5 Gol Menggunakan Bagian Tubuh, Merobek Jala Pembuat Riuh

Dipublikasikan oleh Muhammad Khoiruzzein
Reading Time: 3 minutes

Sumber: matakita.co, gol tangan tuhan Maradona di piala dunia 1986.

Umpanbalik.id 20/7/2021 – Gol Tangan Tuhan Diego Maradona pasti masih diingat hingga sekarang. Meski sudah terjadi 35 tahun silam, kejadian unik dan kontroversial ini menjadi sejarah penting sepakbola yang wajib dikenang. Mencetak gol tidak semata-mata soal menyundul atau menendang, tetapi mencetak gol menggunakan tubuh yang tak biasa akan membuat cerita yang sulit untuk diulang.

Tidak hanya striker, setiap pemain sepak bola pada dasarnya harus dibekali dengan insting untuk mencetak gol. Gunanya tidak lain tidak bukan adalah ketika si pemain memiliki peluang emas untuk mencetak gol maka mereka akan dapat memanfaatkannya dengan baik. Entah menggunakan kaki atau kepala, para pemain bisa menggunakan apa saja untuk mencetak gol. Namun, tidak menggunakan tangan. Meski begitu, terkadang ada saja kejadian unik para pemain yang memaksakan diri mencetak gol menggunakan bagian tubuh yang tak lazim untuk mencetak gol.

Gol Menggunakan Pundak (Mario Balotelli-Manchester City)

Mario Balotelli adalah pemain kontroversial yang pernah dimiliki oleh Manchester City. Sikap tempramen dan membangkang membuat dirinya dicap sebagai pemain bengal. Aksi-aksi seperti selebrasi “Why Always Me” dan juga menciptakan gol menggunakan pundaknya adalah salah satu contohnya. Dengan penyelesaian dingin like a boss, membuat Balotelli semakin dicap sebagai pemain yang seenaknya sendiri

Gol menggunakan pundak merupakan salah satu gol yang sangat jarang terjadi. Gol tersebut tercipta ketika Manchester City bermain melawan Norwich City di Etihad Stadium. Meskipun masuk sebagai pemain pengganti di menit-72, Balotelli mampu melesakkan gol yang ia ciptakan menggunakan pundaknya.

Menggunakan Wajah (Javier Hernandez-Manchester United)

Ada kejadian menarik ketika perhelatan Community Shield pada tahun 2010 silam. Chelsea harus mengakui keunggulan Manchester United 3-1 pada laga yang dimainkan di Stadion Wembley tersebut. Terdapat 1 dari 3 gol yang dicetak mempunyai cerita yang unik. Yaitu Javier Hernandez alias Chicharito menyumbangkan gol debutnya di laga kompetitif bersama Manchester United. Tidak menggunakan kaki atau kepala, melainkan ia mencetak golnya menggunakan bagian wajah.

READ  5 Senam Irama Memukau pada Ajang Olimpiade Dunia

Menggunakan Bagian Belakang Kepala (Javier Hernandez-Manchester United)

Masih dengan Javier Hernandez atau Chicharito. Di musim yang sama ia kembali mencetak gol menggunakan bagian tubuh yang tak biasa. Meskipun sama-sama melakukan sundulan, tetapi yang membuat gol ini sulit untuk diulang adalah ia mencetak menggunakan bagian belakang kepalanya. 

Gol ini terjadi ketika Manchester United bertandang ke markas Stoke City di Stadion Britannia dalam lanjutan Liga Inggris. Bermain sebagai striker, umpan silang dari Nani berhasil ditanduk oleh Nemanja Vidic yang kemudian dilanjutkan oleh Chicharito menggunakan bagian belakang kepalanya. Dalam laga ini Chicharito mampu mencetak brace atau mencetak dua gol sekaligus mengantarkan timnya memenangi pertandingan dengan skor 2-1. 

*gol di menit 0:35

Gol Menggunakan Bokong (David Hovorka-Sparta Praha)

Yang paling unik dan tak lazim adalah terciptanya gol menggunakan bokong. David Hovorka merupakan satu-satunya pemain yang berhasil mencetak gol menggunakan bokongnya. Dalam lanjutan divisi 3 Liga Ceko, David yang kala itu bermain bersama Sparta Praha B berhadapan dengan Meteor Praha. Berawal dari tendangan sudut Sparta Praha, umpan pendek dari rekan setimnya dilanjut dengan umpan silang dari sisi samping, David berlari dari belakang kemudian melompat dan berhasil menciptakan gol menggunakan bokongnya.

Gol Menggunakan Tangan (Diego Maradona-Argentina)

Kalau gol yang satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga para pecinta sepakbola. Bagaimana tidak, salah satu gol kontroversial sepanjang sejarah ini mencatat Diego Maradona sebagai pencetak gol menggunakan tangan. Insting seorang striker memang, dimana ada peluang untuk mencetak gol, disitu pasti ada cara untuk melakukannya. Gol ini dicetak Maradona dalam lanjutan Piala Dunia 1986 di Meksiko. Argentina yang berhasil melaju ke babak perempat final berhadapan dengan Inggris yang berkesudahan 2-1 untuk kemenangan Argentina. Dua gol berhasil dicetak oleh Maradona dimana satu gol yang terjadi menjadi momen bersejarah dalam dunia sepakbola hingga sekarang.

READ  Deretan‌ ‌Pemain‌ ‌Gagal‌ ‌Bersinar‌ ‌Setelah‌ ‌Migrasi‌ ‌Club‌

Melihat seni dari sepakbola, mencetak gol tidak hanya berarti menambah skor untuk memenangkan pertandingan. Tetapi bagaimana kita sebagai penonton bisa terkesan dengan gol-gol yang disuguhkan. The Art of Scoring juga bukan berarti harus mencetak gol yang cantik menawan, tetapi bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan bagian tubuh yang tak lazim digunakan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait