Kebanggaan Baru Tanah Air, Pesona Sirkuit Mandalika

Dipublikasikan oleh Olivia Annisa
Reading Time: 3 minutes

Umpanbalik.id – Sirkuit mandalika adalah primadona baru bagi kota Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Sirkuit Mandalika di hari Jumat (12/11/21). Pertamina Mandalika International Street Circuit ini dianggap siap untuk menggelar berbagai event besar kelas dunia. Pesona Sirkuit mandalika tak perlu diragukan lagi, sirkuit ini mempunyai keunikan karena berbatasan langsung dengan pantai pasir putih. 

 

Sirkuit kebanggaan tanah air diresmikan bersamaan dengan pembukaan akses jalan sepanjang 17,3 kilometer yang menghubungkan Bandara Internasional Lombok dengan kawasan khusus Mandalika. Sirkuit ini memiliki panjang lintasan 4,32 km dengan 17 tikungan, awalnya sirkuit ini direncanakan memiliki panjang 4,32 km dengan 19 tikungan. Namun, pihak kontraktor memperpendek desain demi mengurangi faktor kecelakaan akibat banyaknya tikungan. Tentunya, penyesuaian ini mengikuti standar Internasional. Sirkuit Mandalika memiliki kapasitas 50.000 penonton di grandstand dengan keseluruhan tampungannya 195.700 orang. 

 

Diketahui Pertamina mengeluarkan anggaran dana sebesar 100 miliar untuk hak penamaan dan juga menjadi sponsor utama bagi sirkuit baru ini. “Sirkuit mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dirancang dengan teknologi stone mastic asphalt. Telah selesai dan siap digunakan untuk event WorldSBK 2021 dan diikuti MotoGP tahun 2022 mendatang,” ujar Jokowi dilansir dari Worldsbk

Sirkuit Mandalika ini dirancang sebagai kebangaan Indonesia memperkenalkan sirkuit indah kepada dunia, dan sebagai salah satu cara Indonesia menggaet mata dunia. Lantas, seperti apa tampilan dan pesonanya? Berikut rangkuman visualisasi Sirkuit Mandalika:

Kumpulan foto-foto dan proses dibangunnya Sirkuit Mandalika juga bisa Sobat Sport akses di Instagram resmi @themandalikagp atau di @sirkuitmandalikalombok.

READ  Photo Story: Nostalgia Era Lampau, Upaya Menjaga Olahraga Tradisional di Era Modern
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait