Final AFF 2020, Indonesia Dipukul Mundur 4-0 Oleh Thailand di Leg Pertama

Dipublikasikan oleh Muhammad Khoiruzzein
Reading Time: 2 minutes

Sumber: pssi.org, Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand di leg pertama final Piala AFF 2020

Umpanbalik.id – Kejutan terjadi di laga final piala AFF 2020 malam tadi. Indonesia dipaksa mengakui keunggulan Thailand 0-4 pada leg pertama yang diselenggarakan di National Stadium, Singapura (29/12/2021).

Di atas kertas, skuad Thailand memang lebih diunggulkan dalam laga kali ini. Sejarah mencatat kedua negara ini pernah bertanding sebanyak 78 kali, dengan diantaranya 25 kali kemenangan untuk Indonesia, 39 untuk Thailand, dan sisanya imbang. Uniknya tiga kekalahan Indonesia atas Thailand terjadi saat laga final piala AFF, yaitu pada tahun 2000, 2002, dan 2016.

Laga babak pertama dimulai, Indonesia yang berstatus tuan rumah langsung digempur habis oleh Thailand. Belum genap dua menit permainan berjalan, Chanathip Songkrasin berhasil melakukan tendangan keras yang langsung menghujam gawang Nadeo Argawinata. Skor kacamata pun tidak bertahan lama, keunggulan 0-1 bagi Thailand. Setelah gol terjadi, pemain Indonesia berusaha melakukan build up serangan dengan memanfaatkan sayap-sayap cepat mereka. Namun sayang, pertahanan Thailand terlalu solid untuk diserang oleh pemain-pemain Indonesia. Keunggulan 0-1 Thailand bertahan hingga turun minum.

Babak kedua berjalan, Timnas Indonesia yang ingin mengejar ketinggalan mulai memasukkan pemain-pemain andalan mereka. Mulai dari Kadek Agung, Elkan Baggot hingga Evan Dimas pun dimasukkan. Satu hingga dua peluang emas pun berhasil diciptakan oleh anak-anak Indonesia. Tetapi lagi-lagi, Chanathip Songkrasin menjadi mimpi buruk bagi Timnas Indonesia. Serangan balik cepat Thailand di menit 52 yang diawali oleh Supachok Sarachat dapat diakhiri dengan manis oleh Chanatip Songkrasin. 0-2 Indonesia tertinggal dari Thailand.

Semakin tertinggal, membuat pemain Indonesia inisiatif melakukan serangan. Irfan Jaya sempat memiliki peluang di depan gawang Thailand, namun sayang tembakannya masih terlalu lemah sehingga bisa dihalau dengan mudah oleh kiper Thailand. Alih-alih memperkecil ketinggalan, Thailand malah menjauhkan keunggulan lewat gol Supachok Sarachat yang mengubah skor menjadi 0-3 untuk Thailand. 

READ  21 Miliar Rupiah, Sepasang Sepatu Michael Jordan yang Bersejarah

Belum puas, Thailand menutup pesta kemenangannya setelah di menit 83 Bhordin Phala mencetak gol memanfaatkan kesalahan dari pemain belakang Indonesia. Peluit panjang dibunyikan, 0-4 Indonesia harus mengakui keunggulan dari Thailand.

Asa itu masih ada, Skuad Garuda masih menyisakan laga pamungkas di awal tahun 2022. Leg kedua yang dilangsungkan di National Stadium, Singapura itu menjadi harapan satu-satunya untuk merebut gelar juara AFF dari Thailand. Empat gol minimal wajib dilesakkan oleh Witan Sulaeman dkk agar menjaga asa juara itu tetap ada. Tetap berjuang Garuda! Perjuanganmu masih belum selesai.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait