Dibuka dengan Megah, Jokowi Resmi Buka PON XX 2021

Dipublikasikan oleh Ulfah Hasanah
Reading Time: 2 minutes

Sumber: Twitter/@ponxxpapua2020papua, Upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional ke-20 Papua.

Umpanbalik.id – Sabtu (2/10/21) Pesta Upacara Pembukaan Pekan Olahraga Nasional di stadion Lukas Enembe, Jayapura dilaksanakan dengan sangat meriah dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan.

Tarian tradisional selamat datang khas dari Papua menjadi awal pembukaan upacara PON yang diiringi dengan nyanyian “Aku Papua” oleh seniman asal Papua yaitu Edo Kondologit, Michael Jakarimilena, dan Nowela Elizabeth Auparay. 

Parade para atlet, wasit, dan official berjalan memasuki lapangan sambil menari diiringi lantunan musik sambil membawa bendera provinsi masing-masing. Parade ini diawali dari provinsi paling barat Indonesia yaitu provinsi Aceh dan diakhiri provinsi paling timur yaitu Papua. 

Ketika tuan rumah Papua memasuki lapangan, seketika lagu pengiring berubah menjadi lagu dari Papua dan kamera mengarah ke orang nomor satu di Indonesia yaitu Presiden Joko Widodo. 

Presiden Joko Widodo resmi membuka Pekan Olahraga Nasional Papua ke 20 yang akan dilaksanakan sesuai jadwal dari tanggal 2 sampai tanggal 15 Oktober mendatang. 

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya mengaku bangga PON bisa dilaksanakan di tanah Papua untuk pertama kalinya. Jokowi juga mengatakan kemampuan Papua dalam menyelenggarakan acara besar di kancah nasional dan Internasional menunjukkan kemajuan Papua dalam hal infrastruktur. 

“Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua. Dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke-20, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua,” kata Jokowi dalam pidatonya.

“Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua, dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional,” ujar Jokowi melanjutkan. 

READ  Siap Tempur! Indonesia Kirim 20 Atlet di Denmark Open 2021

Pekan olahraga paling bergengsi se-Indonesia ini diselenggarakan setiap 4 tahun sekali. PON kali ini akan mempertandingkan 56 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di empat daerah yaitu kota Jayapura, Kab. Jayapura, Kab. Mimika, dan Kab. Merauke. Sebanyak 6.442 atlet yang akan berpartisipasi di pesta olahraga ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait