Pentingnya Pemanasan dan Pendinginan Saat Berolahraga!

Dipublikasikan oleh Olivia Annisa
Reading Time: 2 minutes

Umpanbalik.idSaat Sobat Sport dapat materi Jasmani di sekolah dulu, pasti kamu sudah nggak asingkan dengan yang namanya pemanasan dan juga pendinginan sebelum dan selepas berolahraga?

Fungsi keduanya nggak boleh diremehkan loh! Pemanasan sebelum olahraga sangat bermanfaat untuk meningkatkan suhu tubuh dan aliran darah menuju otot, sementara fungsi pendinginan sangat baik diterapkan ketika tubuh telah aktif berolahraga dengan intensitas tinggi, hal ini bertujuan untuk merelaksasikan tubuh yang panas dan juga biar nantinya badan kamu nggak  sakit-sakitan nih.

Aliran darah yang mengalir menuju tubuh, terutama otot-otot yang mau fokus bekerja saat berolahraga butuh oksigen dulu nih biar nggak kaget. Makanya saat pemanasan, denyut jantung dan pernapasan ikut meningkat, nah saat itulah otot memperoleh oksigen yang cukup. Selain itu fungsi pemanasan juga membantu tubuh untuk lebih lentur dari gerakan-gerakan peregangan saat pemanasan. Sebaliknya, tanpa pemanasan atau pendinginan otot tubuh akan cenderung kaku untuk melakukan aktivitas pergerakan inti dari olahraga, dan ujung-ujungnya olahraga akan terasa kurang maksimal. 

Istilahnya pemanasan bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan aktivitas olahraga yang lebih berat sekaligus, dapat memacu kinerja otot. Jika kita melakukan pemanasan sebelum berolahraga maka tubuh dapat mengantisipasi rasa nyeri dan cedera serius pada bagian otot yang bekerja.

Sementara, jika aktivitas olahraga diakhiri tanpa pendinginan, akan berdampak negatif terhadap respon tubuh. Bayangkan saja, sistem tubuh masih bekerja keras pada otot-otot yang difokuskan dan tiba-tiba tubuh berhenti tanpa aba-aba pelenturan. 

Dampak serius yang mungkin terjadi adalah darah tersumbat dan menumpuk pada sebagian otot yang masih bekerja, saat inilah otot kurang dalam menghasilkan aliran darah yang mengandung karbondioksida kembali menuju jantung, Bahaya banget kan?

READ  Asupan Film Bagi Pecinta Sepak Bola

Dampak yang mungkin langsung dirasakan adalah darah terjebak pada otot, kondisi ini mengakibatkan respon tubuh yang mengalami rasa pusing, dan kepala kunang-kunang, serta beresiko kehilangan keseimbangan tubuh atau pingsan. 

Menurut journal of science and medicine in sport, mengungkapkan pelari yang melakukan pemanasan memiliki performa baik dibandingkan dengan pelari yang tidak melakukan pemanasan. Terus berapa lama ya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan?

Kamu bisa melakukan pemanasan sekitar 10-15 menit sebelum berolahraga dengan gerakan-gerakan ringan yang berfokus pada otot tubuh yang akan bekerja saat melakukan olahraga inti. Setelah berolahraga, lakukanlah pendinginan 10-15 menit juga, relaksasikan tubuhmu dengan gerakan peregangan sambil menarik dan mengeluarkan nafas dalam-dalam. Usahakan tubuhmu berada di posisi nyaman, untuk mengoptimalkan aktivitas olahraga mu, Umpanbalik kasih beberapa video pemanasan dan pendinginan yang bisa kamu terapkan nih saat melakukan aktivitas olahraga, berikut videonya di bawah ini:

1. Pemanasan

2. Pendinginan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait