Emma Raducanu: Si Manis Bintang Baru Pemain Tenis

Dipublikasikan oleh Anneke Puteri
Reading Time: 3 minutes

Umpanbalik.id – Kemenangannya di US Open 2021 menciptakan sejarah baru. Rentetan kemenangan paralel berpihak ke Emma Raducanu. Meskipun terhitung baru dalam kompetisi Grand Slam, Emma mampu membuktikan dirinya pantas berada di atas kemenangan.

 

Ketika sampai di New York, Emma Raducanu tidak pernah menyangka dirinya akan mengukir sejarah sebagai bintang baru pemain tenis remaja. Di atas lapangan, Emma Raducanu dikenal sebagai pemain yang mengandalkan ketenangan. Tidak terdengar suaranya yang berteriak-teriak. Hanya suara decitan sepatu dan pantulan bola dari raketnya ketika melihat Emma bermain.

 

Seperti yang ditulis ESPN, Emma Raducanu mengungkapkan keterkejutannya, “Orang-orang berkata, ‘Aku menginginkan juara Grand Slam,’ untuk mempercayai hal itu, saya berusaha keras,” katanya. “Dan yahh, saya juara. Aku masih tidak percaya,” lanjutnya.

Ketenangan permainan di atas lapangan jadi strategi yang dimanfaatkan Emma untuk mengecoh lawannya. Walaupun begitu, matanya sangat tajam. Dalam dirinya, Emma berkali-kali harus membaca strategi lawan dengan penuh teliti. Karena hal ini, ia menciptakan hasil yang sangat membanggakan.

Sumber: Twitter/Emma Raducanu. Saat Emma menggenggam trofi juara Grand Slam setelah memenangkan pertandingan.

Emma Raducanu berhasil menggenggam trofi abu-abu mengkilat Grand Slam setelah memenangkan US Open tanpa kehilangan satu set pun. Masih dengan balutan kostum merah dan senyumannya yang memikat, Emma mendadak jadi idola baru di tenis putri. Dia juga menjadi juara tenis wanita termuda sejak Maria Sharapova di 2004 lalu.

 

Masih berusia 18 tahun, Emma Raducanu lahir di Toronto, Kanada 13 November 2022. Ayahnya berdarah Romania, sedangkan ibunya China. Mereka pindah ke Inggris saat Emma berusia dua tahun. Sejak usia lima tahun, Emma sudah mulai bermain tenis. Tak lupa dengan pendidikannya, ia juga sering memperoleh nilai bagus di pelajaran Matematika dan Ekonomi.

READ  Emma Raducanu vs Leylah Fernandez, Siapa yang Akan Jadi Pemenang di Final US Open 2021?

 

Beberapa bulan lalu, Emma juga sempat vakum dari tenis untuk menyelesaikan pendidikannya. Ayahnya termasuk seseorang yang ketat ketika menyangkut pendidikan. Ia harus menyelesaikan gelar sekolah menengahnya. Telah bermain profesional sejak 2018, Emma Raducanu juga sempat berkompetisi saat kejuaraan Wimbledon 2021 lalu. Wimbledon sekaligus menjadi pengalaman Grand Slam pertamanya. Sayang, saat itu Emma harus mengundurkan diri dari kompetisi karena kondisi tubuhnya yang tidak baik. Ia mengalami sesak napas. Saat itu ia telah berada di posisi 16 besar melawan Ajla Tomljanovic.

Emma sempat tertekan dan down, namun rekan tenisnya, Marcus Rashford menghiburnya karena pernah mengalami hal serupa. Lambat laun ia mulai membaik didukung oleh timnya yang sangat suportif. Berawal dari dukungan yang banyak tersebut, dua bulan kemudian ia siap untuk bertanding kembali. Dan Emma jadi pemain pertama yang bertanding dari jalur kualifikasi, tapi bisa menang Grand Slam.

Di interview setelah pertandingan, Raducanu berkata, “Terima kasih karena telah memberikan suasana yang nyaman. Rasanya sama seperti berada di rumah. Kalian semua telah banyak membantu saya di berbagai macam kesulitan. Saya harap, saya dan Leylah memberikan penampilan terbaik untuk kalian semua,” ucap Emma dikutip dari ESPN. 


Berkat kesuksesannya ini, Emma Raducanu mendapat ucapan selamat dari Ratu Elizabeth II atas pencapaiannya mewakili Inggris. Dilansir dari Kompas, Emma Raducanu juga jadi petensi pertama yang memenangkan straight games sejak Serena Williams pada tahun 2014. Prestasinya ini juga memberi udara yang segar atas penantian Inggris Raya selama 40 tahun, yang menantikan petenis putri naik podium tertinggi di turnamen Grand Slam.

READ  Kontradiksi Laga Pesta Olahraga Saat Hiruk Pikuk Wabah


Momen itu terakhir dirasakan oleh Inggris Raya ketika tahun 1977 yang diwakili oleh Virginia Wade yang menjadi juara Wimbledon. Karena hal ini juga, peringkat Emma Raducanu meningkat drastis. Mulai hari ini, peringkat Emma resmi menduduki angka 23 dunia berdasarkan WTA (Women Tennis Association). Padahal saat bulan Juli, peringkat Raducanu berada di luar 300 dan tidak ter-notice oleh siapapun. 


Namun saat ini, ia berhasil memperoleh 2.5juta dollar, atau setara Rp. 35.658.875.000. Emma Raducanu mendadak jadi idola terkenal di seluruh Inggris. Dialah sang juara Grand Slam saat ini, dan juga selamanya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait