Rekomendasi 7 Anime Olahraga yang Tumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Motivasi

Dipublikasikan oleh Ulfah Hasanah
Reading Time: 3 minutes

Umpanbalik.idPada saat ini siapa sih yang tidak mengenal anime. Anime merupakan salah satu budaya Jepang yang telah mendunia. Kartun Jepang yang memiliki animasi yang keren dan grafis yang selalu berkembang mengikuti zaman. Anime juga bisa membawa suasana penontonnya, tidak ada kartun lain selain kartun Jepang atau anime yang bisa membuat penontonnya menangis dan tertawa saat menontonnya. 

Banyak anime dari berbagai genre yang unik dan menarik untuk di tonton. Salah satunya anime bertemakan olahraga yang menumbuhkan motivasi dan jiwa kompetitif. Anime tersebut menceritakan bagaimana tokoh utamanya berjuang dari nol hingga akhirnya sukses berhasil menjadi sang juara.

Mungkin kebanyakan orang sudah pernah menonton anime olahraga yang sangat legendaris, seperti Captain Tsubasa dan Slam Dunk. Namun, masih ada lagi anime olahraga terbaik yang mungkin belum sempat Sobat Sport nonton. 

Berikut daftar anime olahraga yang bisa menumbuhkan motivasi dan jiwa kompetitif kamu di saat terpuruk dan bisa menjadi list tontonanmu. 

1.Haikyuu!!

Anime Haikyuu!! saat ini sudah sampai empat season. Haikyuu!! tayang pertama kali di Jepang pada April – September 2014. Hingga terakhir season 4 ditayangkan pada Desember 2020, kelanjutannya selalu dinantikan para penggemar anime.

Anime ini menceritakan tentang olahraga bola voli dan berpusat pada cerita seorang spiker pendek dan seorang setter yang jenius. Haikyuu!! termasuk sebagai anime olahraga terbaik saat ini. Anime dari season 1-4 ini selalu mendapat peringkat 8,47/10 bintang di MyAnimeList.

2. Hajime no Ippo

Hajime no Ippo adalah salah satu anime populer yang memiliki chapter yang panjang seperti One Piece.

Episode pertama ditayangkan pada tahun 2000-an dan berakhir di 2002. Season kedua dirilis pada awal tahun 2009 hingga Juni 2009. Jeda cukup lama, Hajime no Ippo baru merilis season 3 pada Oktober 2013 hingga 29 Maret 2014. 

READ  9 Film Olahraga Terbaik dan Memotivasi yang Diangkat dari Kisah Nyata

Keseluruhan cerita dari anime ini cukup lengkap dengan beberapa kombinasi adegan pertarungan yang membuat para penonton bersemengat. Ketika momen menyentuh hati yang akan membuat penonton ikut merasakan kesedihan, yang mana anime ini termasuk anime yang memotivasi.

Bercerita tentang seorang pemuda yang dulunya selalu di bully hingga akhirnya dia berusaha menjadi kuat dan menemukan tujuan hidupnya melalui tinju.

Peringkat dari anime Hajime no Ippo terbilang cukup tinggi 8,78/10 di MyAnimeList.

3. Kuroko no Basket

Tayangan perdana dari anime ini tahun 2012 berlanjut pada tahun 2013 season kedua, dan sempat jeda satu tahun, season tiga rilis pada Januari tahun 2015.

Kuroko no Basket mengisahkan perjuangan tim basket dari SMU Seirin agar bisa menjadi SMU terbaik di liga SMU Jepang. Fokus cerita anime ini mengisahkan tentang dua anak tokoh utama yaitu Tetsuya Kuroko dan Taiga Kagami. 

Kuroko no Basket juga mendapat peringkat yang cukup tinggi yaitu 8,1/10 bintang MyAnimeList.

4. Kaze ga Tsuyoku Fuiteru

Anime Kaze ga Tsuyoku Fuiteiru tayang perdana tanggal 3 Oktober 2018 hingga 27 Maret 2019.

Bercerita tentang lomba maraton paling bergengsi tingkat universitas yaitu Hakone Ekiden. Lomba tersebut harus menempuh jarak 217,9 km. Berfokus pada pertemuan seorang anak yang terpaksa mencuri karena kelaparan. Anak tersebut yaitu Kakeru Urahara, mahasiswa tahun pertama Universitas Kansei. Kemampuan berlari Kakeru menarik perhatian Haiji Kiyose seniornya di Universitas saat kabur dari kejaran pemilik toko.

Haiji yang tertarik dengan kemampuan Kakeru, mengajaknya untuk tinggal bersama di sebuah asrama bersama delapan orang lainnya. Setelah berhasil mengajak Kakeru, Haiji mengungkapkan rencana besarnya untuk mengajak mereka berpartisipasi di kejuaraan paling bergengsi yaitu Hakone Ekiden.

READ  Drama Menuju Final Piala Thomas Cup 2020

Kaze ga Tsuyoko Fuiteiru mendapat peringkat 8,42/10 bintang di MyAnimeList, dan itu adalah pertunjukan yang memiliki rating yang tinggi dan berhasil membuat kehebohan di Jepang maupun di seluruh dunia. 

5. Yomawushi Pedal

Yowamushi Pedal mengudara pertama kali di Jepang pada Oktober 2013 – 2014.

Anime ini mengeksplorasi motivasi, perjuangan, hasrat, dan sakit hati. Fokus cerita ini adalah seorang bocah laki-laki kelas 1 SMP bernama Onoda yang mempunyai kebiasaan sejak dia duduk di bangku SD mengendarai sepedanya 90 km setiap akhir pekan. Akibat kebiasaan itu, ia memiliki bakat tersembunyi sebagai seorang pembalap sepeda.

Yowamushi Pedal mendapat peringkat 7,97/10 bintang di MyAnimeList. 

6. Yuri on Ice

Yuri On Ice ditulis oleh Sayo Yamamoto dan memiliki 12 episode yang ditayangkan mulai Oktober – Desember 2016

Bercerita tentang Yuri Katsuki, seorang skater yang kalah telak dalam ajang Grand Prix Final dan kompetisi lainnya. Ia mulai rehat dari karir skatingnya dan kembali ke kampung halamannya.

Ketika sampai di rumah, Yuri meniru koreografi idolanya dalam skater asal Rusia yaitu Viktor Nikiforov. Aksi Yuri menjadi viral di internet dan Viktor melihat video tersebut. Lalu, Viktor memilih pensiun dari figure skating dan menjadi pelatih Yuri untuk meraih medali emas di Grand Prix selanjutnya. 

Yuri on Ice mendapat peringkat 7,91/10 bintang di MyAnimeList. 

7. Ace of Diamond

Diamond no Ace merupakan anime yang tayang pada 06 Oktober 2013 hingga 29 Maret 2015 terdiri dari 75 episode. 

Menceritakan tentang olahraga Baseball dan berfokus pada perjuangan seorang pitcher yang bergabung ke sekolah elit bernama Sawamura Eijun dan seorang catcher yang luar biasa bernama Miyuki Kazuya.

READ  Sepak Bola: Ladang Olahraga Konflik Panas Antara Pelatih dan Pemain

Sawamura Eijun di undang untuk pindah ke SMA Seidou yang bergengsi di Tokyo setelah seseorang melihat potensi dalam gaya melemparnya yang tidak biasa. Didorong oleh rekan satu timnya, Eijun menerima tawaran itu, siap untuk meningkatkan keterampilannya, dan bermain di level bisbol yang jauh lebih kompetitif.

Namun, sekarang Sawamura Eijun dikelilingi oleh sejumlah besar pemain yang terampil, Eijun berjuang untuk menemukan tempatnya di tim. Dan dia menyatakan bahwa suatu hari akan menjadi ace tim.

Diamond no Ace mendapat peringkat 8.1 dari 10 bintang di MyAnimeList

Itulah beberapa anime bertemakan olahraga yang bisa menjadi list tontonan Sobat Sport di saat membutuhkan tontonan yang menumbuhkan jiwa kompetitif dan memotivasi. 

Adakah anime olahraga di atas yang menjadi favorit Sobat Sport? 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait