Jersey Sepakbola: Menyampingkan Tampilan “Elite” Demi Meraih “Profit”

Dipublikasikan oleh Muhammad Khoiruzzein
Reading Time: 4 minutes

Sumber: baliutd.com, Tampilan Jersey Bali United musim 2020

Umpanbalik.id – Sudah menjadi rahasia umum apabila sponsor yang menempel di jersey sepakbola merupakan ‘mesin’ uang bagi sebuah tim. Banyak tim yang menghidupi para pemainnya bergantung pada sponsor yang ada. Bisa kita lihat beberapa tim di Indonesia, sponsor yang menempel di jersey seolah menutupi corak keindahan dari jersey tersebut demi sebuah profit yang tentunya menguntungkan mereka.

Di Indonesia sendiri, sudah tidak asing dengan jersey sepakbola yang memiliki sponsor berderet-deret. Biasanya para suporter menyebutnya jersey balap yang dipakai untuk para pesepakbola. Dilansir dari bola.com, pada musim 2020 setidaknya ada 5 klub yang memiliki sponsor terbanyak yaitu Persiraja Banda Aceh, PSM Makassar, Persib Bandung, Bali United, dan juga PSS Sleman.

Dari kelima klub di atas, PSS Sleman dan juga Bali United yang memiliki sponsor paling banyak, PSS Sleman sebanyak 23 sponsor, dan bali United sebanyak 22 sponsor. Beda dengan PSS Sleman, berbeda pula dengan Bali United. PSS Sleman sebagai pemilik sponsor terbanyak lebih memilih menempatkan tiga sponsor utama di bagian depan jersey, sehingga kesan elegan dan keindahan jersey masih bisa dinikmati. Tetapi, Bali United memilih sebaliknya. Terdapat setidaknya  puluhan logo sponsor yang menempel, dengan rincian sembilan sponsor di bagian depan jersey, satu sponsor di lengan bagian depan, empat  sponsor di bagian belakang jersey. Tak hanya itu saja, Bali United juga memberi tempat untuk sponsor pada bagian celana sehingga menambah kesan iklan berjalan pada jerseynya.

Jersey Bali United (sebelah kiri) dengan jersey PSS Sleman (sebelah kanan)

Aturan Sponsor Jersey Liga Indonesia

Dengan beragamnya tampilan sponsor jersey di Liga Indonesia pastinya menimbulkan pertanyaan, “Adakah regulasi yang mengatur penempatan sponsor pada jersey?” Jawabannya pasti ada. Regulasi tentang sponsor ini terdapat dalam laman resmi PSSI dengan judul ‘Manual Liga 1’ yang diberlakukan untuk Liga 1 tahun 2017 lalu. Namun sayangnya, belum ada pembaruan terkini mengenai manual liga untuk musim 2021 mendatang.

READ  Belum Terkalahkan, Arema Bersanding dengan Klub Kelas Dunia

Dalam buku Manual Liga 1 tahun 2017 tentang perlengkapan tim (Team Kits), diatur mengenai penempatan promosi, pembagiannya sebagai berikut :

  • Horizontal/vertical di bagian dada: maksimal 200 cm2 (sentimeter persegi), dengan ketinggian teks/design maksimal 10 cm (untuk main/title sponsor).
  • Horizontal/vertical di bagian dada: maksimal 70 cm2 atau 50 cm2, dengan ketinggian teks/design maksimal 10 cm (untuk partner).
  • Di bagian lengan kiri: maksimal 50 cm2.
  • Di bagian punggung: maksimal 200 cm2 atau 20 cm2.

Sumber: Manual Liga 1 2017, Penempatan sponsor sesuai regulasi

Jika dilihat dari aturan di atas sebenarnya ada beberapa klub yang melanggar regulasi tersebut. Bali United adalah salah satu yang paling mencolok. Dengan menempatkan sembilan Sponsor di bagian depan jersey, menjadi abu-abu mana yang merupakan main sponsor atau sponsor utama dan mana yang menjadi partner karena ukuran yang hampir sama. 

Aturan Sponsor Jersey Federasi AFC

Asian Football Confederation (AFC) sebagai induk sepakbola di Kawasan Asia dan Australia sejatinya juga memiliki aturan tentang penempatan sponsor pada jersey sepakbola ini. Dilansir dari AFC Equipment Regulations (Edition 2020) yang diunggah langsung di laman resmi AFC the-afc.com, mengemukakan beberapa aturan-aturan terkait pemasangan sponsor di jersey tim. Antara lain :

  • Ukuran maksimal logo sponsor sebesar 200 cm2 dengan tinggi tidak lebih dari 10 cm.
  • Diperbolehkan untuk menambahkan logo charity atau lembaga amal di bagian belakang jersey dengan ketentuan terletak di bawah nameset maksimal ukuran 100cm2 , dan tinggi maksimal 7,5 cm.
  • Sponsor dilarang mengandung produk (rokok, judi, minuman keras, alkohol, SARA, dan apapun yang dilarang oleh UU di tempat laga berlangsung).
  • Tidak boleh ada sponsor di bagian celana, dan kaos kaki.

Sumber: AFC Equipment Regulations (Edition 2020), Regulasi penempatan sponsor jersey AFC

Memilih Tampilan ‘Elite’ atau Memperbanyak ‘Profit’

READ  Nadeo Argawinata: Kiper Timnas yang Sempat Dipandang Sebelah Mata

Jika dilihat sekilas, jersey dengan puluhan sponsor yang menempel di jersey memang tak sedap jika dilihat, unsur keindahan atau estetika dari jersey tersebut seakan hilang tenggelam oleh banyaknya sponsor yang ada. Melihat kembali ke regulasi AFC, penempatan sponsor di Liga Indonesia sejatinya sudah menyimpang dari aturannya. AFC saat ini hanya memperbolehkan satu sponsor saja di bagian depan jersey.

Tak bisa disalahkan semuanya, jika PSSI sebagai induk sepakbola Indonesia mengadopsi regulasi tersebut, maka PSSI lah yang akan mematikan klub tersebut karena memang sponsor telah yang menjadi salah satu pemasukan yang bisa dimaksimalkan oleh suatu klub. Oleh karena itu, PSSI dan PT LIB dituntut memiliki solusi yang tepat agar aturan tetap bisa dijalankan tanpa mematikan pemasukan dari klub.

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait