5 Senam Irama Memukau pada Ajang Olimpiade Dunia

Dipublikasikan oleh Anneke Puteri
Reading Time: 3 minutes

Umpanbalik.id 20/07/2021 – Senam irama atau lebih dikenal dengan rhythmic gymnastic berperan besar dalam kemeriahan sebuah olimpiade setiap negara. Berbeda dengan jenis senam biasa, senam irama dilakukan dengan diiringi oleh alunan musik serta gerakan gemulai mirip balet yang harus dipadukan sesuai dengan ritme. Pada Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, akan diselenggarakan beberapa kategori senam, seperti senam artistik, senam trampolin, dan senam irama. Lantas, seperti apa keindahan senam irama ini di berbagai olimpiade sebelumnya?

1. Olimpiade Musim Panas Beijing 2008

Pada Olimpiade Beijing 2008, tim dari negara Belarus menampilkan senam irama dengan lima anggota. Diantaranya ada Olesya Babushkina, Anastasia Ivankova, Glafira Martinovich, Ksenia Sankovich, dan Alina Tumilovich. Perwakilan tim senam irama dari negara Belarus dikenal keunikan koreografinya yang mampu membuat takjub siapapun yang menonton. Berbalut pakaian berwarna hijau dengan manik-manik, mereka bergerak indah untuk menunjukkan skill mereka pada rhythmic gymnastic. 

Pada olimpiade ini, mereka menggunakan properti hoop dan pentungan untuk mendukung gerakan mereka. Spesialnya, tim Belarus ini menggunakan irama musik bernama Bolero ciptaan Maurice Ravel yang berasal dari Amerika Latin. Musik Bolero merupakan musik balet atau musik artistik yang berasal dari Kuba Timur pada akhir abad ke-19. 

2. Olimpiade Musim Panas Rio 2016 

Olimpiade Musim Panas di Rio juga menjadi surganya senam irama dari para atlet-atlet terkenal. Pada video ini, Son Yeon Jae perwakilan dari negara Korea Selatan menampilkan performa terbaiknya dalam senam irama menggunakan properti bola. Son Yeon Jae merupakan perempuan pertama dari Korea Selatan yang memenangkan medali di World Championship, FIG World Cup Series, Universiade, dan Asian Games. Walaupun sudah pensiun dari rhythmic gymnastic, nama Son Yeon Jae dan senyuman manisnya masih sangat melekat di kalangan penggemar.

READ  9 Film Olahraga Terbaik dan Memotivasi yang Diangkat dari Kisah Nyata

3. Olimpiade Musim Panas Rio 2016

Masuk ke tempat pertandingan dengan menggunakan pakaian dan properti nuansa emas, Yana Kudryavtseva berhasil membius para penonton dengan keanggunannya. Berasal dari Rusia, Kudryavtseva meraih peraih medali perak All-around Olimpiade 2016, juara dunia tiga kali di All-around, juara European Games All-around 2015, dan masih banyak prestasi gemilang lainnya. 

Dalam video ini, senam iramanya diiringi oleh musik dari Kon Slavyanskaya ciptaan Khor Turetskogo yang berhasil membawa suasana menjadi lebih magical. Walaupun sekarang telah pensiun, keindahannya dalam melakukan gerakan dipuji oleh banyak orang hingga saat ini.

4. Olimpiade London 2012

Seorang atlet senam irama dari Ukraina bernama Alina Maksymenko juga tampil memukau dengan tongkat gada di genggamannya. Pola movement-nya, teknik yang dipakai, gesturnya yang sangat lentur, serta raut wajahnya yang manis turut membantu keharmonisan dalam setiap gerakan yang diciptakannya. Saat ini, ia berusia 30 tahun dan sudah pensiun dari aktivitasnya sebagai atlet rhythmic gymnastic. Ketika olimpiade ini, ia mengiringi gerakannya dengan musik bernama Tamacun and Diablo Rojo ciptaan Rodrigo Y Gabriela.

Prestasinya di bidang senam irama pun cukup mengagumkan. Selama masa karirnya, ia telah berpartisipasi di World Champions, European Champions, World Cup Final, dan World Games yang mana Alina mendapatkan berbagai macam medali baik ketika performa individu maupun dengan tim untuk mewakili Ukraina.

5. Olimpiade Musim Panas Rio 2016

Kali ini performa dari Vida Karnaval mampu menghasilkan decak kagum adalah penampilan dari Tim senam irama dari Spanyol yang membawakan musik Carlinhos Brown. Pita tali yang senada dengan kostum pakaian yang dikenakan mampu membuat fokus penonton beralih menjadi kekaguman. Ketika musik sudah dimulai, mereka bergerak sebegitu indahnya dengan bermacam teknik rumit namun sesuai ritme. 

READ  Rekomendasi 7 Anime Olahraga yang Tumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Motivasi

Selain menawarkan keindahan dalam setiap penampilannya, tentu senam irama juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Ketika melakukan senam, otot tubuh akan semakin lentur dan bisa memperkuat kemampuan sendi yang mana dapat mencegah resiko cedera dan otot tubuh yang kaku. Dilansir dari Hellosehat, senam irama juga dapat menjaga kesehatan tulang, mencegah serangan penyakit karena senam ini termasuk kedalam olahraga kardio, serta dapat meningkatkan fungsi kognitif dari otak.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait