Carlos Fortes: Penyerang Ideal Asal Portugal, Kebanggaan Singo Edan

Dipublikasikan oleh Sahwahita
Reading Time: 3 minutes

Sumber: Instagram/AremafcOfficial, Carlos Fortes menggiring bola saat bermain di BRI Liga 1.

Umpanbalik.id – Ada yang menarik jika melihat isi skuad Arema FC di Liga 1 Indonesia tahun 2021/2022 ini. Terdapat seorang pemain berambut gondrong dan berbadan tegap bernama Carlos Fortes. Pemain yang berasal dari Portugal ini langsung mencuri perhatian begitu memutuskan merumput di Liga 1 Indonesia bersama Arema FC. Pasalnya, pemain yang berposisi sebagai penyerang tengah ini memiliki penampilan yang cenderung langka dan unik jika dibanding pemain sepak bola pada umumnya khususnya yang merumput di liga Indonesia.

Klub yang berbasis di Malang, Jawa Timur ini merekrut pemain yang bertinggi badan 1,88 meter dari klub kasta kedua liga Portugal yakni Vilafranquense. Di klub lamanya, Vilafranquense pemain yang menurut data dari transfermarkt.com bernilai pasar 3,04 Milyar rupiah ini mencetak 2 gol dan 1 assist dalam 26 pertandingan yang telah ia jalani.

Carlos Manuel dos Santos Fortes adalah seorang pesepak bola asal Portugal yang lahir di Lisboa tanggal 9 November 1994. Arema FC mendatangkan Carlos Fortes secara bebas transfer dari Vilafranquense pada tanggal 9 Juli 2021 untuk menambah daya gedor di lini serang.

Penampilan rambutnya yang gondrong tidak lantas membuatnya kesulitan dalam memenangi duel udara di atas lapangan hijau. Misalnya seperti dalam video cuplikan pertandingan yang ditayangkan oleh Youtube Indosiar saat Arema FC menghadapi Bhayangkara FC pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia (12/9/2021) di Stadion Pakansari Bogor, ia mampu membuat peluang penting lewat tandukan kepalanya memanfaatkan umpan lambung dari rekan satu timnya, Kushedya Hari Yudo. 

Meski akhirnya tandukan tersebut mampu dihalau oleh kiper Bhayangkara FC, bola liar hasil tandukkan Fortes tinggal disuntik perlahan oleh Pemain Arema FC lainnya yakni Dendi Santoso di menit ke-72 untuk menyamakan kedudukan 1-1 bagi Arema FC yang sebelumnya tertinggal terlebih dahulu lewat Ezechiel N’douassel pada menit ke-65.

READ  Yoichi Takahashi, Inspirasi Pesepak Bola Lewat Karakter Captain Tsubasa

Penampilan Carlos Fortes semakin menggila ketika pertandingan Arema FC berhadapan dengan sesama tim asal Jawa Timur lainnya yakni Persela Lamongan (3/10/2021). Dalam highlight yang disiarkan melalui channel resmi Youtube Indosiar, Carlos Fortes berhasil mencetak brace atau dwi gol pertamanya di Liga 1 Indonesia 2021. 

Memanfaatkan umpan cut back dari Dendi Santoso, sodoran bola Fortes pada menit ke-17 mampu membawa Arema FC unggul dari Persela. Gol keduanya dicetak dari tendangan luar kotak penalti pada menit ke-22. Dwigol tersebut berhasil mengantarkan tim Arema FC menang dengan skor 3-0 yang satu gol tambahan lainnya dicetak oleh pemain Arema FC, M. Rafli pada menit ke-34.

Sebelumnya, pemain bernomor punggung 9 ini sempat diragukan ketika pada empat laga awalnya bersama tim Singo Edan (julukan Arema FC) pemain ini gagal mencetak gol. Bukan tanpa alasan, kebanyakan pemain bernomor punggung 9 yang lazimnya dihuni oleh striker haus gol justru gagal memamerkan tajinya di lini serang klub yang berbasis di Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang tersebut. Radar Malang mencatat nama Robert Lima Guimaraes. 

Pemain yang akrab disapa Gladiator itu digadang-gadang sebagai striker yang selama ini dicari oleh Aremania (julukan suporter Arema FC) karena permainan ngeyel ciri khas Arema FC, namun nyatanya justru flop akibat cedera yang menghantuinya. Selanjutnya ada nama yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta sepak bola tanah air yakni Ahmad Nur Hardianto, pemain sepak bola timnas Indonesia U23 ini juga tak mampu lepas dari jinx yang menghantui nomor punggung 9 di Arema FC. 

Pesepakbola muda yang diharapkan mampu menjadi striker andalan masa depan Indonesia itu justru tenggelam setelah jumlah gol yang ia lesakkan ke gawang lawan terbilang tidak begitu menggembirakan bagi seorang striker bernomor punggung 9.

READ  Cristiano Ronaldo: Lama Tak Berkencan, ‘Setan Merah’ Kembali ke Pelukan

Gaya bermain Carlos Fortes bukan tipikal penyerang murni yang hanya menunggu bola di area pertahanan lawan lalu mengubahnya menjadi gol. Carlos Fortes merupakan seorang striker sering bermain dengan tipe jemput bola yang tak jarang turun hingga jauh ke sektor pertahanan tim untuk menyongsong bola dan menciptakan peluang yang acap kali menyulitkan baris pertahanan lawan. 

Di lini serang Arema FC Carlos Fortes bermain bersama dua penyerang yang tak kalah ganasnya, mereka ialah Kushedya Hari Yudo dan Dedik Setiawan yang saling bahu-membahu menjadikan Singo Edan sebagai tim yang ganas di sektor penyerangan. 

Liga 1 Indonesia masih menyisakan banyak pertandingan lagi untuk Carlos Fortes dapat membuktikan lebih baik lagi kemampuan dan insting mencetak golnya di lapangan hijau. Konsistensi dan Persistensi pemain yang pernah mencatatkan caps di timnas Portugal U20 ini menjadi sangat penting dalam karirnya di sepak bola bersama Arema FC dalam Liga 1 Indonesia. Menarik untuk ditunggu bagaimana kiprah pemain Gondrong ini apakah akan sesangar penampilannya.

Penulis: Immawan Akmal Sadad Wailissa

Editor: Defrico Alfan Saputra

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait