Sang Legend Sir Alex Ferguson dan Permen Karet Mahalnya

Dipublikasikan oleh Defrico Saputra
Reading Time: 3 minutes

Foto : Dikutip dari Thesun, Profil Sir Alex Ferguson

Umpanbalik.idAda apa dengan permen karet Sir Alex Ferguson? Jawabannya ada di Unique Habits dari Pelatih Manchester United yang bersejarah ini. Memulai karirnya sebagai pemain Skotlandia hingga menjadi pelatih kesayangan para pecinta MU, ternyata meninggalkan sebuah cerita berkesan dalam kehidupannya. Konon kabarnya,  ia memiliki kebiasaan mengunyah permen karet di setiap laga pertandingan Manchester United

Dalam laga pertandingan MU dan West Bromwich Albion pada 13 Mei 2013 di Stadion The Hawthorns dengan skor imbang 5-5, menjadi momen sejarah bagi permen karet nya tersebut. Rupanya, ada satu pendukung Manchester United yang berniat untuk memungut permen karet bekas kunyahan Sir Alex Ferguson. Baginya, permen karet tersebut sangat bernilai di mata pendukung MU itu sendiri. Uniknya lagi, Permen Karet tersebut dijual melalui situ eBay dengan judul produk “Permen karet bekas : RARE, diambil dari The Hawthorns.” Sudah dibersihkan dan diberi casing kayu barang dagangan tidak resmi, diklaim milik Sir Alex Ferguson.

Foto : Dikutip dari eBay, The last gum Sir Lex Ferguson

“Setelah 1.500 pertandingan mengunyah permen karet sebagai manajer Manchester United. Di sinilah bersemayam permen karet terakhirnya (sebelum pensiun). Semuanya akan disumbangkan untuk Yayasan MU.” demikian tertulis dalam akun ebay tersebut.  Yang lebih mencengangkan, gumpalan sisa permen karet tersebut laku terjual dengan harga mencapai setara Rp7,2 miliar.

Ferguson memang dikenal dengan kebiasaan mengunyah permen karet setiap kali memimpin skuat Man United dari bangku cadangan. Emosi sang arsitek tim tersebut bahkan bisa ditebak dari kecepatannya mengunyah permen karet. Semakin cepat mulutnya mengunyah, ia dinilai dalam kondisi kesal atau kecewa. Gestur tersebut kerap tampak ketika timnya kalah atau bisa juga ketika dalam masa-masa krusial skuatnya tengah tertekan dari tim lawan. Ini menandakan bahwa kita bisa melihat sendiri bagaimana ferguson dalam keadaan kesal hanya dengan ritme permen karet yang ia kunyah, menarik sekali ya Sobat Sport.

READ  Bingkisan Sepatu Edisi Khusus D’Angelo Russel, dari Li-Ning

Apakah seorang Fergie membeli sebuah permen karet nya sendiri? Tentu tidak. Untuk mempertahankan kebiasaan mengunyah permen karet, Fergie tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun. Wrigley, salah satu sponsor Liga Premier Inggris, menyediakan permen karet secara cuma-cuma alias gratis untuk dikunyah Fergie. Disinyalir, Fergie menyukai permen karet klasik Wrigley dengan rasa spearmintdoublemint, dan juicy fruit. Berdasar penelitian di Inggris, mengunyah permen karet bisa meningkatkan daya konsentrasi. Keberhasilan Fergie membesut United bisa jadi karena kebiasaannya yang selalu mengunyah permen karet di pinggir lapangan. 

Dikenal sebagai manajer jenius di dunia sepakbola, Fergie tampaknya tahu betul mengenai kegunaan permen karet yang ia kunyah. Diceritakan live science, sebuah permen karet ternyata memberikan banyak manfaat bagi sang pengunyah setia. Bagi yang belum tahu, gerakan mengunyah permen karet bisa membuat darah mengalir ke kepala, para peneliti pun juga menyarankan demikian. Meski efeknya hanya berlangsung beberapa menit, namun para ilmuwan tetap yakin bahwa permen karet bisa memberikan keuntungan dalam berbagai cara. 

Dikutip dari Jurnal tentang Permen Karet berserta Manfaatnya UB Permen karet sendiri juga mempunyai beberapa manfaat diantaranya, untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan kinerja otak. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan konsentrasi dan mempertajam memori. Mengunyah permen karet membantu seseorang untuk berkonsentrasi dalam waktu lebih lama dan mengingat sesuatu melalui rekaman memori visual dan audio (morgan, 2013). Selain meningkatkan daya ingat, mengunyah permen karet juga akan meningkatkan kewaspadaan. Mengunyah permen karet juga dapat menghilangkan stress dan rasa gelisah. Mengunyah permen karet dapat menurunkan kadar hormon pemicu stress, yaitu kortisol (Purwati, 2009). Permen karet juga mempunyai beberapa jenis. Jenis-jenis tersebut mempunyai karakteristik masing-masing. Misalnya permen karet jenis Gum Balls, permen karet jenis ini mempunyai bentuk seperti bola. Permen karet jenis ini di Britania Raya sering disebut sebagai Screwballs, seperti yang biasa terdapat di dasar es krim. Untuk itu, bisa saja Sir Alex Ferguson yang suka mengunyah permen karet, akan meningkatkan konsentrasinya dalam melatih Manchester United. Who Knows?

READ  Cedera Saat Berolahraga? Atasi dengan 7 Tips Sigap dan Tepat!
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait