Bodyweight: Olahraga dengan Beban Tubuh

Dipublikasikan oleh Olivia Annisa
Reading Time: 2 minutes

Umpanbalik.id – Esensi olahraga dengan mengasah kekuatan otot cukup banyak jadi referensi latihan bagi masyarakat kala pandemi. Fokus pada pembentukan otot tubuh dan menjaga kekuatan otot, banyak yang mengira olahraga yang dilakukan harus menggunakan alat-alat seperti di tempat gym. Perlu kamu ketahui, tidak semua jenis olahraga membakar kalori dalam jumlah besar, jenis olahraga bodyweight seperti compound exercise bisa jadi referensi olahraga murah tanpa alat nih!

Tubuh yang sehat dan tampil lebih atletis jadi dambaan semua orang, namun sayangnya tidak semua orang percaya diri untuk memulai olahraga dengan bantuan alat gym dan personal trainer. Eits, masih ada jalan lain dengan cara latihan tanpa alat. Yap, namanya adalah bodyweight training, olahraga unik ini dilakukan tanpa menggunakan alat. Bobot tubuh dijadikan beban untuk melatih kekuatan otot, dan dijamin dapat membentuk asal dilakukan dengan intensitas tepat dan rutin.

Melatih otot tubuh ternyata sangat penting untuk melancarkan fungsi pergerakan tubuh. Selain itu, dengan menjalankan olahraga bodyweight training ini membantu kita untuk menjaga keseimbangan tubuh, dan tentunya menjaga postur tubuh. Umpanbalik merangkum jenis gerakan bodyweight untuk Sobat Sport, simak di bawah ini, ya!

1. Plank

Plank adalah salah satu gerakan umum yang sering dilakukan seseorang untuk efektif melatih otot inti tubuh lebih kuat, plank juga bisa membantu kita mewujudkan perut yang ramping dan sixpack. Manfaat melakukan plank ini dapat membantu kita memperbaiki postur tubuh. Karena dengan posisi plank membuat otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan menurun saat ini plank melatih tulang belakang yang tidak lurus sekaligus memperkuat tulang punggung atas dan bagian leher, bahu serta otot perut.

READ  Asupan Film Bagi Pecinta Sepak Bola

 

Plank juga dapat membantu menjaga kelenturan tubuh, menjaga keseimbangan tubuh, dan plusnya dapat mengencangkan perut. Nah video di bawah ini bisa dicermati untuk melakukan plank dengan gerakan yang tepat.

2. Lunges

Gerakan ini dilakukan dengan posisi tegak sambil melangkah besar ke depan dengan satu kaki dan menekuk lutut dalam 90 derajat. Lunges dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh dan melatih kekuatan otot kaki. Gerakan ini berfokus pada paha dan bokong sambil dilakukan dengan badan yang turun kebawah. Jangan lupa untuk tetap merasa nyaman melakukannya dengan cara tarik dan buang nafas sambil mengikuti gerakannya.

3. Squad

Gerakan ini diawali dengan kaki yang dibuka selebar pinggul dan lengan yang lurus kedepan. Posisi gerakan ini sama halnya dengan Lunges tadi yakni turun kebawah sambil mengunci otot perut. Lutut diturunkan setengah setelah itu bokong perlahan diturunkan ke belakang. Ingat ya, gerakan ini fokus pada bagian bawah tubuh. Jadi gerakan ini cocok banget buat kamu yang ingin memiliki bokong ideal.

4. Push Up

Mungkin kamu udah nggak asing lagi nih sama gerakan push up, kedua kaki yang dirapatkan, tangan rata di lantai sejajar dengan bahu dan lengan yang lurus dapat melatih kekuatan pada tubuh secara menyeluruh. Gerakan ini berfokus pada bagian atas tubuh seperti dada, bahu, otot inti, punggung, dan trisep. Lakukanlah dengan menarik napas saat menekuk siku untuk menurunkan dada, buang napas saat mendorong tubuh kembali ke posisi awal supaya tetap seimbang dan bertahan.

Nah itu dia rekomendasi olahraga bodyweight dengan tipe compound exercise, dilansir dari SKWAD Fitness, olahraga  compound exercise bermanfaat untuk meningkatkan koordinasi tubuh, menjaga kinerja jantung, meningkatkan stabilitas otot dan sendi, dan mengurangi resiko cidera. Udah murah, nggak perlu repot-repot, masih malas buat olahraga? Yuk terapi aktivitas olahraga compound exercise.

READ  Sepak Bola: Ladang Olahraga Konflik Panas Antara Pelatih dan Pemain


Masih banyak lagi tipe olahraga bodyweight lainnya, tetap setia baca artikel Umpanbalik.id, ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait