Nasib Diujung Tanduk Para Pelatih Usai Seri Pertama BRI Liga 1

Dipublikasikan oleh Muhammad Khoiruzzein
Reading Time: 2 minutes

Sumber: Salman Toyibi/Jawa Pos. Dejan Antonic kala memimpin anak asuhnya bertanding.

Umpanbalik.idBukan rahasia umum lagi jika tim-tim di Indonesia sering memecat pelatih jika hasilnya di bawah performa, meskipun hasil itu hanya dari beberapa pertandingan saja. Selain tuntutan suporter yang mewajibkan timnya menang terus, target tinggi yang diberikan oleh direksi klub juga menjadi alasannya. 

Beberapa tim besar dengan animo suporter tinggi acap kali memiliki ekspektasi tinggi sebelum kompetisi bergulir. Namun, jika realita yang terjadi tidak sesuai ekspektasi mereka, mau tidak mau jajaran pelatih menjadi sasarannya. Bahkan hingga saat ini, sudah ada dua pelatih yang lengser dari jabatannya. Yang pertama yaitu Joko Susilo (Persik) menjadi satu-satunya pelatih yang terdepak karena hasil yang kurang memuaskan dari Persik Kediri. Selain itu ada juga nama Mario Gomez (Borneo FC),  ia memilih mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Borneo FC sejak pekan ketiga BRI Liga 1 tanpa alasan yang jelas. 

Beberapa tim besar belum memperoleh hasil maksimal di seri pertama BRI Liga 1 seperti Persebaya Surabaya, PSS Sleman, Persib Bandung contohnya. Hal tersebut berdampak pada tuntutan lengsernya pelatih kepala dari kursi kepemimpinannya. Berikut merupakan pelatih-pelatih yang nasibnya di ujung tanduk usai seri pertama BRI Liga 1:

1.Dejan Antonic

Nama Dejan Antonic menjadi kandidat terkuat pelatih yang terdepak usai seri pertama BRI Liga 1 bergulir. Pendukung PSS Sleman beranggapan bahwa ia telah gagal memimpin tim sehingga harus tersungkur di posisi 14 klasemen sementara. Bahkan di laga terakhir PSS Sleman, ada sekitar 1000 suporter PSS yang nekat datang ke Bandung guna bertemu dengan manajemen soal tuntutan mereka.

READ  Persik Kediri Butuh Amunisi Pemain Baru
2. Aji Santoso

Status Runner-Up Liga 1 2019 membuat Bonekmania memiliki ekspektasi tinggi terhadap pelatihnya. Namun, realita yang terjadi malah sebaliknya. Ditinggal empat pemain asing kunci Liga 1 2019, menjadikan hasil dua kali menang dan empat kali kalah harus diterima oleh Aji Santoso. Kritikan pedas Bonekmania dengan tagar #AjiOut menjadikan manajemen harus segera mengevaluasi kinerja pelatih mereka.

3. Robert Rene Albert

Sejatinya Persib Bandung tidak terlalu buruk permainannya. Berada di posisi lima besar klasemen sementara menjadi salah satu buktinya. Tetapi hal tersebut tidak cukup memuaskan bagi para pendukungnya. Empat laga berakhir seri tanpa kemenangan menjadi salah satu penyebabnya. Demo dari pendukung Persib Bandung pun sudah mulai digencarkan menuntut sang pelatih turun dari jabatannya.

4. Iwan Setiawan

Posisi Iwan Setiawan sebagai Pelatih Persela Lamongan juga tidak aman. Rentetan hasil minor yang ia peroleh membuat pemecatan menjadi hal yang wajar. Total enam poin dari enam pertandingan menjadikan Laskar Joko Tingkir berada di urutan 13 klasemen sementara.

5. Djajang Nurjaman

Tidak seperti biasanya Barito Putera bermain seperti ini. Empat kekalahan yang mereka derita menjadikan posisi pelatih kepala dipertanyakan. Suporter Barito Putera juga sudah meminta manajemen untuk melakukan evaluasi Djajang Nurjaman sejak pekan ketiga bergulir. Namun, nampaknya manajemen masih memberikan kesempatan kepada Djanur kesempatan meski tak tahu nasibnya di sesi kedua nanti.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait