Ryuji Utomo, Pesepakbola Nasional yang Menerapkan Sikap Profesional

Dipublikasikan oleh Muhammad Khoiruzzein
Reading Time: 4 minutes

Sumber : Instagram.com/ryujiutomo, Ryuji Utomo saat berlatih Bersama Persija

Umpanbalik.idRyuji Utomo mungkin sudah bisa disandingkan dengan Sergio Ramos atau Virgil Van Dijk dari segi profesionalitasnya. Pria kelahiran Jakarta ini sangat menjaga performanya baik didalam dan diluar lapangan.

Sekarang, siapa yang tidak mengenal pria satu ini? Ryuji Utomo merupakan salah satu pemain berlabel tim nasional Indonesia yang sedari kecil hobi dan cinta dengan sepakbola. Bagaimana tidak, ia memulai karir sepakbolanya dari bangku sekolah dasar dengan bergabung dengan akademi ASIOP di Jakarta. Ketekunan yang sudah ditanamkan dari kecil membawanya lolos seleksi Tim Nasional Indonesia U-14 untuk mengikuti kejuaraan pelajar yang diselenggarakan tahun 2008. Selanjutnya di tahun 2011, ia berkesempatan mengikuti program dan lolos SAD Uruguay dengan pemain-pemain Indonesia pilihan lainnya.

Selepas dari SAD Uruguay karirnya semakin meningkat. Selain bergabung dengan tim papan atas Liga Indonesia seperti Mitra Kukar, Arema FC, dan Persija Jakarta, Ryuji Utomo juga beberapa kali bergabung dengan tim-tim di luar negeri meski saat ini usianya masih tergolong muda. Beranjak menjadi pesepakbola professional, pemain yang mengidolakan Sergio Ramos ini memilih jalan yang berbeda untuk menjadi pemain sepakbola professional seutuhnya. Berikut merupakan empat hal yang dilakukan oleh Ryuji Utomo.

Berani Tutup Akun Media Sosial demi Tim Nasional Indonesia

Hal yang cukup menarik dan berbeda dilakukan oleh pemain yang satu ini. Pada Senin (17/5) kemarin, melalui akun sosial media Instagram pribadinya, Ryuji Utomo memutuskan untuk rehat dari semua kegiatan di sosial media pribadinya. Hal ini dilakukannya agar Ia dapat fokus membela Tim Nasional Indonesia yang akan melanjutkan perjalanannya di Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab.

READ  Tangisan Luis Suarez, Dibuang dan Mendulang

“Sehubungan dengan adanya kegiatan dengan Tim Nasional dalam beberapa waktu ke depan, saya pribadi memutuskan untuk rehat sejenak dari media sosial sampai berakhirnya event,” Jelas Ryuji Utomo di akun Instagram pribadinya @ryujiutomo

Sumber : Instagram.com/ryujiutomo, postingan Ryuji memutuskan untuk rehat dari medsos

Pelatih kepala Tim Nasional Indonesia bisa jadi senang dengan apa yang dilakukan oleh Ryuji Utomo ini. Shin Tae Yong yang memiliki kepribadian disiplin memang memiliki aturan ketat terkait penggunaan media sosial bagi para pemainnya. “Kami membatasi penggunaan media sosial agar pemain fokus berlatih dan tak terganggu fokusnya ke media sosial,” Ucap Shin Tae Yong pada Kanal Youtube PSSI.

Memperhatikan Nutrisi dengan Menjaga Pola Makan

Disaat beberapa pemain sepakbola Indonesia abai terhadap pola makan dan menjaga nutrisi hal yang berbanding terbalik dilakukan oleh Ryuji Utomo. Pemain yang memiliki badan kekar berotot ini sangat disiplin menjaga pola makannya. Seperti yang dilansir dari jawapos.com, untuk menjaga pola makan dan beralih ke makanan sehat itu bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan ketekunan yang luar biasa, karena ketekunan tersebut merupakan tanggung jawab sebagai pemain sepakbola professional. Bisa dikatakan bahwa Investasi seorang pemain sepakbola yaitu badan yang fit dan sehat saat bermain di lapangan dalam jangka yang panjang.

Sumber : Instagram.com/ryujiutomo, salah satu contoh makanan bergizi Ryuji Utomo

Ryuji Utomo juga tidak sungkan sungkan untuk membagikan asupan gizi yang ia konsumsi dan aktivitasnya sehari-hari dalam menjaga kebugaran. Hal ini bisa kita liat di beberapa post instastory Instagram miliknya. 

Konsisten dalam Berlatih dan Menjaga Pola Hidup Sehat

Ryuji Utomo merupakan salah satu dari beberapa pemain yang bisa dilihat perubahan pada bentuk badannya. Ryuji memang dikenal sebagai pemain yang sangat senang melatih fisiknya. Pada masa pandemi Covid-19 kemarin contohnya, mungkin bisa dibilang bahwa olahraga fisik menjadi makanan sehari-hari untuk Ryuji Utomo.

READ  Piala AFF 2020: Jumpa Tuan Rumah, Garuda Pantang Menyerah

Seperti yang bisa dilihat di akun Instagram pribadi Ryuji Utomo. Ia sering membagikan aktivitas sehari-harinya saat melakukan latihan fisik. “#dirokumaeh 1 month transformation,” tulis Ryuji Utomo dalam caption instagramnya dibarengi dengan foto badan kekar mirip binaragawan.

Sumber : Instagram.com/ryujiutomo, transformasi badan Ryuji Utomo setelah berlatih sebulan

Berani Keluar Zona Nyaman dengan Bermain di Luar Negeri

Tidak semua pemain hebat yang bermain di Liga Indonesia mau melanjutkan karirnya di Luar Negeri. Jauh dari keluarga, kendala bahasa, dan takut keluar dari zona nyaman merupakan alasan klasik pemain tidak mau berkarir di luar Indonesia. Terkecuali Ryuji Utomo. Sejak berusia 20 tahun ia sudah berani berkarir di Liga Bahrain Bersama klub Al- Najma.

Dilansir dari situs transfermarkt, Ryuji Utomo telah beberapa kali membela tim di luar Indonesia. Dimulai pada tahun 2015 ia mengawali karir di luar negeri Bersama Al-Najma di Liga Bahrain, kemudian dilanjut di tahun 2017 ia memutuskan pindah dari Arema FC ke PTT Rayong di Liga Thailand, dan yang terakhir saat ini ia bermain di Penang FA dengan status pinjaman dari Persija Jakarta.

Menjadi professional tidak hanya sekedar bermain di level nasional atau internasional. Ketekunan dan kedisiplinan menjaga karir baik didalam dan diluar lapangan menjadi salah satu kunci yang cukup krusial. Empat hal yang dilakukan Ryuji Utomo tersebut merupakan contoh dari banyak hal yang bisa dilakukan supaya karir menjadi optimal.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait