OPINI: Yakin Main Basket Bisa Menambah Tinggi Badan?

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 4 minutes

Umpanbalik.id – Tak sedikit orang yang bertanya tentang apakah basket bisa menambah tinggi badan? Berapa lama untuk mendapatkan hasil maksimalnya? Semua pertanyaan tersebut harus dibuktikan sendiri kebenarannya. Jika dilihat dari sudut pandang olahraganya, basket merupakan permainan bola besar yang melatih kekuatan otot kaki, jika sedang melakukan shooting, lay up, maupun saat melakukan rebound. Otomatis, olahraga ini sering sekali menggunakan lompatan tertentu untuk melakukan beberapa teknik-teknik permainan bola basket. Basket termasuk olahraga yang diklaim bisa memanjangkan otot dan menambah tinggi badan. Lalu, apakah semua itu benar?

Sumber: Kompas.com. Pertandingan Liga basket Srikandi Cup.

Benarkah bermain basket bisa meninggikan badan?

Manfaat bermain basket diyakini bisa membuat badan Anda bertambah tinggi. Faktanya, bermain basket ternyata membuat tubuh melepaskan hormon pertumbuhan atau human growth hormon (HGH) yang diproduksi kelenjar pituitari pada otak. Hormon ini bisa meningkat selama Anda berolahraga, hingga memicu pertumbuhan pertumbuhan tinggi badan.

Dikutip dari BetterHealth Channel, pada masa pubertas, hormon HGH akan meningkat selama masa pubertas atau menginjak masa remaja. Ini membuktikan bahwa, masa tersebut merupakan masa pertumbuhan tinggi badan. Sayangnya, jumlah hormon ini akan menurun setelah Anda menginjak fase dewasa. Maka dari itu, pertumbuhan tinggi badan yang ideal, terjadi pada masa anak-anak hingga remaja akan semakin lebih mudah dalam fase pertumbuhannya.

Melompat dalam basket merupakan suatu hal yang lumrah. Mulai dari merebut bola dari lawan, melempar bola, hingga slam dunk, selalu melibatkan lompatan dari individu masing masing. Melompat akan membantu meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang bekerja, misalnya pada bagian kaki dan tulang belakang. Sehingga hal ini juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan tinggi badan. Kedua teori tersebut mungkin benar, tetapi butuh penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaatnya. Alhasil, bermain basket secara rutin tidak bisa berdampak langsung pada penambahan tinggi badan, sehingga penampilan Anda lebih tinggi.

READ  OPINI: Outfit Trendy dan Kebutuhan Instastory Ketika Jogging di Minggu Pagi

Pada dasarnya, basket dan tinggi badan tidak mempunyai korelasi satu sama lain. Jika Anda sering bermain basket, belum tentu bisa tinggi dari orang yang tidak bermain basket. Pasti ada faktor-faktor yang menjadi penyebabnya. Hal ini bisa terjadi karena memang ada banyak faktor lain yang mempengaruhi tinggi badan seseorang.

Tahukah Anda? Bahwa bermain basket memiliki banyak manfaat. Tidak hanya meninggikan badan, tetapi juga melatih keseimbangan, meningkatkan daya tahan otot, dan memacu kinerja jantung dan paru. Sebagai olahraga tim, bermain basket sekaligus melatih kemampuan berkomunikasi dan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Hal-hal apa saja yang mempengaruhi tinggi badan?

Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi badan, mulai dari faktor yang tidak bisa Anda ubah sampai pada faktor yang bisa Anda perbaiki. Beberapa faktor yang bisa mempengaruhi tinggi badan Anda antara lain seperti berikut.

1. Genetik

Genetik adalah faktor utama yang bisa mempengaruhi tinggi badan Anda, yang mana berasal dari keturunan seorang individu yang tidak bisa diubah. Genetik lahir dari turunan kedua orang tua, ayah dan ibu. Jika kedua orangtua Anda mempunyai badan yang tinggi, maka lebih besar kesempatan Anda mempunyai badan yang tinggi juga.

2. Hormon

Hormon tertentu dalam badan dapat mempengaruhi perkembangan besar tubuh juga. Proses perkembangan tulang serta otot erat kaitannya dengan hormon perkembangan ataupun human growth hormone (HGH). Kenaikan natural hormon HGH dalam badan umumnya terjalin dikala sedang melaksanakan kegiatan, semacam ketika olahraga ataupun tidur. Kenaikan hormon terjalin pada masa anak-anak, menggapai puncak pada masa pubertas, serta terus menjadi menyusut setelah beranjak berusia. Kendala kandungan hormon perkembangan pada anak-anak dapat mempengaruhi besar tubuh, yang butuh pengobatan spesial untuk menanganinya.

READ  OPINI: Olahraga Harus Pakai Masker?

3. Nutrisi

Nutrisi yang Anda peroleh dari kecil ikut mempengaruhi perkembangan besar tubuh. Kurang terpenuhinya konsumsi nutrisi dapat menimbulkan perkembangan tulang terhambat. Kebalikannya, nutrisi yang lumayan semenjak kecil bisa menunjang perkembangan tulang, sehingga dapat menggapai besar tubuh yang maksimal. Sebagian nutrisi yang mempengaruhi perkembangan tulang, antara lain karbohidrat, lemak, protein, vit D, vit K, kalsium, fosfor, seng, magnesium, serta kromium. Selain itu dapat juga meningkatkan konsumsi santapan peningkat besar tubuh, semacam susu, telur, bayam, brokoli, serta kacang polong yang kaya isi nutrisi tersebut.

4. Olahraga

Usahakan untuk senantiasa teratur olahraga, apapun tipe olahraganya bisa dilakukan ketika masih muda sebelum perkembangan besar tubuh terhenti. Berolahraga merupakan salah satu metode untuk meningkatkan kandungan hormon HGH dalam badan. Tipe olahraga dengan keseriusan tertentu akan mempengaruhi jumlah kandungan hormon yang bertambah. Dapat juga memilih tipe olahraga dengan keseriusan besar, semacam sprint ataupun latihan interval untuk meningkatkan kandungan HGH dengan kilat. Berolahraga yang biasa dijalani tiap hari, semacam basket, voli, renang, yoga, serta kegiatan yang lain pula mempunyai khasiat yang sama.

5. Tidur

Hormon perkembangan yang menunjang perkembangan besar tubuh  banyak dilepaskan ketika sedang tidur nyenyak. Tidak heran, anak kecil memerlukan tidur lebih banyak daripada orang yang sudah berusia. Perihal ini sebab ketika tidur, badan anak akan melakukan proses perkembangan. Untuk anak muda ataupun orang berusia, mengistirahatkan tubuh ketika tidur bisa menjadi metode jitu meninggikan tubuh. Mempraktikkan sleep hygiene dapat meningkatkan mutu tidur, semacam mengurangi paparan sinar saat sebelum tidur. Selain itu, jauhi konsumsi kafein pada sore hari. 

Berdasarkan pada sebagian poin tersebut, basket tampaknya mempunyai khasiat berarti dalam menaikkan besar tubuh. Campuran antara gen, hormon, nutrisi, berolahraga, serta tidur yang baik dapat menciptakan perkembangan besar tubuh yang maksimal. Dilihat dari fakta yang ada, tidak cukup jika hanya bermain basket untuk tujuan meninggikan badan. Harus didominasi dengan faktor lainnya seperti nutrisi yang sehat, tidur yang cukup, dan hormon dari orang tua. Lalu, bagaimana nih Sobat Sport, tertarik untuk menaikkan tinggi badan dengan berolahraga sehat serta didukung dengan faktor yang kuat?

READ  Pro Kontra Standar Anthem Lagu yang Cocok untuk Sebuah Pertandingan
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait