Basket: Menginspirasi Musisi Hingga Jadi Sebuah Lagu

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes

Sumber: NBA. Biografi Pete Pistol.

Bicara soal basket, mulai dari pemain, merchandise, serta klub andalan para fans, tak akan ada habisnya. Basket kini menjadi gaya hidup dalam perubahan kebudayaan yang silih berganti tiap tahunnya. Perkembangan semakin meluas, ketika basket membawa warna baru mulai dari musik, fashion, film dan hal lainnya. Musik sangat begitu dekat dengan kita. Mulai dari Pop, Jazz, R&b, Hip-Hop dan lain-lain. 

Basket sangat membawa perubahan tentang musik Hip-hop bagi masyarakat Afro-Amerika. Bahkan, beberapa songwriter juga terinspirasi untuk menulis lagu tentang basket. Pada 1979, The Sugarhill Gang selaku musisi Hip-Hop pada eranya juga mengeluarkan single berjudul “Rappers Delight” yang di dalamnya terdapat salah satu tim NBA yaitu New Yorks Knicks. Bahkan, beberapa songwriter juga terinspirasi dari bola bundar tersebut. Siapa sajakah mereka? Kira-kira, unsur apa saja yang dikemas dalam lagu tersebut?

1. Dikembe, Michael Jordan (Chicago Bowls. 2011)

Kalian tahu tentang Emo? Emo adalah sebuah aliran yang bergaya rock, namun diisi dengan ciri khas musik yang melodius. Dikembe adalah band emo yang ada pada tahun 2011 di kota Gainesville, Florida. Dalam debut pertamanya, ia mengeluarkan sebuah EP yang bertajuk basket. Judul dalam EP mereka, adalah plesetan-plesetan nama pemain basket di Chicago Bulls. Seperti “Michael Jordan”, “Scottie Spliffen”, “Luc Bongley”, dan “Tony Kukush”. Menarik bukan, Sobat Sport. Namun, isi lagunya tidak mengarah pada bola basket, hanya judul saja yang dijadikan objek pada karyanya.

2. Vermont, Ballads of Larry Bird (Calling Albany. 2002)

Vermont adalah band dengan konsep Electronic and Dance. Mereka juga sempat mengeluarkan lagu dengan judul Ballads of Larry Bird. Larry Bird adalah pemain basket NBA di Boston Celtics. Dalam lagu tersebut, menceritakan tentang cara mengutarakan cinta, sama seperti Larry Bird memasukan bola ke dalam ringnya. Di bait nya juga terdapat kata Larry Bird. Entah apa yang ada di pikiran mereka, bisa membuat lagu tentang Larry Bird. Mungkin jika Larry Bird mendengarnya, pasti akan terbang kelangit ketujuh ya, Sobat Sport.

READ  EURO 2020: 5 Wonderkid Tampil Gemilang, Layaknya Sang Mega Bintang

3. Sledding With Tigers, The Ballads of Charles Barkley (Come On And Slam. 2014)

Serupa tapi tak sama. Mungkin itu yang bisa menggambarkan lagu ini. Jika sebelumnya membahas tentang Larry Bird, lagu ini membahas tentang Charles Barkley. Tahun 2014 silam, Dan Faughnder selaku personil dari Sledding With Tigers mencoba untuk mengunggah sebuah tweet tentang penggalangan petisi bagi sebuah cafe yang terancam tutup. 

Ia berjanji, jika unggahannya mencapai 1000 retweet, mereka akan membuat sebuah album tentang space jam. Tak lama setelah itu, tweet-nya menembus lebih dari 1000 retweet. Keluarlah album “Come On And Slam”. Lirik-lirik dalam lagu ini berisikan tentang jenaka-jenaka dalam film Space Jam. Terutama tentang Charles Barkley “The Ballads of Charles Barkley” menggambarkan perasaan Charles Barkley ketika kemampuan basketnya diambil oleh alien.

4. The Ziggens, Pistol Pete (The Ziggens. 2002)

Dengan irama musik Country Ballads, band asal California ini membuat lagu tentang perjalanan karir Pete Maravich atau yang biasa dikenal dengan “Pistol Pete”. Lagu ini sangat dekat bagi Pistol Pete. Liriknya berisi tentang momen Pete Maravich melamunkan dirinya jika besar nanti, akan menjadi pemain basket profesional. Dan ternyata kejadian. Ia berkarir selama 10 musim di NBA setelah fokus dalam kehidupan spiritualnya. 

Pete meninggal di usia 40 tahun ketika ia sedang melakukan pertandingan eksebisi di sebuah gereja California. Hal yang mengejutkan adalah ketika seorang saksi mata mendengar ucapan terakhir Pete. “I Feel Great!” kata Pete Pistol. Mungkin ia sedang damai di surga, karena mimpi-mimpinya telah tercapai di dunia.

5. Bren Joy, Scottie Pippen (Twenties. 2019) 

Sebagai pendatang baru dalam dunia R&B, rupanya Bren Joy memiliki jalan tersendiri untuk mencapai kesuksesannya. Dalam album debutnya pada 2019, Twenties ternyata mencuri perhatian para pemusik di berbagai kalangan. Dengan suara yang khas dan unik, ia langsung mendapat tawaran dari Warner dengan nilai yang sangat fantastis pada waktu itu. 

READ  Sang Legend Sir Alex Ferguson dan Permen Karet Mahalnya

Lagu dengan warna musik gospel ini menceritakan tentang petuah pertemanan, cara mengelola uang, dan gaya hidup. Kamu wajib mendengarnya. Gimana Sobat Sport, menarik bukan. Bayangkan, hanya dengan bola bundar berwarna oranye, seorangpun bisa membuat karya yang luar biasa. Apakah Sobat Sport juga bisa  membuat lagu tentang basket? Let’s Fly Higher!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait