Rencana Aturan Baru Sepakbola, Semerbak Aroma Futsal di Lapangan Hijau

Dipublikasikan oleh Muhammad Khoiruzzein
Reading Time: 2 minutes

Sumber: Adrian DENNIS / AFP. Tottenham hotspur saat melakukan pergantian pemain

Umpanbalik.id, 19/7/2021 – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA), akhir pekan lalu mengumumkan rencananya untuk mengubah peraturan pertandingan. Dilansir dari mundodeportivo.com, FIFA sebagai induk sepak bola dunia telah menemukan ide baru yang dianggap dapat meningkatkan standar kualitas sepak bola.

Ide tersebut merupakan perubahan dari dasar permainan sepak bola. Meski belum diputuskan secara resmi, tetapi sudah muncul banyak sekali protes yang dilakukan oleh pecinta sepak bola. Mereka menganggap peraturan yang dibuat ini sangat kontroversial dan akan menghilangkan esensi dari olahraga sepak bola itu sendiri.

Dilansir dari givemesport.com, FIFA akan melakukan uji coba peraturan baru ini pada saat turnamen sepak bola usia dini “Future Of Football Cup”. Pada turnamen U-19 ini akan diikuti berbagai klub akademi seperti PSV, AZ Alkmaar, RB Leipzig dan Club Brugge. Lantas, apa saja aturan baru yang direncanakan oleh FIFA?

Pertandingan 2 x 30 Menit

Rencana pertama yang diusulkan oleh FIFA yaitu adalah waktu pertandingan. Jika aturan lama, pertandingan akan berjalan 2×45 menit, namun pada regulasi baru akan dipersingkat menjadi 2×30 menit saja. Dasar dari perubahan waktu ini adalah karena waktu bermain sepak bola dianggap terlalu lama sehingga kurang menarik perhatian.

“Orang muda menganggap pertandingan sepak bola terlalu lama dan tidak menarik. Kita mungkin harus mempersingkat pertandingan sepak bola,” ucap Florentino Perez dikutip dari givemesport.com

Mendengar ucapan Florentino Perez ini seakan mengingatkan kita pada turnamen European Super League yang dibatalkan beberapa waktu lalu. Di saat yang sama, Perez juga mengatakan akan melaksanakan pertandingan lebih singkat daripada waktu normal

Bola Keluar = Waktu Berhenti

READ  Tegas! China Larang Pemain Timnasnya Bertato

Mirip dengan aturan olahraga futsal dan juga basket. Rencananya FIFA akan memberlakukan peraturan untuk menghentikan waktu ketika bola keluar, pemain cedera, terjadi pelanggaran dan juga insiden dalam lapangan lainnya. Hal ini dikarenakan FIFA menganggap banyak tim yang mengulur-ulur waktu ketika timnya sedang unggul di menit-menit krusial.

Bola Tidak Dilempar Tetapi Ditendang

Lagi-lagi peraturan ini dimiripkan dengan olahraga futsal, yaitu pada saat bola keluar lapangan pertandingan. FIFA berencana untuk mengganti lemparan kedalam menjadi tendangan kedalam. Aturan ini membuat bola yang keluar lapangan (selain tendangan gawang dan juga tendangan bebas) akan diambil dengan kaki, bukan tangan.

Bebas Melakukan Pergantian Pemain

Aturan lama memaksa setiap tim maksimal melakukan tiga kali pergantian pemain di setiap pertandingan. Tetapi, akhir-akhir ini jatah pergantian ditambah menjadi lima kali dikarenakan adanya pandemi COVID-19. Menariknya, rencana yang sedang digodok oleh FIFA ini membebaskan setiap tim untuk memainkan semua pemain yang ada di bangku cadangan tanpa ada batasan. Peraturan ini pun mirip dengan olahraga futsal dan juga basket.

Skors 5 Menit Jika Terkena Kartu Kuning

Terakhir, FIFA berencana memberikan skors selama lima menit kepada pemain yang terkena kartu kuning. Jadi, pemain yang terkena kartu kuning wajib meninggalkan lapangan pertandingan selama lima menit dan kemudian dapat melanjutkan pertandingan lagi.

Eksperimen percobaan ini masih jauh dari kata kepastian. Namun, FIFA akan mengevaluasi dampak dari aturan yang baru dan kemudian akan ditimbang dan dibahas bersama dengan Dewan Asosiasi Sepakbola Dunia (IFAB).

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait