9 Film Olahraga Terbaik dan Memotivasi yang Diangkat dari Kisah Nyata

Dipublikasikan oleh Ulfah Hasanah
Reading Time: 5 minutes

Umpanbalik.id – “Yeyyy,” “horeee,” “Hwooo,” begitulah teriakan yang sering kita dengar ketika seorang atlet berhasil mendapatkan gelar sebagai seorang juara dan mendapat penghargaan. Sangat dramatis memang ketika para atlet berhasil meraih kemenangan tersebut. Akan tetapi, banyak sekali perjuangan yang sudah mereka lewati untuk bisa meraih gelar tersebut.  

 

Menjadi seorang atlet memanglah tidak semudah yang kita bayangkan, perlu perjuangan dan latihan yang keras pastinya, keringat sampai air mata sudah menjadi pemandangan yang biasa agar mereka bisa menjadi atlet yang sukses. Namun, semua itu bisa mereka lewati hingga mereka bisa menjadi orang yang sukses dan menjadi seorang panutan di kalangan masyarakat.

 

Banyak kisah hidup suka duka para atlet yang dijadikan film sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap kerja keras perjuangan mereka. Hingga menjadi motivasi bagi generasi muda sebagai film yang menginspirasi. Berikut beberapa judul film yang diangkat dari kisah nyata seorang atlet.

1. Remember the Titans (2000)

Dikutip dari Carifilms.com, Remember the Titans adalah sebuah film biografi inspiratif tahun 2000 yang diangkat dari kisah nyata seorang pelatih Afrika-Amerika. Berdasarkan peristiwa yang sebenarnya pada tahun 1971, film ini berlatarkan tahun 70-an menceritakan pelatih berkulit hitam yang bernama Herman Boone yang melatih Football di sebuah sekolah di Virginia. 

 

Film motivasi ini bercerita tentang seorang pelatih yang berhasil mempersatukan keberagaman dan perbedaan di tengah era rasisme yang masih kental pada saat itu. Masih ada perbedaan perilaku antara kulit putih dan kulit hitam. Di sekolah SMA pun masih dibedakan menurut ras dan warna kulit mereka. Namun, semua mulai berubah setelah kedatangan Herman Boone. Para pelajar di sekolah tersebut mengesampingkan perbedaan mereka dan bersatu demi tim mereka meski keluarga dan teman-teman mereka tidak peduli.


Nilai film ini menurut imdb.com adalah 7,8/10.

2. Ali (2001)

 

Dikutip dari Carifilms.com, Ali adalah sebuah film biografi legenda olahraga tinju profesional. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang petinju profesional yaitu Muhammad Ali, fokus film ini menceritakan tentang kemenangan dan kontroversi Muhammad ali di ring tinju antara tahun 1964 dan 1974.

 

Dari film ini kita juga bisa mengikuti kehidupan Ali dari nol sampai dia menjadi atlet kebanggaan negaranya. Sampai saat ini Muhammad Ali dikenal menjadi petinju legendaris dan terbaik yang dimiliki Amerika. 

READ  Pelanggaran Paling Memorable dalam Dunia Sepak Bola

Di film ini juga kita bisa menonton empat pertandingan paling berkesan dalam sejarah perjalanan karir Muhammad Ali. Dari film ini kita juga bisa melihat sisi lain dari Muhammad Ali yang belum banyak terekspos media.

Nilai film ini menurut imdb.com adalah 6,8/10.

3. Longest Yard (2005)

Dikutip dari Carifilms.com, Longest Yard adalah film yang diangkat dari kisah nyata yang menceritakan seorang mantan pemain football Amerika yang bernama Paul Crewe yang mendekam di penjara karena sebuah insiden. 

 

Di dalam penjara para tahanan membentuk tim sepak bola di dalam penjara untuk menantang penjaga penjara, dan Paul ditugaskan sebagai pelatih para tahanan lainnya.

 

Dari film ini kita bisa melihat sisi lain kehidupan di balik jeruji besi dan menunjukan bahwa para napi yang menjadi sampah masyarakat pun bisa dan berhak untuk bisa berprestasi. 

 

Film ini menjadi salah satu film olahraga terbaik yang dikemas secara komedi dan menonjolkan sisi motivasi untuk bisa berprestasi di mana saja menjadi pesan moral dari film ini.


Nilai film ini menurut imdb.com adalah 6,4/10.

 4. Coach Carter (2005)

 

Dikutip dari Carifilms.com, Coach Carter merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang pelatih bola basket SMA di California yang bernama Ken Carter. 

 

Kebanyakan dari pelatih biasanya yang tidak peduli dengan nilai akademik para atletnya, pelatih yang satu ini justru berbeda. Carter justru sangat memperhatikan nilai akademik dari anak didiknya. 

 

Apabila para anak didiknya mulai percaya diri dan menyimpang di bidang akademiknya, maka Carter berani untuk membatalkan dan menghentikan semua kegiatan tim sampai tim berhasil menunjukkan peningkatan kembali di bidang akademis mereka. Meskipun pada waktu itu tim basket mereka menjadi tim yang tidak bisa terkalahkan dari tim manapun.

Nilai film ini menurut imdb.com adalah 7,3/10.

5. Glory Road (2006)

Dikutip dari Carifilms.com, Film Glory Road diambil dari kisah nyata dari seorang pelatih basket berkulit putih bernama Don Haskins yang melatih tim basket mahasiswa berkulit hitam untuk bermain di turnamen NCAA University Division Basketball Championship pada tahun 1966. 

READ  Drama Menuju Final Piala Thomas Cup 2020

 

Texas Western merupakan satu-satunya tim di NCAA yang semua anggotanya berkulit hitam dan Don Haskins merupakan pelatih yang berani merubah aturan. 

 

Film ini mengisahkan tentang rasisme dan diskriminasi atlet-atlet di kalangan mahasiswa. 


Nilai film ini menurut imdb.com adalah 7,2/10.

6. 3 Srikandi (2016)

Film ini berasal dari Indonesia, di mana film ini diangkat dari kisah nyata menceritakan perjuangan para atlet panahan putri Indonesia yaitu Nurfitriyana, Lilies, dan Kusuma yang mengikuti Olimpiade Seoul 1988. 

 

Latihan yang singkat dan tidak mudah hingga banyaknya masalah yang muncul, akhirnya bisa mereka lewati dan berbuah manis di mana para atlet panahan putri Indonesia berhasil meraih emas pertama untuk merah putih di ajang Olimpiade. 


Nilai film ini menurut imdb.com adalah 6,6/10.

7. Race (2016)

Film ini diangkat dari kisah nyata seorang atlet lari yang fokus menceritakan kegigihan seorang Jesse Owens seorang atlet berkulit hitam berkebangsaan Amerika Serikat yang ingin tampil di Olimpiade. 

 

Bukan hanya mengangkat kisah mengenai keberanian dari Jesse Owens dalam mewujudkan cita-citanya, tetapi film ini juga dikemas menceritakan kisah persahabatan antara Jesse Owens dan Larry Snyder sang pelatih. 

 

Selain mempersiapkan latihan fisik dan mengembangkan kemampuan, kondisi politik pada tahun itu juga mengharuskan mempersiapkan mental dan berbagai rintangan yang dihadapi. Pelaksanaan Olimpiade 1936 pada saat itu dilaksanakan di Jerman dan ketika itu Jerman masih dipimpin oleh Adolf Hitler. Di mana diskriminasi warna kulit masih terjadi dan tidak menyurutkan tekad Jesse Owens menggapai cita-citanya.

READ  Bodyweight: Olahraga dengan Beban Tubuh

Nilai film ini menurut imdb.com adalah 7,1/10.

8. Ride Like a Girl (2019)

Diangkat dari kisah nyata, film ini menceritakan seorang gadis kecil yang bernama Michelle Payne bermimpi memenangkan piala Melbourne yang merupakan sebuah turnamen balap kuda terberat sejauh 2 mill.  Michelle merupakan anak bungsu dari 10 bersaudara yang dibesarkan oleh ayah tunggal yaitu Paddy. Michelle memilih keluar dari sekolahnya pada usia 15 tahun untuk mengejar mimpinya menjadi seorang joki. 

 

Film ini menceritakan perjuangan Michelle Payne dari banyaknya masalah keluarga, kehidupan, sampai kegagalan untuk mendapatkan piala Melbourne. Hingga akhirnya dia berhasil menjadi wanita pertama yang memenangkan piala Melbourne pada tahun 2015. 


Nilai film ini menurut imdb.com adalah 7,0/10.

9. Susi Susanti: Love All (2019)

Kita warga Indonesia pasti sudah tidak asing dengan atlet badminton yang satu ini yaitu Susi Susanti. Pada tahun 2019 kisah perjuangannya dijadikan sebuah film yang berjudul Susi Susanti: Love All. Film ini berfokus pada perjuangan Susi Susanti menjadi seorang atlet kebanggaan Indonesia. Dengan dorongan ayahnya yang melihat potensi Susi semenjak dia kecil dan tekadnya Susi yang kuat akhirnya menjadikan Susi mendapatkan hasil yang memuaskan dari apa yang sudah dia lakukan sedari kecil. 

 

Susi Susanti berhasil menjadi juara Olimpiade dan menyumbangkan emas pertama untuk indonesia di bidang olahraga badminton. Meski pada saat itu Indonesia sedang mengalami masalah ekonomi, tetapi Susi Susanti tetap dapat membuktikan kepada dunia bahwa atlet Indonesia berhak dipandang dan dihormati. 


Nilai film ini menurut imdb.com adalah 7,6/10.

Nah Sobat Sport, itulah film-film yang diangkat dari kisah nyata para atlet olahraga yang inspiratif dan memotivasi. Di kala kita merasa sedang down dan membutuhkan motivasi, sembilan film di atas bisa jadi list nonton kamu untuk memompa semangat dan motivasi kamu kembali.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait