Tren Olahraga Urbanisasi: Alasan Penambahan Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

Dipublikasikan oleh Anneke Puteri
Reading Time: 4 minutes

Umpanbalik.id – Tepat setelah artikel ini dirilis, Olimpiade Tokyo 2020 akan dilaksanakan dalam 8 hari 20 jam lagi. Detik demi detik telah tersaji di halaman depan website resmi Olimpiade sebagai tanda countdown bagi para penggemar. Setelah penantian yang cukup panjang karena penundaan akibat pandemi, akhirnya Olimpiade Tokyo 2020 akan terlaksana tidak lama lagi. Sesuatu yang spesial telah disiapkan oleh The International Olympic Committee yang menambahkan lima cabang olahraga baru. Cukup unik, ternyata alasan penambahan ini bertujuan untuk menarik minat anak muda yang memiliki trendsetter tersendiri.

Tanggal 23 Juli – 8 Agustus akan jadi sejarah baru di dalam dunia olimpiade. Di sela situasi yang sulit, kebahagiaan dan semangat membara akan berusaha disalurkan melalui ajang pertandingan ini. Total 34 olahraga, terdapat lima penambahan olahraga baru yang tak kalah menariknya untuk dinikmati. 

1. Karate

Sumber: insidethegame. Karate akan dibagi menjadi dua gaya yang berbeda.

Dilansir dari BBC Sport, ada dua gaya karate yang diselenggarakan nanti, yaitu kata dan kumite. Berasal dari salah satu pulau di Jepang, yaitu Okinawa, nilai kedekatan cabang olahraga ini akan semakin terasa jika dipertandingkan di Olimpiade Tokyo.

Kata adalah salah satu gaya karate yang dimainkan oleh solo fighter yang melawan musuh virtual. Gaya ini dilakukan sebagai demonstrasi dari berbagai macam jurus ofensif atau defensif yang. Sedangkan kumite, adalah pertarungan satu lawan satu dengan durasi tiga menit di atas area matted yang berukuran 8×8 meter. Akan ada tiga kelas berat, yang masing-masing teknik digunakan akan dinilai secara berbeda. 

Akan ada 80 atlet yang akan berkompetisi di cabang olahraga ini, yang mana 60 diantaranya akan bertanding untuk kumite dan sisanya bertanding pada gaya kata.

READ  Pro Kontra Standar Anthem Lagu yang Cocok untuk Sebuah Pertandingan

2. Sport Climbing

sumber: South China Morning Post. Adam Ondra berhasil mendapat kualifikasi sport climber di Olimpiade Tokyo 2020.

Dinding tinggi berhias batu-batu pijakan berwarna akan menjadi pemandangan baru pada salah satu arena yang ada pada Olimpiade Tokyo 2020. Tali-tali pengaman akan terjuntai dari atas dinding, sambil mengikat para pemain yang sedang berjuang mencapai puncak secepat mungkin. Di olimpiade nanti, para atlet akan bersaing dalam tiga disiplin panjat yang berbeda, yaitu kecepatan, bouldering, dan lead climbing. Paling sederhana adalah disiplin kecepatan yang mana akan ada dua pemain yang akan saling berpacu untuk melewati sampai pertama di puncak.

Kedua, dari bouldering yang mana pemanjat akan memiliki tantangan di mana struktur dinding yang memiliki batu setinggi 4,5 meter dengan rute yang curam. Sedangkan lead climbing, pemain tebing harus mencapai puncak setinggi 15 meter dalam waktu enam menit. Uniknya, ketiga disiplin ilmu tersebut tidak akan ditandingkan sendiri-sendiri, namun dijadikan satu yang harus diikuti oleh masing-masing atlet agar lebih menantang.

3. Baseball/Softball

sumber: wbsc. Baseball olympic games kembali hadir pada olimpiade saat ini.

Baseball atau softball sebenarnya bukan olahraga baru di olimpiade karena pernah dipertandingkan ketika Olimpiade Beijing 2008 lalu. Khusus cabang olahraga Baseball akan dimainkan oleh atlet laki-laki, sedangkan dalam versi yang lebih sederhana yaitu softball, akan dimainkan oleh atlet perempuan. Jepang secara khusus meminta rekomendasi olahraga ini untuk diadakan lagi pada olimpiade.

Dikutip dari BBC Sport, popularitas baseball meroket setelah masuknya tentara Amerika ketika usia Perang Dunia II. Di dalam sebuah studi pada tahun 2018, 48 persen responden Jepang mengatakan bahwa Baseball adalah olahraga favorit mereka.

READ  “Kiricocho” Mantra Mengerikan Sebuah Pertandingan

4. Skateboard

sumber: olympics.com. Skateboarding jadi salah satu olahraga baru pada olimpiade ini.

Mirip dengan beberapa cabang olahraga lain, Skateboard juga akan dipertandingkan dengan dua jenis yang berbeda yaitu street dan park. Dalam gaya street, atlet akan memamerkan keterampilannya pada bangku, dinding, trotoar, tangga, dan pegangan tangan. Sedangkan park, atlet harus menonjolkan kemampuannya berada pada jalur berlubang dengan lengkungan yang tajam. Masih dikutip dari BBC Sport, pelatih tim Daisuke Hayakawa mengatakan, “Skateboard adalah kegiatan untuk anak-anak nakal.” Olahraga ini masih dianggap seperti itu di negara Jepang, namun ada perkiraan bahwa Jepang akan memenangkan setengah dari medali pertandingan ini.

5. Selancar

sumber: olympic.com. Surfing jadi salah satu spot olahraga yang diadakan kondisional sesuai dengan keadaan ombak laut.

Pantai Tsurigasaki yang terletak 100 km dari Olympic Stadium Tokyo akan menjadi tempat kompetisi para atlet pada cabang ini. Total masing-masing dari atlet laki-laki dan perempuan akan ada 20 orang yang akan berlomba di cabang olahraga ini. Selancar akan dilakukan sekitar 25 Juli-1 Agustus dengan memastikan kondisi terbaik dari ombak di lautan.

Daftar olahraga baru ini tentu saja akan menambah euforia bahagia pada Olimpiade Tokyo 2020. Sayangnya, olimpiade ini akan digelar tanpa penonton. “Dengan menyesal, kami akan menyelenggarakan Olimpiade dalam format yang sangat terbatas, demi menghadapi penyebaran infeksi virus Corona,” ujar Seiko Hashimoto selaku Presiden Komite Penyelenggara Olimpiade Tokyo yang dikutip dari detik.com.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait