Yoichi Takahashi, Inspirasi Pesepak Bola Lewat Karakter Captain Tsubasa

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes

Sumber: Img.mipon.org. Mimpi Seorang Yoichi Takahashi.

Umpanbalik.id – Siapa yang tidak kenal dengan kartun Captain Tsubasa? Jika mengenalnya, mungkin kita seangkatan ya, Sobat Sport. Anime yang booming di era 90-an ini memang menjadi favorit anak anak pada zamannya. Dari tangan seorang Yoichi Takahashi lah, manga Captain Tsubasa diangkat menjadi sebuah anime yang mengisahkan tokoh bernama Tsubasa Ozora. Dari potensi dan impian besarnya, mengantarkan ia menjadi pemain terbaik di anime tersebut. Lalu bagaimana kah seorang Tsubasa Ozora mendapatkan semuanya?

“Lari, Lari, Lari.. Tendang dan Berlari.. Berjuanglah Tsubasa.. Pahlawan Kita.” Mungkin itu sepenggal OST dari serial Captain Tsubasa yang sampai sekarang masih easy listening di telinga para penggemarnya. Mulai alur manga yang tercipta pada tahun 1970-an, hingga ide liar seorang Takahashi yang sangat berani mengeluarkan komik bertema sepak bola. Padahal, di era itu sangat ramai dengan perbincangan bisbol dam sumo. Namun ide liar sang takahashi berhasil mengikat pembacanya. Sebelum menciptakan karakter Tsubasa, seorang penulis komik ini berangan-angan jika Jepang bisa memasuki piala dunia waktu itu. Tepatnya di Argentina 1978. 

Captain Tsubasa pertama kali muncul pada majalah mingguan, Shonen Jump. Sampai saat ini, sudah banyak sekali bentuk karya dari Captain Tsubasa ini. Seperti 15 serial manga, enam seri anime, empat film panjang, 14 game multikonsol, dan berbagai macam mainan memorabilia mengenai Tsubasa sudah terbit. Itu menandakan bahwa kartun fiksi ini akan selalu dikenang selama-lamanya. 

Ada yang berpendapat bahwa serial ini sangat berpengaruh dalam prestasi sepak bola di jepang. Selain dalam meginspirasi pemain pemain muda yang sedang berjuang, serial ini juga digadang-gadang sebagai keberhasilan Jepang bermain di piala dunia untuk pertama kalinya tahun 1998. Kendati menjadi inspirasi, Takahashi tidak besar kepala. Ia menganggap hal ini tidak berkesinambungan atas pencapaian jepang tersebut. 

READ  Belum Terkalahkan, Arema Bersanding dengan Klub Kelas Dunia

“Saya pikir, itu bukan karena pengaruh Captain Tsubasa. Itu terjadi karena daya tarik sepak bola itu sendiri yang telah menyebabkan penerimaan luas yang dinikmati dunia olahraga hari ini. Namun, saya bersyukur orang-orang mengatakan demikian. Jujur, itu menyenangkan untuk berpikir saya mungkin memberikan dorongan pada sepak bola Jepang sampai tingkat tertentu,” ulas sang creator.

Captain Tsubasa adalah serial anime yang sangat menarik perhatian penonton. Terlebih sosok karakter utama yang berjiwa besar, tak mudah putus asa, dan memiliki semangat juang yang tinggi, membuat semua orang terpikat atas pencapainnya. Memulai debutnya di Nankatsu, hingga pergi ke negeri Sao Paulo, Brazil demi mencapai mimpinya sebagai pemain terbaik dunia. Tokoh-tokoh lainnya yang ada dalam proses Tsubasa tidak kalah pentingnya seperti Kojiro Hyuga, Taro Misaki, Taki Hajime, serta Genzo Wakabayashi. Mereka juga memiliki cerita masing-masing atas keberhasilan mereka.

Sumber: i1.wp.com. Hasil karya Yoichi Takahashi.

Inspirasi Bagi Pemain Sepak Bola Dunia

Fernando Torres dan Alexis Sanchez memiliki kisah tersendiri atas serial Captain Tsubasa. Dikutip dari bolaskor.com, “Saya ingat ketika masih kecil, kami tidak bisa mendapatkan sinyal yang baik di televisi. Namun, semua orang di sekolah berbicara mengenai kartun sepak bola dari Jepang,” papar Torres. Ketika Torres hanya bisa berkhayal menjadi pemain yang terkenal, ia membayangkan seorang Captain Tsubasa lho, Sobat Sport. 

Beda halnya dengan penyerang Inter Milan, Alexis Sanchez justru mengoleksi berbagai macam serial Captain Tsubasa, terang penulis biografi Sanhez, Nicolas Olea, pada 2017. Tidak hanya dua orang diatas saja yang mengidolakan, Del piero dan Iniesta juga tidak ketinggalan menyaksikan serial Captain Tsubasa. Bahkan, sewaktu Iniesta bergabung dengan tim asal Jepang, ia mendapatkan sebuah gambar asli dari sang pencipta Tsubasa yaitu Takahashi. 

READ  N’golo Kante, Si Tukang Jegal yang Murah Senyum

Dari perjuangannya, Yoici Takahashi mendapatkan penghargaan berupa patung perunggu yang menggambarkan Captain Tsubasa sedang berlari. Patung tersebut berada di Katsushika, Tokyo, tempat Takahashi tumbuh besar. Sungguh mengharukan ya, Sobat Sport. Untuk teman teman yang sedang mengejar mimpinya, satu hal yang harus kalian tau adalah jangan takut bermimpi. Karena sesuatu yang besar akan datang dari mimpi yang besar juga. Semangat berjuang Sobat Sport!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait