ribu rupee (setara 23 Juta rupiah). Dengan dana yang cukup besar, apakah india tidak punya tujuan membangun patung tersebut? Alih-alih memotivasi para pemain muda di India sana, patung ini justru malah menuai kontroversi. Masyarakat di sana menolak jika ikon CR7 terpampang gagah di Calangute. 

“Saya kecewa berat mendengar patung Cristiano Ronaldo didirikan. Kita masih punya ikon sendiri kok, Belajarlah menghargai yang ada seperti Samir Naik dan Bruno Coutinho,” kata seorang warga Goa kepada kantor berita IANS dikutip dari bbc.com. Tak berhenti sampai disitu saja, mereka juga tak tanggung-tanggung menunjukkan aksi protesnya. Selama patung diresmikan, beberapa orang di sana mengibarkan bendera hitam sebagai bentuk protes. 

CR7 adalah ikon pesepakbola yang populer di dunia olahraga. Bahkan beberapa masyarakat di Calangute juga ada yang mengidolakannya. Membuka sejarah, Portugal dan Goa memiliki ikatan batin yang cukup kuat. Karena pada kolonialnya, banyak keluarga yang tinggal di portugal ataupun sebaliknya. Tapi tetap saja, patung CR7 adalah ikon asing bagi mereka. Masalahnya, bulan ini juga tepat dengan waktu peringatan pembebasan Goa dari jajahan Portugal. 

READ  5 Musketeer Basket Pemain Terbaik Sepanjang Masa

“Tindakan asusila saat ini adalah mendirikan patung CR7. Kami mengutuk ini,” kata aktivis sayap kanan, Guru Shirodkar, seperti dikutip IANS. “Banyak sekali para pejuang kemerdekaan Goa terhina” tambahnya dilansir dari Liputan6.com.

Michael Lobo, parlemen lokal pada partai BJP, membuat sebuah cuitan twitter berisikan foto dirinya dengan patung tersebut. Ia menulis jika patung CR7 terbuat dari permintaan anak muda di sana untuk menginspirasi perkembangan sepak bola di Goa, India. Jika melihat dari perspektif yang ini, tentu dianggap sangat bermanfaat dan bernilai positif. Tapi nyatanya berbeda saat di lapangan. 

Setelah patung berhasil dibuat dan diresmikan, ternyata terdapat perbedaan sudut pandang antara kaum muda dan kaum lainnya. Sehingga timbul masalah yang asing di telinga mereka. Beberapa dari mereka juga sangat  menyayangkan hal itu terjadi.

Kontroversi Lain dari Patung Cristiano Ronaldo

Kejadian seperti ini sudah pernah terjadi sebelumnya. Pada 2017 silam, patung Cristiano Ronaldo pernah dibuat di Bandara Madeira Portugal atas pencapaian juara di Piala Eropa 2016. Bahkan, bandara tersebut berganti nama menjadi Cristiano Ronaldo International Airport. Bukannya mendapat sebuah pujian, pahatan hasil karya dari Emanuel Santos malah dijadikan sebagai lelucon di dunia maya. Banyak netizen yang berkomentar bahwa patung tersebut tidak mirip dengan Cristiano Ronaldo. 

Patung Cristiano Ronaldo di Portugal.

 Sumber: Contentstack. Hasil karya Emanuel Santos yang diejek netizen.

Karena banyak netizen yang menghujat, keluarga Cristiano Ronaldo pun meminta agar patungnya segera diganti. Sejak saat itulah patung karya Emanuel Santos diganti dengan yang lebih mirip CR7. Cristiano Ronaldo memang sangat dikenal khalayak ramai. Menjadi Cristiano Ronaldo tentu tak mudah. Karena melewati proses yang panjang dan belum tentu orang lain bisa melakukannya. Dengan apa yang ia hasilkan, membuat dirinya jadi inspirasi banyak orang.

READ  Tangisan Luis Suarez, Dibuang dan Mendulang

Sampai sekarang, Cristiano Ronaldo belum mengkonfirmasi tentang kejadian kontroversi yang ada di India tersebut. Ini akan menjadi pelajaran kedepannya untuk India menyikapi sebuah kejadian yang seperti ini. Jangan sampai memiliki tujuan menginspirasi, malah menjadi sebuah kontroversi yang membuat masyarakat India protes tentang hal ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait