Sudirman Cup 2021: Pencetus Pertama, Indonesia Siap Meraih Piala Sudirman Kedua

Dipublikasikan oleh Ulfah Hasanah
Reading Time: 3 minutes

Umpanbalik.id – Sudirman, pastinya nama ini tak asing untuk kita warga Indonesia, karena nama sudirman sering kita dengar. Nama ini tak hanya sering menghiasi Jalanan ataupun Universitas.

 

Nama sudirman juga digunakan sebagai ajang kejuaraan yaitu Sudirman Cup. Piala Sudirman Cup menjadi ajang olahraga badminton tingkat Internasional untuk nomor beregu campuran, yang mempertandingkan nomor tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Kejuaraan ini dipertandingkan setiap dua tahun sekali bukan untuk memperebutkan uang tunai, melainkan saling bertarung untuk membela negara dan memperebutkan nilai IBF agar memperbaiki posisi para atlet di tingkat dunia BWF. 

 

Tahu ga Sobat Sport? Piala Sudirman Cup sebenarnya pertama kali di cetuskan oleh Indonesia pada tahun 1986. Dilihat dari daftar pemenang Sudirman Cup sepanjang sejarahnya hanya Indonesia, Korea Selatan, China, Denmark, Malaysia, Inggris, dan Thailand yang berhasil masuk sampai ke babak semi final. 

 

Sudirman mungkin lebih kita kenal sebagai nama sosok pahlawan bangsa, yaitu Jenderal Soedirman. Tetapi bukan itu yang menjadi latar belakang lahirnya Piala Sudirman Cup. Piala Sudirman Cup sebenarnya hadir sebagai suatu bentuk penghormatan dan apresiasi dunia kepada pebulutangkis Indonesia yang bernama Dick Sudirman. 

 

Sudirman merupakan salah satu pendiri Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia atau yang dikenal dengan PBSI. PBSI atau Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia terbentuk pada tanggal 5 Mei 1951.

 

Dilaporkan dari BWF Museum, Dick Sudirman merupakan orang yang menjembatani kesenjangan dua organisasi bulutangkis dunia, yaitu IBF atau International Badminton Federation dengan WBF atau World Badminton Federation. Pada tahun 1981 IBF dan WBF membuka jalan menuju persatuan dan menjadi BWF. 

READ  Menjaga Pesona Filosofi “Jogo Bonito” Ala Pemain Brazil

 

Kejuaraan Piala Sudirman lebih tepatnya di usulkan oleh mantan wakil ketua umum PBSI sekaligus anggota tetap IBF, yaitu Suharso Suhandinata setelah Dick Sudirman meninggal dunia. Meskipun Sudirman sudah meninggal dunia, dia tetap dikenal sebagai Bapak Bulutangkis Indonesia dan Piala Sudirman masih eksis sampai saat ini sebagai salah satu kejuaraan yang paling ditunggu oleh para atlet bulutangkis.

 

Piala Sudirman pertama kali dilaksanakan pada tahun 1989 di Jakarta, di Istora Gelora Bung Karno. Pada laga pertama Sudirman Cup Indonesia berhasil tampil baik sehingga sukses keluar sebagai juara mengalahkan negara Korea Selatan dengan score 3-2. Di laga inilah menjadi satu-satunya yang pernah dimenangkan Indonesia untuk kejuaraan Piala Sudirman Cup. Setelah itu Indonesia tidak pernah lagi menjadi juara di Piala Sudirman Cup, kemudian Indonesia menempati posisi paling tinggi dengan menjadi runner up di Piala Sudirman Cup. 

 

Piala Sudirman Cup 2021 merupakan edisi ke 17 yang akan dilaksanakan di Vantaa, Finlandia pada 26 September – 3 Oktober 2021. Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia telah merilis nama-nama atlet yang akan berjuang di Sudirman Cup 2021. 

Pengumuman yang dilakukan pada senin 13/9/21 melalui akun instagram Badminton.ina, terdapat 20 nama yang akan dikirim ke Vantaa, Finlandia. Dari 20 nama yang dipilih, 11 diantaranya adalah pemain andalan Indonesia yang bermain di Olimpiade Tokyo 2020. Indonesia mengirim 3 perwakilan untuk nomor tunggal putra, tunggal putri dan ganda putra. Sementara perwakilan untuk nomor ganda putri dan ganda campuran Indonesia mengirimkan 2 perwakilan.

Dilansir dari Instagram Badminton.ina, Berikut nama-nama atlet yang bakal bertanding di Sudirman Cup 2021:

READ  Fajar/Rian: Pasangan Pargoy yang Tak Mau Jadi Pelapis Lagi

 

  1. Tunggal Putra : Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Shesar Hiren Rhustavito

  2. Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo

  3. Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

  4. Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto

  5. Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

 

Dikutip dari DetikSport, Tidak ada nama ganda campuran no 9 dunia yaitu Hafiz Faiza/Gloria Emanuelle Widjaja. Dikutip dari Sportfeat.com, Seusai simulasi Sudirman Cup 2021 Gloria mengatakan bahwa dirinya dan Hafiz tidak masuk daftar Piala Sudirman Cup 2021, “kami tidak ikut ke Sudirman Cup 2021, Jordan dan Melati yang dibawa,” tutur Gloria pada saat itu.

 

Pada simulasi Sudirman Cup 2021, pada dasarnya Hafiz/Gloria berhasil mengalahkan Jordan/Melati. Dikutip dari Sportfeat.com, mereka telah menyelesaikan simulasi pelatih ganda campuran PBSI, Nova Widianto telah mengevaluasi anak didiknya dan mengatakan bahwa permainan Hafiz/Gloria tidak mengecewakan pada simulasi tersebut. Namun, mereka hanya mengirim dua pemain ganda campuran untuk Sudirman Cup 2021. “Untuk Hafiz/Gloria mereka tampil bagus dan lebih siap kemarin,” tutur Nova pelatih ganda campuran PBSI sekaligus peraih medali perak Olimpiade Beijing 2008.

 

Sementara itu nama Ester Nurumi Tri Wardoyo saat ini sedang menarik perhatian. Pasalnya di usia 16 tahun, ia berhasil mengalahkan Gregoria atlet andalan tunggal putri Indonesia di simulasi Sudirman Cup 2021 yang di gelar oleh PBSi. 

 

Nantinya ajang turnamen pertandingan Piala Sudirman Cup 2021 ini akan disiarkan secara langsung oleh TVRI. 

Ayo kita dukung terus para atlet bulutangkis  yang akan bertanding di Sudirman Cup 2021, agar mereka bisa membawa pulang piala Sudirman Cup kedua untuk merah putih.

READ  12 Atlet Junior Terbaik PB Djarum bertolak ke Slovenia
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait