Michael Phelps, Atlet Renang Tercepat Setara Ikan Hiu

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes

Sumber: Republika.co.id. Inilah sosok Michael Phelps.

Umpanbalik.id – Michael Phelps, atlet renang dunia asal Amerika Serikat ini, memiliki julukan Raja Olimpiade. Bagaimana tidak, setiap pertandingannya ia selalu mendapatkan medali emas dengan mudah. Dalam sejarah, belum ada yang bisa mengalahkan rekor seorang Michael Phelps untuk ajang renang tingkat dunia. Bahkan, dalam uji coba nya, kecepatannya hampir setara dengan seekor ikan hiu di lautan. Tak heran, ia menjadi atlet yang paling berpengaruh dalam olahraga renang di dunia.

Mengenal lebih dekat dengan Michael Phelps, ia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara, yang semasa kecilnya memiliki potensi dalam renang. Hidupnya yang begitu dekat dengan air, menjawab semua pertanyaan tentang apakah ia akan menjadi atlet renang profesional nantinya. Jawaban sudah di depan mata, ia selalu menyukai dunianya itu. Faktanya, hidupnya tak semulus orang-orang pada umumnya. Sejak kecil, orangtuanya sudah bercerai ketika usianya 9 tahun. Ditambah penyakit yang ada dalam dirinya, ia mengidap penyakit gangguan mental Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). 

ADHD sendiri adalah kelainan mental yang membuat seorang anak kesulitan berkonsentrasi terhadap hal-hal yang tidak disukai. Di mana ada kekurangan, di situ pasti ada kelebihan. Mungkin itu pikirnya waktu kecil. Ia hanya mencintai dunia renang dan berusaha membayangkan jika ia menjadi atlet renang profesional. Dari gangguan yang ia miliki, ia pernah ditangkap polisi pada tahun 2004 dan 2014, karena menyetir dalam keadaan mabuk. Melihat kondisi anaknya, sang ibu memasukan Michael Phelps ke dalam kursus renang. Dari sinilah perjalanannya dimulai.

Sejak usianya 10 tahun, pria kelahiran 30 Juni 1985 ini sudah mendapatkan perolehan tercepat di Amerika Serikat lewat gaya kupu-kupunya yang berjarak 100 meter. Merasa tertantang untuk berlatih lebih keras lagi, akhirnya ia didapuk sebagai atlet renang termuda AS saat mengikuti olimpiade 2000 di Sydney pada usia 15 tahun. Sungguh muda sekali kan, Sobat Sport. 

READ  Sejarah Modernisasi Olahraga Renang

Waktu demi waktu, ia torehkan prestasi untuk dirinya dan keluarga besarnya. Momen demi momen, itu catat sebagai sejarah dunia berserta kenangan di dalamnya. Pada musim semi 2001 ia memecahkan rekor renang dunia dengan gaya kupu-kupu 200 meter. Torehannya itu menjadikannya sebagai perenang termuda yang mampu memecahkan rekor renang dunia. Bayangkan Sobat Sport, usia semuda itu, Michael Phelps sudah memecahkan rekor dunia yang mana, tidak sembarang orang yang bisa melakukannya, hanya Michael Phelps lah yang mampu menaklukan nya.

Semakin ia beranjak dewasa, ia mengasah potensinya hingga menjadi atlet renang yang berpengalaman dalam setiap pertandingannya. Rekor baru hadir lagi, Michael Phelps mencetak rekor renang dunia dan sekaligus kejuaraan dunia di Barcelona, Spanyol saat usianya 17 tahun. Pada Olimpiade Athena 2004, Michael Phelps menyabet enam medali emas dan dua medali perak. 

Sementara di Olimpiade Beijing 2008, ia mencetak rekor sebagai yang paling banyak mendapatkan medali emas dengan menyabet delapan emas. Pada 2016, mungkin menjadi tahun yang berat bagi Michael Phelps. Ia memutuskan untuk pensiun dari dunia yang membesarkan namanya itu. Pada ajang pertandingan terakhirnya di Olimpiade Rio, sekaligus pertandingan terakhirnya, ia mencatatkan namanya sebagai peraih lima medali emas. Michael Phelps adalah atlet profesional yang gemar mengumpulkan medali emas. ia berhasil memperoleh 23 medali emas, 3 perak, dan 2 perunggu sepanjang keikutsertaannya. Dari prestasi yang ia peroleh, kekayaan bersih Michael Phelps mencapai 1,8 juta USD yang didapatkan dari bonus dan sponsor sepanjang karirnya.

Fakta menarik lainnya, ia sempat menghebohkan dunia dengan pertandingan ini. Bagaimana tidak, ia bukan bertanding dengan manusia lainnya, melainkan dengan seekor hiu dengan kecepatan sungguhan berjarak 100 meter. Pertandingan yang digagas Discovery Channel  itu memang tidak menghadirkan hiu sungguhan melainkan CGI. Meski begitu kecepatan hiu dibuat sama dengan kecepatan hiu sebenarnya. 

READ  Lima Rekomendasi Olahraga Anak: Ibu Bersorak, Anak Aktif Bergerak

Hasilnya, Michael Phelps tertinggal dua detik dari ikan hiu yang menjadi lawannya. Itulah sebabnya, ia dijuluki sebagai perenang yang kecepatannya melebihi manusia lainnya, bahkan hampir mendekati kecepatan hiu sungguhan. Michael Phelps dengan segudang potensinya, bisa setara dengan kecepatan ikan hiu, apa trik khusus yang dimiliki Michael Phelps? Hanya dia dan Tuhan yang tahu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait