Selebrasi: Gol untuk Lawan, Sujud untuk Tuhan

Dipublikasikan oleh Ulfah Hasanah
Reading Time: 4 minutes

Umpanbalik.id – Selebrasi di lapangan hijau bisa dibilang sebagai identitas seorang pemain di lapangan dan menjadi ritual wajib bagi para pemain sepak bola untuk merayakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang lawan. Dengan berselebrasi, para pemain mengungkapkan emosional kegembiraan mereka dengan cara yang berbeda-beda. 

Selebrasi bisa dibilang sebagai komunikasi nonverbal, seperti di dalam jurnal Universitas Pasundan Bandung, mengatakan komunikasi nonverbal dapat berupa bahasa tubuh, tanda, tindakan atau perbuatan dan yang terakhir yaitu objek. Mark Knapp dalam jurnal Universitas Komputer Indonesia juga menyebutkan bahwa komunikasi nonverbal memiliki fungsi, salah satu fungsi komunikasi non verbal adalah menunjukkan perasaan dan emosi yang tidak bisa diutarakan dengan sebuah kata-kata, sama dengan halnya selebrasi yang diutarakan tetapi tidak melalui kata-kata tetapi menggunakan bahasa tubuhnya.

Source: tribunnews.com, M Salah dan Sadio Mane sujud syukur bersama

Dalam lapangan hijau ada sebuah fenomena menarik di mana seorang pemain melakukan selebrasi mencium rumput stadion atau bersujud di tepi lapangan setelah berhasil memasukkan bola ke gawang lawan. Fenomena tersebut bisa dibilang sebuah simbol keyakinan seseorang akan keyakinan agamanya. Dalam jurnal Ilmu komunikasi, beragama secara instan cukup dengan mengkonsumsi simbol religius dan mempraktekkan simbol keagamaan tersebut, yang mana sesuatu religius pasti selalu dikaitkan dengan agama. Seseorang bisa dibilang religius jika dalam kehidupan sehari-harinya selalu mempraktekkan bentuk ritual, ketaatan, keyakinan tentang ajaran agama yang dianutnya. 

Apabila kita kaitkan dengan agama, sujud selalu identik dengan agama Islam. Dikutip dalam republika.co.id, menurut pakar tafsir Al-Ashfahani sujud bermakna merendahkan dan menghambakan diri kepada Allah. Sujud hanya boleh dilakukan kecuali hanya kepada Allah SWT semata. 

READ  5 Penjaga Gawang Dadakan Penghalau Terakhir Serangan Lawan

Fenomena sujud di lapangan bisa di bilang rasa syukur dan terima kasih pemain tersebut kepada Allah SWT karena mendapatkan kesenangan berupa keberhasilan dalam memasukkan bola ke gawang lawan.

Dikutip dari Kaskus.co.id berikut adalah beberapa pemain top sepak bola dunia yang mengungkapkan perasaan terima kasihnya dengan melakukan selebrasi sujud syukur:

1. Paul Pogba

Source: Kaskus.co.id, sujud syukur paul pogba pada pertandingan manchester united vs fulham.

Paul Pogba pemain Manchester United dan tim nasional Prancis ini memang terkenal sebagai seorang muslim yang taat. Paul melakukan selebrasi sujud syukur saat dia membela Manchester United melawan Fulham. Pada pertandingan tersebut Paul Pogba berhasil mencetak gol dari titik penalti dan sekaligus membawa timnya Manchester United menang 3-0 atas Fulham.

2. Mohamed Salah

Source: Kaskus.co.id, M Salah sujud syukur dilapangan

Siapa yang tidak tahu dengan pemain yang satu ini, Mohamed Salah merupakan pemain kelahiran Mesir yang termasuk salah satu nominator pemain terbaik dunia. Saat ini dia bermain untuk Liverpool, Mohamed Salah memang dikenal dengan selebrasi sujud syukur ketika mencetak gol. Ia juga merupakan salah satu di antara para pemain bola yang tidak sungkan menunjukkan identitasnya sebagai seorang muslim yang taat. Dikutip dalam okebola, “Selebrasi sujud yang saya lakukan merupakan bentuk doa atau ucapan terima kasih kepada Tuhan atas apa yang telah saya raih. Saya telah melakukan selebrasi ini sejak lama, dan dimanapun saya bermain,” ungkap pemain Liverpool ini. Dikutip dari bolasport.com, sosok Mohamed Salah berhasil menjadi ikon muslim yang berpengaruh di Inggris. Ia mampu meningkatkan jumlah jamaah masjid di Inggris semenjak dia bermain untuk Liverpool 2017 lalu. Hingga saat ini Mohamed Salah sedang berjuang untuk membantu Liverpool menjadi juara di liga Inggris dan liga Champion.

READ  BAD SPORT: Dokumenter Netflix, Mengungkap Misteri Gelap Dunia Olahraga

3. Sadio Mane

Source: kaskus.co.id, Mane sujud syukur setelah mencetak gol

Sadio Mane, pria kelahiran Senegal ini juga merupakan salah satu pemain Liverpool yang sering melakukan selebrasi dengan sujud syukur. Seorang pemain tim nasional asal Senegal ini memang terkenal dengan kepribadian yang rendah hati dan religius. Dikutip dari tribunnews.com, pelatih Liverpool Juergen Klopp mengungkap kebiasaan Sadio Mane dan Mohamed Salah berwudhu terlebih dahulu sebelum berlaga. Hal ini termasuk simbol kereligiusan seorang muslim yang taat dengan agamanya.

4. Demba Ba

Source: Republika.co.id, Demba Ba selebrasi sujud saat menjadi penyerang Chelsea

Demba Ba pemain yang juga berasal dari Senegal ini, pernah melakukan selebrasi sujud syukur usai mencetak gol. Gaya itu terus dia praktekan dimanapun dia bermain, hal itu juga termasuk salah satu simbol kereligiusan seorang muslim untuk berterima kasih atas apa yang telah diraih. 

Itulah beberapa pesepak bola dunia yang merayakan keberhasilannya dengan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya dengan cara sujud syukur di lapangan. Kalah ataupun menang merupakan hal yang biasa dalam pertandingan. Namun, suatu pencapaian dan keberhasilan harus selalu disyukuri  bagaimanapun caranya. 

 

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait