Air Jordan, Merk Basket yang Merambat Ke Rumput Hijau

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes

Sumber: Sneakerbardetroit. Betapa mewahnya Air Jordan Menghiasi Dada Jersey PSG.

Umpanbalik.id 21/08/2021 – Apa jadinya jika Jordan (Merk Basket), ada pada jersey sepakbola sebagai sponsorship? Apakah mungkin? PSG menjawab itu hari ini. Berita terhangat yang menghiasi fanatik sepakbola tentang merapatnya Lionel Messi ke PSG, menjadi pembuka yang baik atas kedatangan Jordan sebagai sponsorship. Investasi yang dilakukan Jordan di Ibukota Prancis ini, mampu melebarkan sayapnya sebagai sorotan brand ambassador lapangan hijau. 37 tahun berkiprah di dunia basket, terhitung sejak Nike mensponsori Sang Legenda Michael Jordan tahun 1984.

Selain melebarkan sayapnya di dunia sepak bola, hal yang dilakukan Jordan ini sangat menuai berbagai macam pertanyaan, Mengapa brand basket tersebut lompat ke Jersey PSG yang tak mainstream di kalangan pecinta sepakbola.  Jawabannya karena sepakbola adalah olahraga yang menjadi sorotan dunia dari berbagai macam kalangan, mau muda ataupun tua, tak sedikit yang sering mendapatkan informasi tentang bola bundar tersebut. Dikutip dari mainbasket.com, flashback di tahun 2016, hal yang mengejutkan terjadi ketika Neymar melakukan kolaborasi bersama Air jordan 5 yang mana membingungkan semua kalangan. Bagaimana tidak, pemain hebat kenamaan Brazil tersebut tidak ada kaitan erat nya dengan basket sama sekali, namun bisa mendapatkan kolaborasi yang apik dari Air Jordan. Apakah itu salah satu cara Jordan untuk memberi ikatan emosional bagi para pecinta sepak bola? 

Bisa dipastikan, Jordan tertarik dengan dunia lapangan hijau. Itu semua murni urusan bisnis. Olahraga populer tersebut bisa mempersuasi Jordan, untuk turut andil menyapa penggemar sepak bola dari dalam stadium. Dikutip dari suara.com, Jordan mendapat komisi atas penjualan ini. Karena lewat brand-nya, ia mendapat lima juta poundsterling (Rp96 miliar) hanya dari penjualan jersey saja. Lalu, mengapa Paris? Padahal ada Juventus, Manchester City, Bayern Munich, atau AC Milan. Kalau bicara suporter, Fenerbahce (Turki) pun punya banyak sekali fans setia. Belum lagi tim-tim besar lainnya di Benua Biru dengan segudang prestasi dan histori. Rasanya tidak akan habis kita membicarakan itu. Jawabannya sederhana. Paris adalah pusat mode dunia.

Sumber: Sneakerbardetroit. Kolaborasi Epic antar PSG dan Air Jordan.

 

READ  Paradinha, Berawal dari Tipuan Mematikan yang Kini Diharamkan

Paris adalah kota ternama di Perancis yang memunculkan merek-merek ternama seperti Balenciaga, Dior, Louis Vuitton, Channel, dan lain lain. Paris adalah target pasar yang pas jika Jordan ingin brand nya berkiprah di area Tri Colors tersebut. Namun, jika dilihat dari segi olahraga, sangat susah untuk menggeser Adidas yang melekat di Paris. Semua penjuru dunia pun mengenalnya. Pendekatan dengan penduduk Paris sudah dilakukan setelah sebelumnya mensponsori Quai 54. Sebagai informasi, Quai 54 adalah ajang basket jalanan yang dibuat oleh Hamdoun Sidibe dan Thibaut de Longeville pada 2003. Keduanya membawa tren itu dari Brooklyn. Jauh-jauh ke Kota Mode. Ini bukan kerjasama sponsorship event saja. Nantinya, Jordan akan merilis produk-produk eksklusif yang akan hadir di hadapan para pecinta sepakbola di Paris, Prancis. Tidak tanggung-tanggung, produk seperti sepatu basket, bola, dan merchandise lainnya, logo Jordan akan terpampang disana. 

Dikutip dari Jurnal Distribusi Universitas Mataram Tentang Ketertarikan Konsumen Pada Brand Ambassador, salah satu hal yang memegang peranan penting dalam pemasaran adalah merek. Terdapat beberapa perbedaan antara produk dengan merek. Produk merupakan sesuatu yang dihasilkan oleh pabrik dan mudah ditiru oleh para pesaing. Sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli oleh konsumen, memiliki nilai dan identitas atau ciri tertentu yang dilindungi secara hukum sehingga tidak dapat ditiru oleh pesaing. Merek mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap produk yang akan dibeli maka persaingan antar perusahaan adalah persaingan persepsi bukan produk (Tjiptono 2011:34). Ini menjadi alasan Air Jordan untuk memperluas pasarnya, dan mengenalkan citra baiknya dihadapan para penggemar Air Jordan dan Paris Saint Germain.

Air Jordan yang memperluas pasar di sepak bola, menjadi suatu hal yang baru di Era ini. Menginspirasi para Brand lainnya untuk berinovasi, agar terus berkembang untuk kepuasan konsumen yang baik hati. Ini bukan sekedar kolaborasi, melainkan jabat tangan hitam diatas putih. PSG hadir dihadapan para penggemarnya, Air Jordan ada di dada para pemainnya.

READ  Sudirman Cup 2021: Pencetus Pertama, Indonesia Siap Meraih Piala Sudirman Kedua

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait