Lapangan Sepak Bola Unik: Tak Bisa Ditanam Rumput sampai Lapangan Terapung

Dipublikasikan oleh Anneke Puteri
Reading Time: 4 minutes

Umpanbalik.idBagi pertandingan sepak bola, lapangan atau kandang bermain jadi aspek paling penting yang mampu memberikan banyak pengalaman berharga. Di dunia ini, terdapat ratusan lapangan sepak bola yang berlomba-lomba dibuat semenarik mungkin. Tiap lapangan sepak bola atau stadion sepak bola di desain seapik mungkin untuk memberikan kenyamanan terbaik bagi para pemain ataupun para penggemarnya.

Lapangan sepak bola identik dengan alas rumputnya yang berwarna hijau disertai dengan garis pembatas berwarna putih yang berukuran luas. Di sekelilingnya, ribuan kursi disusun sedemikian rupa untuk para penonton agar bisa melihat idolanya bermain di atas rumput hijau.

1. Lapangan Sepak Bola di Kepulauan Faroe

Sumber: Liputan 6. Lokasi Eidi Stadium Versi Lama.

Terdapat lapangan sepak bola unik di sebuah Kepulauan Faroe. Kepulauan ini adalah negara kecil yang terletak di antara Skotlandia dan Islandia. Walaupun kecil, geliat sepak bola di negara ini termasuk cukup pesat. Masyarakatnya sangat menyukai sepak bola. Yang paling unik di negara ini adalah mustahilnya kehadiran rumput alami yang bisa tumbuh di atas lapangan sepak bola. Bahkan tidak ada pohon besar di sana.

Karena cuacanya yang dingin, rata-rata hujan 260 hari per tahun, terletak di wilayah laut, dan badai yang sering muncul, hampir mustahil untuk menanam rumput alami secara apik di atas lapangan sepak bola. Padahal, kebutuhan ini sangat penting di tengah tingginya antusias masyarakat Faroe yang gemar bermain sepak bola. Karena itu, rumput sintesis jadi solusi yang paling baik untuk menciptakan suasana lapangan sepak bola semirip mungkin dengan lapangan biasanya.

Sebelum menggunakan rumput sintesis, lapangan ini dibuat dengan alas pasir. Namun permukaannya yang kasar dan tidak rata tentu menyulitkan para pemain sepak bola. “Beruntungnya ada solusi untuk mengganti pasir menjadi rumput sintesis atau buatan yang bisa ditaruh di lapangan. Banyak tempat saat ini seperti lapangan sekolah yang memakai rumput buatan,” ucap Heri Nolsoe, pemilik klub Havnar Botlfelag yang tersukses di Faroe dikutip dari CNN Indonesia.

READ  Makanan Berminyak Tak Senikmat Nutrisi yang Banyak

Di Kepulauan Faroe ini terdapat cukup banyak stadion yaitu sekitar 20 lapangan sepak bola. Salah satu lapangan yang paling unik adalah Eidi Savangaskar Stadium yang berada tepat di pinggir laut. Karena terlalu dekat, banyak bola pemain yang keluar lapangan dan hanyut terbawa ombak. Namun saat ini, lapangan Eidi yang dulunya seperti gambar di atas, telah direnovasi menjadi bentuk stadion yang megah. 

Sumber: AFP Photo. Stadion Eidi, Faroe Digadang Jadi Stadion Terindah.

2. Lapangan Sepak Bola di Greenland

Sumber: Bola.com. Lokasi Stadion Tasiilaq yang dikelilingi Gunung Alpen.

Di belahan utara bumi ini, terdapat stadion sepak bola dengan panorama gunung yang diselimuti oleh es. Greenland terkenal memiliki Stadion Tasiilaq yang mana kerap disebut sebagai stadion sepak bola paling indah. Lapangan sepak bola ini sebenarnya hanya lapangan biasa yang mana tidak disediakan kursi permanen untuk penonton. Mereka hanya bisa duduk-duduk di pinggir lapangan.

3. Lapangan Sepak Bola di Gibraltar

Sumber: The Football Times. Lokasi Victoria Stadium yang terletak di kaki pegunungan kapur.

Negara kecil di Semenanjung Iberia ini memiliki pemandangan luar biasa dari stadion sepak bolanya. Victoria Stadium dikelilingi oleh bukit kapur yang menjulang sangat tinggi dengan pohon-pohon yang tumbuh di sekitarnya. Penonton maupun para pemain sepak bola dapat merasakan pengalaman terbaiknya berada di sini.

Sudah memenuhi standar lapangan sepak bola internasional, lapangan ini kerap dipakai untuk pertandingan UEFA. Dilansir dari Libero, stadion ini pertama kali dibuka sebagai lapangan olahraga militer Inggris. Lebih dari itu, ternyata Victoria Stadium juga merupakan satu-satunya stadion yang ada di Gibraltar. Stadion ini dijadikan untuk semua tempat pertandingan timnas sampai klub liga nasional.

READ  Pro Kontra Standar Anthem Lagu yang Cocok untuk Sebuah Pertandingan

4. Lapangan Sepak Bola di Shibuya

Sumber: Bola.com. Lokasi Lapangan yang Terletak di Pertengahan Kota Shibuya, Tokyo, Jepang.

Berada di tengah pusat perkotaan yang terkenal sibuk dengan masyarakatnya, Shibuya juga memiliki harta karun lapangan sepak bola yang berada di atas gedung pencakar langitnya. The Adidas Futsal Park ini berada di atas gedung perbelanjaan Tokyu Toyoko, tepatnya di lantai 10. Awalnya lapangan ini dibuka pada tahun 2001 untuk menyambut Piala Dunia 2002 yang diadakan Korea-Jepang.

Para pemain dan penonton dapat merasakan euforia perkotaan beserta lampu pencakar langit yang mengelilingi lapangan di pusat bisnis Shibuya ini. Bahkan, saking berbedanya pengalaman yang bisa didapat, lapangan ini pernah dijadikan salah satu scene film terkenal yaitu Fast and Furious: Tokyo Drift.

5. Lapangan Sepak Bola di Singapura

Sumber: Wikmedia Commons. Lokasi Lapangan Sepak Bola di Marina Bay, Singapura.

Singapura adalah salah satu negara kecil yang dikenal dengan keterbatasan wilayah daratannya. Karena kebutuhan untuk lapangan sepak bola yang tinggi, maka pemerintah Singapura mencari cara  memenuhi kebutuhan itu untuk para masyarakatnya. Maka dengan itu dibangun lah lapangan sepak bola di atas air dan di pinggiran Singapura.

Pada tahun 2013, telah direalisasikan ide lapangan sepak bola di Marina Bay dengan anggaran Rp14,8 triliun. Lapangan sepak bola ini menyajikan pemandangan indah Singapura beserta pengalaman uniknya. Platform terapung di pasang di dasar laut dengan enam tiang yang mampu menampung beban hingga 9.000 orang. Di salah satu sisi lapangan ini, terdapat tribun terpisah tempat para penonton bisa melihat performa klub idolanya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait