Ada Barang Ada Harga, Kenapa Pakaian Olahraga Pricey?

Dipublikasikan oleh Olivia Annisa
Reading Time: 4 minutes

Sumber: Konveksia.com. Salah satu contoh pakaian olahraga.

Umpanbalik.id – Sobat Sport, pernah bertanya-tanya nggak? Kenapa harga setelan olahraga cukup mahal? Bukan sekadar menyangkut pautkan nama brand. Lebih dari itu, baju olahraga dirancang dengan sistematis hingga memperhatikan printilan kecil seperti pengaruh jenis material pakaian, pengaruh keketatan dan, bahan penyerap keringat.

Situasi di mana tubuh lebih banyak mengeluarkan cairan keringat dan menjadi lembab, hingga membuat badan mengalami penguapan dan pengembunan. Di situlah fungsi kegunaan pakaian olahraga menghalang penguapan dengan menjaga suhu tubuh agar tidak kehilangan panas tubuh melalui sirkulasi udara di dekat kulit. Jika salah memakai pakaian yang tak menyerap keringat, bukan hanya merasa tak nyaman tapi akan menyulitkan kamu untuk leluasa melakukan pergerakan.

sumber: Unsplash.com. Ilustrasi pakaian olahraga.

Dalam dunia industri pakaian, ada yang namanya permeabilitas udara dan uap air dari jenis pakaian yang menentukan kemampuan penguapan dalam pakaian sehari-hari ataupun pakaian olahraga. Permeabilitas udara membantu memudahkan udara melewati material kain yang menjadi faktor penentu apakah kain dapat dimasuki oleh perlawanan angin. Fungsi efektivitas  filter udara pada kain juga mempengaruhi kehangatan dan kesejukan kain. Sementara, permeabilitas uap air menentukan apakah kain dapat menyerap keringat. Pastinya saat berolahraga tubuh akan selalu bercucuran keringat. Untuk itu, setelan olahraga dengan efek menyerap keringat dapat menguntungkan penggunanya karena dapat menjaga core dan skin temperature lebih baik.

Tentunya Sobat Sport tidak mau kan ketika berolahraga atau saat melakukan banyak pergerakan malah mengalami Heat Strain, kondisi dimana jumlah keringat meningkat dari batas asupan air yang diminum selama tubuh terkena panas. Bahkan jika mengalami hal seperti ini saat berolahraga atau beraktivitas, dapat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh loh! Supaya meminimalisir terjadinya kondisi pengeluaran cairan berlebih, maka tubuh membutuhkan perbaikan terhadap lingkungan termasuk memilih jenis bahan pakaian yang dapat melindungi kulit dari lingkungan yang panas.

READ  Highlight Pertandingan Lorient Vs PSG Ligue 1 21/22 Match (1-1) - 23/12/2021

Mahalnya setelan baju olahraga atau perlengkapan olahraga lainnya ternyata ditentukan oleh bagaimana baju itu dirancang sedemikian rupa dengan memperhatikan jenis material pakaian. Bahan pakaian yang memiliki properti menyerap keringat dengan baik dan tetap menjaga kelembaban dari kulit dianggap nyaman untuk digunakan para atlet. Kamu pasti pernah liat pakaian para atlet cenderung ringan dan tipis serta tidak pernah dijumpai pakaian atlet dengan bahan serat sintetis. Menurut Jurnal Magister Teknik Industri, untuk mempertahankan keseimbangan termal pada tubuh maka ditentukan oleh sifat transfer uap dari pakaian dan lingkungan serta proses produksi panas metabolik. 

Seseorang yang berolahraga dengan intensitas latihan menyebabkan perbedaan efisiensi pembuangan panas tubuh, berbeda dengan orang-orang yang tidak banyak bergerak. Pakaian olahraga adalah alat pendukung yang patut diperhatikan kualitasnya. Saat melakukan aktivitas fisik berolahraga tentunya kita menginginkan kondisi nyaman pada sesuatu yang melekat dengan tubuh dan menyentuh kulit, pakaian dengan material khusus dapat menunjang aktivitas fisik pemakainya. Lantas jenis bahan pakaian seperti apa yang cocok dipakai saat berolahraga?

Sumber: i2.wp.com. Bahan kain yang cocok dengan pakaian olahraga.

1. Jenis Material Bahan Polyester Active Dry

Bahan Polyester Active Dry mampu menyerap keringat dengan baik, bahan kainnya mudah kering dan terasa dingin tentunya terasa nyaman untuk digunakan saat berolahraga. Umumnya jenis bahan pakaian polyester tidak dapat diaplikasikan pada pakaian olahraga sebab bahannya tak bisa efektif menyerap keringat. Namun dengan berkembangnya industri pakaian olahraga, bahan polyester dirancang menggunakan teknologi khusus kain sehingga didapatkan Polyester Active Dry. Dilansir dari website Knitto.co.id, Polyester Active Dry merupakan bahan kaos yang dibuat dari 100 persen serat polyester dan dibuat menggunakan teknologi khusus. Sehingga bahan ini dapat menyerap keringat dengan cepat, jenis material bahan ini kebanyakan digunakan pada pakaian bermerek Adidas dan Nike ataupun perlengkapan pakaian outdoor seperti merek Eiger dan Consina. 

READ  Pemain Berjuluk “Lord”, sebagai Pujian Atau Sebatas Sarkas Candaan

2. Jenis Material Bahan Cotton Combed 

Bahan Cotton Combed juga bagus digunakan sebagai bahan baju olahraga, karena jenis kainnya terbuat dari 100 persen serat Cotton. Jika digunakan, bahan ini terasa adem dan mampu menyerap keringat dengan baik. Jenis Combed 30s bisa jadi referensi bahan baju olahraga yang dapat diperhitungkan ketika membeli kaos olahraga. Bahannya yang lebih tipis dan pilihan warna yang cukup banyak menjadi keuntungan utama untuk bisa meningkatkan motivasi berolahraga.

3. Jenis Material Bahan Cotton Bamboo

Jenis bahan satu ini banyak digunakan untuk membuat baju olahraga dengan bahan premium. Jika kulitmu cukup sensitif, bahan ini dapat menjadi rekomendasi dalam membeli pakaian olahraga. Bahan Cotton Bamboo mengutamakan kenyamanan karena mempunyai kandungan anti bakteri pada serat kainnya. Sehingga, dapat menjaga elastisitas kulit dan menjaga kulit dari paparan bakteri serta iritas saat penggunanya menjalankan olahraga dengan intensitas tinggi dalam lingkungan terbuka. Menariknya, jenis bahan ini mampu menangkal bau-bau tak sedap yang berasal dari bakteri kulit dan tak kalah dengan jenis bahan lainnya Cotton Bamboo memiliki kemampuan menyerap keringat dengan sangat baik.

Selain memperhatikan perkakas dan kelengkapan berolahraga, pastikan selalu kondisi tubuh tetap nyaman dengan menggunakan kualitas yang terjamin. Bahan pakaian olahraga diatas bisa jadi rekomendasi untuk lebih cermat dalam membeli pakaian olahraga. Jangan hanya memperhatikan merek dan brand tertentu, perhitungkan juga apakah kualitas dan harga pakaian olahraga worth it untuk dibeli. Sekarang udah tahu kan alasan kenapa baju olahraga dijual cukup mahal. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat Sport dalam memilih bahan yang lebih tepat digunakan saat berolahraga ya!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait