5 Komunitas Olahraga Menarik di Malang, Dijamin Tak Bikin Bosan Berolahraga

Dipublikasikan oleh Olivia Annisa
Reading Time: 5 minutes

Umpanbalik.id – Jenuh dengan aktivitas olahraga yang itu-itu aja? Setelah jenuh akhirnya malah buat kamu jadi males-malesan olahraga. Kalau gitu Sobat Sport harus coba cari pengalaman baru dengan bergabung di salah satu komunitas olahraga unik ini, terutama buat kamu yang ada di Malang. 

Sobat Sport pasti sudah paham pentingnya olahraga bagi kesehatan tubuh. Menurut jurnal Universitas Negeri Padang, peran olahraga dalam menjaga kesehatan dan kebugaran bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmaninya. Kebugaran jasmani tidak hanya dibentuk dari olahraga fisik dengan intensitas yang tinggi. Olahraga yang membuat kita nyaman serta merasakan relaksasi juga dapat membantu meningkatkan kesegaran jasmani, tidak mudah cemas, dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Tentunya untuk mencapai kesehatan jasmani yang optimal perlu dilakukan olahraga yang sifatnya rutin dan intens. Biar nggak bosan sama olahraga yang itu-itu aja, ini dia lima komunitas olahraga di Malang yang unik dan menarik untuk dicoba:

1. Komunitas Freeletics Malang

source : mldspot.com para pengagas Freeletics Malang

Komunitas satu ini sering sekali melipir di Car Free Day Ijen Malang, freeletics merupakan olahraga yang dapat dilakukan tanpa peralatan. Olahraga ini seperti bauran antara workout dan cardio, gerakan-gerakan khusus di dalamnya seperti toning badan, memperkuat otot dan balance dijamin dapat menjaga kebugaran tubuh. Olahraga Freeletics dapat dilakukan dimanapun, biasanya Komunitas Freeletics selalu menghiasi jalan tengah Ijen dengan jumlah partisipasi anggota dan masyarakat yang cukup ramai.  Lewat dentuman musik yang asik dan berbaur di antara keramaian dijamin dapat meningkatkan motivasi dalam berolahraga.

Dikutip dari Mldspot.com, freeletics merupakan olahraga simpel tanpa alat yang hanya mengandalkan berat badan sebagai beban. Depri Satriawan, seorang penggagas komunitas ini ingin mengajak orang-orang untuk menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga tanpa harus khawatir dengan modal ataupun terpaku dengan olahraga yang itu-itu saja. Kalau pandemi sudah hilang, Sobat Sport wajib banget cobain olahraga satu ini dijamin menguras keringat di tengah hiruk pikuk CFD Malang.

READ  Starter Pack ala Anak Futsal

2. PlayOn Parkour Malang

source : facebook.com komunitas parkour dihiasi dengan segala usia

Bosan jogging ataupun gowes? Cobain deh olahraga penuh tantangan satu ini. Parkour merupakan olahraga yang berasal dari Perancis, teknik prakteknya mungkin tidak terlihat seperti berolahraga tetapi parkour juga termasuk olahraga dalam seni gerak. Namun memang sampai saat ini belum mempunyai kompetisi maupun kejuaraan tersendiri. Tapi yang pasti seni gerak olahraga satu ini nggak kalah seru dan cukup menantang, buat kamu yang senang dengan pengalaman baru wajib deh bergabung di PlayOn Parkour Malang.

Dilansir dari Zetizen.jawapos.com, komunitas satu ini terbentuk sejak 26 Desember 2005 dan menjadi komunitas parkour pertama yang ada di Indonesia. Sang penggagasnya Agus, terinspirasi dari film Yamakasi yang bercerita tentang parkour practitioners dari Perancis. Agus juga menambahkan bahwa parkour juga dapat menjadi referensi alternatif olahraga yang bermanfaat membentuk fisik dan juga mental. Rutinitas olahraga parkour tidak hanya lompat-lompat saja seperti yang dibayangkan orang-orang kebanyakan. Strechingnya bisa dibilang sangat komplek mulai dari spin, balance, hingga climbing. Saat ini PlayOn Parkour Malang beranggotakan 50 lebih anggota dengan rentang usia 14-18 tahun. Buat Sobat Sport yang pengin cari pengalaman dan bosan sama olahraga yang itu-itu aja, PlayOn Parkour Malang terbuka untuk siapapun.

3. Komunitas Skater Malang, Malang Skateboard Scene

source : pingpoint.co.id skater-skater Malang

Pengin tampil kece tapi tetap produktif berolahraga, olahraga satu ini cocok banget buat Sobat Sport. Bermula dari menampung para skater-skater berbakat terbentuklah MSS yang sukses eksis sampai saat ini. Seperti yang tertulis di ngalam.co, Malang Skateboard Scene dibangun sebagai sarana latihan untuk melatih kreatifitas dan mental para skateboarder Malang. Terbukti sampai saat ini MSS berhasil mengadakan event-event skateboard dengan kelas pemula, menengah, dan amatir. Misi dari komunitas ini adalah membawa skateboard Malang untuk masuk dalam daftar KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia). Olahraga satu ini dijamin seru untuk melatih ketekunan dan kreativitas kamu nih Sobat Sport!

READ  Sudirman Cup 2021: Pencetus Pertama, Indonesia Siap Meraih Piala Sudirman Kedua

4. Komunitas Panahan Mahameru Archery Club

source : malangmemanah.com aktivitas rutin berolahraga memanah

Mau menjalankan olahraga ala nabi? Dijamin bikin tubuh sehat dan barokah. Komunitas Panahan Mahameru Archery Club sangat aktif menyuarakan kehebatan anggota dan aktivitas rutin di Media Sosial. Lewat website resmi Malangmemanah.com, komunitas satu ini memberikan informasi lengkap tentang dampak baik dari belajar memanah dan terbuka bagi siapapun yang ingin rutin berolahraga memanah, tak hanya itu peralatan awal akan disediakan oleh kelompok komunitas satu ini. Dengan menjunjung sunnah islam tentang memanah Komunitas yang berlokasi di Saxofon ini aktif menjalankan agenda rutin bagi anggotanya. Olahraga memanah sendiri memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan tubuh, memfokuskan koordinasi mata dan tangan, mengasah konsentrasi dan fokus, melatih kesabaran dan mengurangi perilaku kompulsif bahkan sampai menghilangkan stress. Dari banyak manfaat itu, Sobat Sport nggak perlu ragu lagi untuk cobain olahraga memanah di Komunitas Panahan Mahameru Archery Club.

5. Komunitas RGO Malang

source : timeindonesia.co.id event marathon malang 29 Juli 2018

RGO merupakan singkatan dari Running Goal Oriented, yang artinya komunitas satu ini berfokus untuk menyuarakan kesehatan tubuh melalui olahraga lari. Komunitas RGO Malang diisi dengan banyak anggota yang bersama-sama melakukan olahraga berlari di waktu pagi hari. Dikutip dari Surabaya.tribunnews.com, Roy Wong mendirikan komunitas ini sebagai ungkapannya menyuarakan pentingnya hidup sehat dengan ditemani orang-orang baru dan relasi baru, bersenang-senang dengan berlari tanpa rasa bosan. Komunitas RGO Malang tidak hanya dilengkapi oleh atlet lari asal Malang tetapi juga terbuka untuk masyarakat umum yang menyadari pentingnya melakukan olahraga secara rutin. Beberapa dari anggota RGO juga tergabung dalam panitia Komunitas Lari Raya dan RGO sendiri juga banyak meluncurkan anggotanya untuk mengikuti event Marathon besar yang ada di Malang Raya. So, Sobat Sport yang butuh teman buat olahraga bareng boleh nih bergabung di Komunitas RGO Malang.

READ  Olahraga Ringan: Manfaat Rutin Jogging Pagi dan Malam Hari

Itu tadi lima olahraga unik dan menarik dijamin ga mudah bosan menjalankannya. Menurut Jurnal Penerapan Ipteks, olahraga secara rutin dilakukan bertujuan untuk mencapai daya tahan tubuh dengan rutin berolahraga secara teratur akan meningkatkan fungsi hormon. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak agar konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan semakin terasah. Efek baik dari olahraga juga dapat menjauhkan diri dari stress berlebihan. Penting banget untuk kita menemukan olahraga yang digemari, dengan begitu tak ada alasan untuk tak berolahraga. Selamat mencoba, Sobat Sport!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait