Serba Serbi Printilan Transfer Pemain Sepakbola

Dipublikasikan oleh Olivia Annisa
Reading Time: 3 minutes

Umpanbalik.id – Bursa transfer adalah momen menegangkan yang paling ditunggu-tunggu pecinta bola. Berita-berita seliweran tentang kedatangan pemain baru di klub kesayangan atau dilepasnya pemain yang melemah di dalam klub kesayangan menjadi momen yang dinanti-nanti. Isu menarik tentang jual beli pemain, perpanjangan kontrak pemain andalan dalam pekan musim bursa transfer sangat menarik bila diperhatikan.

Gunjing sana-sini juga jadi bagian dalam meluapkan opini atas potensi para pesepakbola. Seperti yang kita tahu, bursa transfer ini diadakan selama dua kali di berbagai musim berbeda yakni summer transfer dan winter transfer. Transfer pemain ini tentunya diatur dengan regulasi yang ketat, di tiap-tiap negara juga kadang aturannya tampak berbeda. Kini free transfer diberlakukan dengan sistem klub hanya dapat menawarkan kontrak baru kepada pemain apabila pemain tersebut telah menghabiskan kontraknya di klub lama. Nah selain itu, berlaku juga berbagai printilan bursa transfer yang patut diperhatikan pihak klub seperti di bawah ini:

  • Harga Pemain

Yapp… jika klub mempunyai kriteria khusus untuk melengkapi bagian dari strategi tim, kriteria yang disematkan ini menjadi penentu harga pemain. Angka-angka kemudian menjadi kesepakatan antara dua klub yang berhubungan dengan negosiasi penjualan dan pembelian pemain. Nah saat inilah kita mengetahui rate card-nya CR7, Messi, Neymar, dan kawan-kawan seperjuangan yang memiliki nominal di luar nalar. Biasanya ada beberapa faktor yang juga menjadi kriteria dalam melihat nominal yang dipasang untuk seorang pemain.

Usia dan posisi pemain menjadi kriteria yang paling cenderung ditelaah lebih dahulu, singkatnya pemain muda tentu dihargai lebih mahal daripada mereka yang sudah uzur. Pastinya pemain wonderkid akan jadi patokan bagi klub menentukan harga tinggi pada pemain. Selain itu, posisi tentu mempengaruhi mahal atau murahnya seorang pemain. Biasanya pemain penyerang dihargai tinggi ketimbang kiper atau pemain bertahan.

READ  Pesepak Bola Butuh Mental Health yang Sehat Juga?

Reputasi dan nilai komersial pemain juga kadang jadi faktor kriteria yang ditetapkan oleh klub. Siapa bilang di sepakbola tidak menerapkan aturan pemain berkarismatik, semakin tinggi reputasi dan wajah komersil pemain, maka semakin mahal juga dirinya. Yah, contohnya seperti Messi.

Tapi selain itu, potensi dari pemain juga harus berimbang, biasanya klub melihat potensial para pemain lewat statistik selama mereka bertanding. Dalam laga besar atau lokal klub akan meneliti statistik keberhasilan pemain. Klub akan mencari pemain yang konsisten dalam mencetak gol, penerapan teknik, permainan umpan, atau track record keberhasilannya dalam sebuah pertandingan.

Kalau nilai komersial pemain itu ibarat portofolio dari berbagai pemain, pengalaman yang panjang dengan penuh prestasi akan berpotensi menjadikan pemain tersebut ditawari dengan harga melejit. Pastinya pemain harus membuat dirinya akrab dengan popularitasnya di pasar dunia. Karena pasar dunia inilah yang akan banyak membantu pemasukan income bagi klub, mau itu dari cabang penjualan merchandise, atau keuntungan-keuntungan lainnya.

Setelah menentukan kriteria pemain lewat beberapa faktor di atas, klub akan fokus terhadap siapa saja pihak yang terlibat dalam bursa transfer ini. Umumnya, stakeholder ini diisi oleh klub pemilik, pembeli, dan agen pemain. Pihak inilah yang terlibat dalam proses negosiasi panjang, pemain mempunyai suara terbanyak dalam menentukan posisinya yang ingin dijual atau menolak transfer. Fungsi agen di sini sebagai pihak penengah yang berlagak seperti penghulu dalam menjembatani keinginan dari tiga belah pihak.

Setelah membentuk empat serangkai pihak dan menyetujui proses panjang dengan dipenuhi komisi sana sini yang harus dikeluarkan. Barulah klub bisa menyatakan dengan sah meminang pemain tersebut.

Eits, tak sampai di situ, kesepakatan ini tentu disetujui dengan jenis-jenis bursa transfer.

  • Jenis Transfer
READ  Jelang Arema vs Persebaya, Saatnya Adu Kualitas di Laga Berkelas

Peminjaman pemain atau pembelian permanen biasanya selalu mewarnai bursa transfer disetiap pekan musim. Karena terkadang pembelian permanen sangat menyita nominal dan harus benar-benar melewati proses panjang, kadang para petinggi klub melakukan uji coba atau tes ombak dengan cara melakukan jenis transfer peminjaman pemain, jenis barter ini biasanya dilakukan untuk menyiasati mahalnya harga pemain. Kesepakatan ini tentunya dilakukan dengan syarat tertentu seperti jumlah laga yang diperhitungkan, jumlah gol yang dicetak, dan jika gagal memenuhi syarat ini kesepakatan pembelian di akhir masa peminjaman bisa langsung dibatalkan.

Hmm.. udah pemain sudah seperti bola saja, di oper sana sini.

Memang begitu Sob, karena sebelum melakukan jenis transfer pembelian pemain secara permanen, tentunya klub nggak mau dong dibuat rugi. Apalagi sekali melakukan bursa transfer pembelian permanen sangat menyita waktu dan materi. Alhasil jenis transfer peminjaman jadi bagian dari strategi klub untuk melihat potensi pemain.

Tapi nih ya, banyak juga klub yang tak segan-segan jor-joran membeli pemain. Dikutip dari bola.com, Chelsea dan Real Madrid bahkan membeli pemain dengan posisi yang sudah lengkap dimilikinya.

Menurutmu, siapa nih Sob pemain yang dibeli dengan alasan yang unik?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait