Stadion Old Trafford, Kebanggaan Manchester

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes

Sumber: Setanmerah.net/View of Old Trafford

Umpanbalik.id – Membicarakan tentang klub sepak bola kenamaan Manchester United, sulit terlepas dengan stadion Old Trafford. Di telinga penggemarnya nama itu mungkin sudah tidak asing lagi didengar. Tak heran jika orang-orang juga mengenalnya sebagai kandang dan rumah bagi klub sepak bola Manchester United. Kemudian, bagaimana kisah dibuatnya Stadion tersebut? Apakah sudah banyak mengalami perubahan dari dulu hingga sekarang? Berikut sejarah singkat “Old Trafford” Manchester, Inggris. 

Dibangun pada tahun 1909, dan memakan waktu selama kurang lebih satu tahun pembangunan, Stadion Old Trafford resmi dibuka pada tahun 1910 tepatnya pada 19 Februari. Kabar diresmikannya stadion tersebut menjadikan klub Manchester United berpindah sarang dari tempat lamanya di kawasan Bank Street, Clayton. Ke Stadion Baru Old Trafford Manchester Barat.

Biaya pembangunan yang cukup fantastik kala itu sebesar 60.000 poundsterling, berhasil menciptakan karya arsitektur yang sangat membanggakan. Bagaimana tidak, kemegahan bangunannya dirasa cukup ampuh membuat sungkan tamu yang bertanding sebagai lawan. Perancang bangunan Stadion yang dipercaya saat itu adalah Archibald Leitch, yaitu arsitek yang berkebangsaan Skotlandia. Pada awalnya Ia memperhitungkan bahwa bangunan ini diupayakan dapat menampung sebanyak 100 ribu penonton, namun seiring perubahan dan perkembangannya, stadion ini nyatanya hanya dapat memperbesar kapasitas tempat duduk penontonnya sebesar 75.643.

Agar dapat menjadi yang seperti sekarang tentunya sudah banyak perubahan yang dialami oleh Stadion kebanggaan Negara Inggris tersebut. Meskipun tidak sesuai harapan sang arsitektur, namun tetap saja Stadion Old Trafford menduduki sebagai stadion sepakbola terbesar nomor tiga di Inggris, serta ke-11 di Eropa. Sehingga hal ini semakin menjadikan negara Inggris untuk terus termotivasi mengembangkan pembangunan Stadion Old Trafford hingga dapat menampung 95 ribu penonton.

READ  RESMI: Antonio Conte Jadi Manajer Tottenham Hotspurs

Keamanan dan kenyamanan penonton pertandingan juga terhitung sangat diperhatikan. Pasalnya penempatan struktur bangunan dibuat sedemikian rupa agar membuat penonton betah untuk menonton pertandingan. Seperti tiap sisi dilengkapi dengan pondasi, tempat duduk, dan atap yang dibuat dengan sedemikian rupa. Namun meskipun begitu ternyata tetap saja ada beberapa kritik yang harus didengar dan diperbaiki. 

Pada tahun 1995 – 1996 dibuat sebuah stand raksasa bertingkat, tepat di sebelah sisi utara. Dengan ketinggian 200 kaki  dan empat buah menara dan atap bergaya Cantilever terbesar di Eropa. Perhitungannya bagian itu dapat menampung sebanyak 26.000 penonton. Desain menara raksasa yang sangat garang ini lagi-lagi dapat mengintimidasi para lawan. 

Namun perlu digaris bawahi bahwa kepemilikan Stadion Old Trafford ini bukan milik Manchester United seorang, namun Manchester City yang merupakan rekannya pun juga sempat memakai dan menggunakan fungsi stadion. Hal ini bukan semata-mata karena Manchester City merampas markas Manchester United. Namun keadaan kala itu yang cukup memprihatinkan yang dialami oleh Manchester City. Mereka sempat kehilangan markas yang disebabkan oleh momen Perang Dunia Dua. Peminjaman Markas oleh Manchester City pada stadion tersebut hanya dari tahun 1941 hingga tahun 1949. 

Membicarakan karier Stadion Old Trafford sendiri juga sangat menakjubkan, stadion ini sempat dijadikan sebagai pertandingan bergengsi di dunia. Seperti diantaranya adalah kejuaraan Piala Dunia 1966, Piala Eropa 1996, dan tempat dihelatnya partai final Liga Champions 2003. Sedangkan dari segi sisi bangunannya yang lain adalah, Stadion Old Trafford dianggap memiliki keunikan tersendiri. Seperti tokoh-tokoh yang dinilai sangat berharga dan sangat berperan penting dalam perjalan klub sepakbola di Manchester. Diantaranya seperti patung mantan manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson yang dianggap berhasil membawa masa kejayaan Manchester United melalui persembahan gelar juaranya. Kemudian tiga diantara lainnya ada para Legenda kebanggan Manchester United yaitu George Best, Denis Law, dan Bobby Charlton, yang peletakannya persis di depan stadion.

READ  OPINI: Artis Beli Klub Bola, Menuai Prestasi atau Sekedar Sensasi?

Selanjutnya berbicara mengenai bangunan-bangunan yang mendampingi stadion, Bangunan-bangunan berikut juga secara tidak langsung menjadi bagian dari stadion Old Trafford seperti museum United yang dibangun terdiri dari tiga lantai dan ruangan koleksi trofi. Kemudian ada Red Cafe dan dua lapis menara langit yang dibentuk persegi kotak. 

Selain itu juga terdapat banyak bangunan-bangunan lain yang patut anda kunjungi saat berpergian ke kawasan Stadion Old Trafford di Manchester. Seperti Munich Tunnel, pembangunan terowongan ini tidak semata-mata dibuat sebagai penghubung saja, namun juga ditujukan sebagai bentuk mengenang momen tragedi Munich 1958, diantaranya delapan pemain Manchester United.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait