Olahraga Berkuda: Memaksimalkan Psikis dan Jiwa Raga

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes

Umpanbalik.id – Untuk membantu tubuh agar tetap sehat salah satunya dengan rutin berolahraga. Ketersediaan waktu yang terbatas membuat seseorang kadang malas berolahraga. Berbeda dengan orang yang memang sengaja meluangkan waktunya untuk berolahraga. 

Berolahraga pun memiliki banyak ragam dengan manfaatnya. Berbagai olahraga dapat dijadikan pilihan untuk dilakukan. Mulai dari olahraga ringan seperti jalan santai, hingga olahraga berat seperti angkat besi. Namun, pernah mendengar cabang olahraga equestrian? Apakah kategori cabang olahraga yang satu ini? Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya. 

Equestrian atau yang biasa dikenal sebagai olahraga berkuda, merupakan salah satu cabang olahraga yang melibatkan dua makhluk hidup. Ada seorang atlet yang berperan sebagai penunggang dan seekor kuda yang berperan untuk ditunggangi. Equestrian belakangan sangat banyak diminati oleh berbagai kalangan. 

Cabang olahraga ini terhitung cukup lama hadir di Indonesia, tak sedikit artis tanah air ikut serta rutin melakukan olahraga ini. Nabila Syakieb dan teman-teman artisnya seperti Nia Ramadhani, Cathy Sharon contohnya, mereka sering berbagi keseruan olahraga berkudanya dengan kuda-kuda mereka dengan harga fantastik pada laman akun Instagramnya. 

Sumber: instagram.com/Nabila Syakieb. Nabila melakukan olahraga rutin berkuda.

Meskipun begitu, tak sedikit juga yang berpendapat bahwa olahraga berkuda ini hanya sebuah tren gaya. Kegiatan berkuda hanya dipersepsikan sebagai aktivitas hiburan sesaat. Orang beranggapan bahwa berkuda hanya kegiatan menaiki kuda dan tidak lebih. Namun nyatanya, di dalam berkuda juga ada teknik khusus serta keahlian mumpuni agar dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaatnya seperti melatih gerak otot bagian bagian tertentu. Seperti kaki, punggung, hingga bahu. Pasalnya, kegiatan berkuda ini dapat menjadi pilihan olahraga yang membakar kalori dengan cepat.

READ  Football’s Coming Home: Kembali Bergema Saat Inggris Berjaya

Dilansir dari buku Body For Life for Women, menunggangi kuda kurang lebih selama lima menit, setara dengan berjalan santai. Berdasarkan hal tersebut juga dapat diambil kesimpulan bahwa olahraga berkuda sama halnya dengan aktivitas berjalan. Tak hanya sampai di situ, olahraga berkuda juga bermanfaat untuk kesehatan hati dan jantung. Bisa dilakukan untuk anak-anak hingga orang tua, juga laki-laki maupun perempuan. 

Selain fokus utamanya sebagai olahraga yaitu untuk kesehatan fisik, ternyata berkuda juga berpengaruh untuk kesehatan mental bagi seseorang. Mengutip dari decathlon.co.id olahraga berkuda juga dapat membangun suasana hati yang lebih baik, juga menghindarkan diri dari kondisi stres yang berlebihan. Sehingga berkuda dapat menjadi salah satu pilihan terapi mental yang patut untuk dicoba.

Rasa bingung untuk melatih keahlian berkuda kadang penyebabnya bisa jadi karena tidak tahu ingin memulai dari mana. Pada kasus seperti ini, tentu ada jalan keluarnya. Kita harus mulai mencari tahu tempat berkuda terdekat pada lingkungan tempat tinggal. Tak perlu khawatir, di Indonesia kini sudah banyak menyediakan tempat latihan berkuda yang aman dan memenuhi standar berkuda. Hampir tersedia di beberapa wilayah kota besar. Jika kamu bertempat tinggal di daerah Jakarta Selatan, salah satu tempat berkuda yang patut kamu kunjungi adalah Trijaya Equestrian. 

Dilansir dari tempatwisataunik.com, tempat berkuda Trijaya Equestrian sudah cukup banyak dikenal oleh kalangan orang-orang yang sering berkuda. Berlokasi di Jl. H. Montong. No.23 RT.08/RW.03 Ciganjur, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12630. Tempat ini terkesan lebih mengutamakan privasi atau khusus. Tak hanya dijadikan sebagai tempat latihan, namun juga sering dijadikan sebagai tempat wisata. 

Pengunjung seperti anak-anak biasanya akan merasa betah jika berlibur kesitu. Sebab akan merasakan sensasi berkuda yang sebelumnya mungkin belum pernah dilakukan. Terlebih yang perlu diketahui, anda tidak harus mempunyai kuda pribadi untuk dapat ikut serta berlatih. Sebab mereka juga menyediakan berbagai kuda untuk siap ditunggangi.

READ  Meditasi Mindfulness dalam Olahraga, Badan Sehat Mental Tetap Terjaga

Tak perlu khawatir akan terjadi kecelakaan dan sebagainya, tentu saja tempat berkuda sekelas Trijaya Equestrian sudah difasilitasi dengan pelatih profesional. Hal ini akan membuat pengunjung merasa lebih aman dan nyaman. Pelatih profesional ini siap membantumu untuk mengasah keahlian berkuda. Sekarang tunggu apalagi? Ayo asah keahlian berkuda mu sekarang, dan rasakan sensasi berkuda yang menyenangkan. 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait