Daftar Olahraga Unik Anti Mainstream di Dunia!

Dipublikasikan oleh Anneke Puteri
Reading Time: 4 minutes

Umpanbalik.idSebagian besar mata tertuju kepada olahraga sepak bola yang telah mendunia. Namun, ada beberapa olahraga unik yang tercipta di berbagai negara. Walaupun tidak sepopuler olahraga lainnya, daftar olahraga anti mainstream ini punya makna tersendiri yang tidak kalah menarik.

1. Wife Carrying World (Olahraga Menggendong Istri)

Sumber: MARKKU OJALA / EPA/ NBC News. Wife Carrying Championship.

Jika dilihat dari namanya, mungkin hal ini tidak terdengar seperti lazimnya sebuah olahraga. Namun, di negara Finlandia, kompetisi ini rutin digelar sejak tahun 1992 dan sering diadakan di Kota Sonkajarvi, Finlandia. Sama seperti olahraga pada umumnya, Wife Carrying World ini juga memiliki beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap partisipan.

Minimal berat badan istri yang akan digendong harus mencapai angka 49 kilogram. Jika kurang dari angka tersebut, maka panitia penyelenggara akan menempelkan beban tambahan di tubuh istri agar mencapai berat minimal. Lintasannya pun disusun sedemikian rupa sesuai dengan keputusan komiter internasional. Lintasan balap harus terdiri dari lintasan basah dan kering, seperti adanya bebatuan, ataupun kolam sebagai lintasan air. Kedalaman dari kolam pun maksimal hanya satu meter saja.

Tujuan utama dari olahraga ini sebenarnya adalah aspek kebahagiaan dan keriangan bagi para pesertanya. Tidak melulu harus tercepat, pasangan yang paling menghibur, memakai kostum terbaik, dan penggendong yang paling kuat akan menerima hadiah spesial. Dilansir dari Kumparan, olahraga ini diadakan untuk menikmati musim panas yang hanya tiga bulan di Finlandia. Olahraga ini dibuat untuk mengusir bosan karena waktu siang hari di Finlandia bisa sampai 20 jam.

2. Gulat Jempol Kaki

Sumber: Mental Floss. Olahraga rutin Toe Wrestling di Inggris.

Termasuk dalam olahraga tradisional di Inggris, gulat jempol kaki ini biasa disebut toe wrestling. Sebelum dimulai, jempol kaki dari dua orang pemain harus lolos dari pemeriksaan. Olahraga ini lebih mirip dengan adu panco, namun perbedaannya dilakukan dengan jempol kaki. Pemain akan jadi pemenang jika berhasil menaklukkan jempol kaki lawan. Sejak 1976, olahraga ini sudah rutin dilakukan di Derbyshire, Inggris.

READ  Sejarah Modernisasi Olahraga Renang

3. Gulat Minyak

Sumber: AP/EMRAH GUREL. Pertandingan Gulat Minyak di Turki 2021.

Di Turki, ada pertandingan olahraga tertua yang telah digelar selama berabad-abad sejak tahun 1357 yang masih rutin dilakukan sampai sekarang. Pada tahun 2020 karena adanya pandemi, ajang gulat ini sempat dihentikan sementara. Lalu, pada 9-11 Juli 2021 lalu, sekitar 3.000 pegulat memenuhi lapangan Saravici, Edirne di Turki.

Dilansir dari Kompas.id, gulat minyak adalah olahraga yang memerlukan kekuatan dan kecakapan fisik dari para pria, yang mana hal ini merupakan nilai yang sangat penting bagi pria Turki. Para pegulat akan mengenakan celana kulit tebal bernama kispet yang terbuat dari kulit kerbau. Lalu, setiap peserta akan dilumur minyak zaitun agar licin. Waktu pertandingan selama 45 menit. 

Tak hanya membutuhkan kekuatan fisik, namun olahraga ini juga melibatkan aspek psikologis untuk menyusun strategi agar menang dari lawan, seperti mengintimidasi, mendengus, dan berputar-putar. Kemenangan akan didapatkan ketika berhasil menjepit bahu lawan ke tanah selama tiga detik.

4. Chess Boxing (Tinju Catur)

Sumber: ESPN. Pertandingan catur di tengah tinju.

Menggabungkan antara otot dan otak adalah hal utama dalam olahraga ini. Pertama kali ditemukan oleh Lepe Rubigh, pria asal Belanda, olahraga ini mempunyai slogan pertarungan berakhir di ring dan berkobar di atas meja. Setelah memasuki ring, para pegulat harus segera duduk di salah satu bangku yang telah disediakan. Kedua atlet akan menggunakan headphone peredam suara agar bisa memainkan catur dengan konsentrasi penuh.

Petarung akan menggerakkan jari mereka di atas papan catur, dan para penonton dapat menikmati lewat layar lebar yang telah disediakan. Sering dianggap lelucon, kompetisi Chess Boxing ini dilakukan bergantian. Maksudnya, ada waktu untuk bermain catur di tengah-tengah pertandingan tinju.

READ  6 Olahraga Ringan Saat Bulan Puasa

Akan ada lonceng penanda yang akan berdering, yang mana ini menandakan waktu untuk kembali ke arena tinju atau kembali untuk bermain catur. Setelah kembali berdiri di arena, kedua petarung harus berusaha membuat lawannya KO. Tinju-tinju telah melayang kembali. Dan di momen inilah jadi poin penting serunya kompetisi. Setelah ada penanda lonceng, pemain harus kembali bermain catur tidak peduli dengan darah segar yang mengalir di anggota tubuh. 

“Darah mengaliri otot, dan kepalamu kekurangan oksigen. Kalian harus berpikir keras di bawah tekanan – bagaikan seorang astronot atau tentara,” ujar Petrovsky, seorang atlet tinju dikutip dari Vice.com. Pertandingan akan berlangsung selama lima babak sampai waktu yang ditentukan telah berakhir.

Itu dia beberapa daftar olahraga unik di dunia. Selain itu, tentunya masih banyak olahraga lain yang juga bisa dinikmati oleh banyak orang. Menurut Sobat Sport, olahraga mana yang paling unik?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait