Makanan Berminyak Tak Senikmat Nutrisi yang Banyak

Dipublikasikan oleh Muhammad Khoiruzzein
Reading Time: 3 minutes

Sumber: Unsplash, nutrisi yang tepat sangat penting untuk para pemain sepakbola

Umpanbalik.id – Seorang CR7 mampu berlari 90 menit tanpa henti di lapangan. Apa rahasianya? Selain melatih fisik yang kuat, ternyata pesepakbola juga harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh setiap harinya. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, hingga mineral, semuanya harus dijaga seimbang. Oleh sebab itu, menu makanan pemain sepak bola tentu saja memiliki kekhususan, baik dari jenis makanan maupun porsinya.

Tetapi sayangnya, di Indonesia sendiri masih ada beberapa pemain bahkan klub yang abai terhadap pendekatan sport science utamanya dalam pemenuhan nutrisi. Penolakan dari mereka semata-mata dari apa yang terjadi di lapangan, selama masih bisa bermain dengan apik, bisa mencetak gol dan mendapat juara, maka pemenuhan nutrisi tersebut bisa dikesampingkan. Contoh kasusnya pada 24 Agustus tahun 2020 lalu. Pemain Bhayangkara FC sekaligus bek tim nasional ini membuat geger warganet karena mengunggah nasi bungkus dengan lauk mie goreng yang penuh dengan minyak, sambal dan juga kerupuk di fitur story Instagram. “Paporit. #yangpentinghalal #gituajakokrepot,” tulis Hansamu bersamaan dengan foto makanan tersebut.

Sumber : bolalob.com foto makanan yang diunggah oleh Hansamu Yama beberapa waktu lalu.

Tak hanya dari pemainnya saja, official team yang seharusnya dapat mengontrol apa yang dikonsumsi oleh pemainnya juga sering kali mengabaikan makanan dengan kandungan nutrisi yang dimakan oleh atlet tersebut. Contoh kasus lagi ada pada official team Tira Persikabo pada 2020 lalu. Petteri Pennanen yang merupakan legion asing milik Tira Persikabo mengaku kaget dengan sikap manajemen yang malah menyediakan makanan pizza untuk dikonsumsi pemainnya sebelum pertandingan.

READ  5 Komunitas Olahraga Menarik di Malang, Dijamin Tak Bikin Bosan Berolahraga

“Suatu saat kami protes tentang makanan. Kemudian, satu setengah jam sebelum bertanding, kami diberi dan diminta untuk makan pizza,” ujar Pennanen dilansir Bolasport.com

Seperti apa nutrisi yang tepat untuk pesepakbola?

Seperti yang ditulis oleh Gaung Perwira Yustika dalam jurnal  Peranan Karbohidrat dan Serat Pangan untuk Pemain Sepakbola bahwa Berdasarkan konsumsi total kalori, rekomendasi menyarankan persentase asupan makronutrien adalah 65% untuk karbohidrat, 15% untuk protein dan 20% untuk kebutuhan lemak. Karbohidrat tersebut bisa berupa gula, pati, dan serat yang dapat ditemukan di berbagai macam jenis makanan seperti buah-buahan, sayuran dan susu. Lebih baiknya lagi, sumber karbohidrat yang dikonsumsi adalah dari hasil alami yang tidak diolah terlebih dahulu seperti buah-buahan dan sayuran.

Sedangkan menurut penelitian oleh Galih Tri Legowo minuman isotonik diyakini sebagai minuman ideal bagi atlet olahraga. Perannya tidak hanya sebagai minuman biasa yang menggantikan cairan tubuh, tapi juga sekaligus sebagai pengganti elektrolit yang hilang bersama keringat dan penyuplai energi bagi aktivitas tubuh saat berolahraga.

Asosiasi Atletik Perguruan Tinggi Nasional di Amerika (NCAA) merilis 10 poin tentang asupan nutrisi seorang pesepakbola. Pertama, makan-makanan minim olahan, dengan membatasi makanan yang berbahan lemak trans seperti gorengan, kue, gula dan juga yang mengandung lemak jenuh seperti jeroan. Kedua, pilih buah-buahan dan sayuran yang bervariasi. Ketiga, perbanyak konsumsi protein tanpa lemak. Keempat, jangan salah untuk mengonsumsi lemak, pilih lemak sehat yang terdapat dalam minyak zaitun, ikan, alpukat, dll. Kelima, pilih karbohidrat dari gandum utuh yang kaya serat untuk menambah energi. Keenam, sarapan setiap hari dengan karbohidrat, protein dan cairan yang cukup. Ketujuh, wajib makan sebelum berlatih. Kedelapan, cukupi cairan dalam tubuh, untuk perempuan sebanyak 2,7 liter, sedangkan laki-laki sebanyak 3,7 liter. Kesembilan, pakai masa pemulihan dengan mengonsumsi karbohidrat dan protein. Terakhir, tidur selama 6 sampai 8 jam untuk pemulihan tenaga seutuhnya.

READ  6 Olahraga Ringan Saat Bulan Puasa

Pentingnya Edukasi Tentang Pemenuhan Nutrisi

Menganggap remeh tentang pemenuhan nutrisi untuk pesepakbola ini harus dikesampingkan. Cara pandang seperti ini sebenarnya sudah sangat tertinggal jika dibandingkan dengan sepakbola di Benua Eropa sana. Para atlet menganggap asupan nutrisi yang tepat sebagai kunci sebuah karir jangka panjang yang bagus bukan hanya untuk bermain gemilang selama 90 menit saja. 

Lihat saja seorang Cristiano Ronaldo. Dengan usia 36 Tahun, ia masih tampil menjadi andalan tim di kompetisi liga teratas di Italia. Cristiano Ronaldo dikenal sebagai pemain yang sangat disiplin dalam hal makanan. Ia hanya mengonsumsi karbohidrat dari biji-bijian, buah, sayur dan yang paling penting yaitu menghindari gula. Betul saja, ini menjadi bukti yang sah sehingga Cristiano Ronaldo memiliki stamina dan karir yang panjang.

Pemahaman tentang pentingnya asupan nutrisi ini hendaknya sudah diedukasi sedini mungkin. Di Indonesia sendiri, ini masih tetap menjadi pekerjaan rumah, yang harus diselesaikan tidak hanya untuk pesepakbola saja tetapi pihak klub yang juga harus memberi pemahaman dengan mendatangkan ahli nutrisi dan juga mengatur pola makanan para pemainnya. Hal ini tentu dilakukan agar para pemain muda Indonesia memiliki daya tahan tubuh yang tinggi serta memiliki jenjang karir yang bagus dengan tidak hanya bergantung pada fisik yang kuat.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait