Meditasi Mindfulness dalam Olahraga, Badan Sehat Mental Tetap Terjaga

Dipublikasikan oleh Olivia Annisa
Reading Time: 3 minutes

Source: Unsplash.com, olahraga sekaligus bermeditasi membantu merelaksasikan tubuh secara optimal

Umpanbalik.idPola hidup sehat tidak hanya terukur dari asupan gizi pada makanan atau rutin menjalankan olahraga saja. Keseimbangan dalam menerapkan perilaku hidup sehat memiliki realitas yang kompleks dan syarat dengan penuh ketekunan. Fakta bahwa anak muda mengabaikan pola hidup sehatnya terdampak dari banyak macam faktor seperti lingkungan sosial, psikologis, dan ketidakseimbangan antara aktivitas dan kapasitas tubuh.

Pola hidup yang terforsir dan menganut aktivitas hustle culture menjadikan anak muda berpacu dalam dunia yang seakan-akan mengesampingkan kesehatan mental dan fisiknya. Dilansir dari kompas.com survei yang dikemukakan oleh Harvard Business School, sebanyak 98 persen pekerja profesional menghabiskan waktunya  dengan bekerja hingga 50 sampai 65 jam perminggu. Hal itu berupa aktivitas tanpa jeda dan berpaku terhadap alat teknologi secara terus menerus sampai jarang melakukan peregangan. 

Tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik namun juga berdampak pada kesehatan mental dan kebahagiaan secara menyeluruh di kehidupan. Akibatnya munculah stress yang menumpuk dan berakhir mengganggu metabolisme tubuh. Menjalankan olahraga secara rutin merupakan jalan keluar dari pola hidup yang kurang sehat. Namun, kamu harus tahu manfaat melakukan meditasi dalam olahraga. Meditasi menjadi salah satu cara ampuh yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan fisik secara menyeluruh. Meditasi dapat membantu peran tubuh dalam merespon saraf fisik dan kinerja sistem tubuh.

Dikutip dari Halodoc.com, meditasi dapat membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan, menurunkan tekanan darah, dan membantu pemulihan akibat cedera maupun trauma. Sehabis melakukan olahraga dengan intens, cobalah untuk mengembalikan tubuh ke posisi ternyaman dan bermeditasi fokus dengan diri sendiri. Tak ayal aktivitas ini dapat mengurangi stress pada sendi dan ototmu. 

READ  Terinspirasi dari Jurassic Park, Reebok Tampil Bertema Dinosaurus

Dalam dunia olahraga, para atlet membutuhkan waktu untuk merelaksasikan tubuh dan pikirannya. Hal ini dilakukan untuk memperkuat stamina dan mengasah kefokusannya dalam perlombaan. Menurut studi Jurnal Psikologi tentang pentingnya meditasi untuk seorang atlet, menjelaskan bahwa para atlet cabang olahraga menembak cenderung merasakan kecemasan. Sehingga para atlet ini harus sepenuhnya mampu berkonsentrasi dan mengatur nafas agar menghasilkan bidikan yang tepat. Untuk itu, meditasi selalu dipergunakan oleh banyak atlet sebelum berlaga. Sebenarnya tidak hanya cabang olahraga menembak, banyak atlet umumnya memiliki perasaan cemas yang mempengaruhi aspek mental dan psikis.

Faktor yang menyebabkan kecemasan atlet maupun seorang individu bermunculan dari faktor situasional dan faktor individual. Ekspektasi dan ketidakpastian mempengaruhi faktor situasional, penerimaan diri serta gangguan kecemasan mempengaruhi faktor individual. Salah satu cara menangani situasi seperti ini adalah dengan relaksasi dan melatih diri rutin berolahraga sambil bermeditasi. 

Menurut Jurnal Jasmani dan Reakreasi, konsentrasi sangat erat dengan kondisi pikiran manusia. Untuk menjaga kefokusan seorang atlet biasanya menggunakan metode meditasi. Meditasi merupakan latihan olah jiwa yang dapat menyeimbangkan kondisi fisik dan emosional para atlet. Hasil penelitian yang dilansir dari beritagar.id, menunjukkan bahwa meditasi mindfulness mengurangi stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kadar telomerase. Psikologis yang berkaitan dengan meditasi mindfulness dalam olahraga juga memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja daya tahan tubuh. Menggabungkan olahraga dengan meditasi mindfulness dapat membantu seseorang memperoleh efek kesehatan yang yang lebih unggul.

Meditasi mindfulness bertujuan untuk merelaksasikan tubuh dan pikiran, mengabaikan sejenak hiruk pikuk dunia, dan aktivitas di luar. Mencoba mengembalikan posisi tubuh untuk semakin mengenal diri agar kembali fokus dan meningkatkan kepekaan. Untuk itu kesehatan tidak hanya dapat dimengerti dari pola makanan dan rutin berolahraga saja. Lalu bagaimana sih caranya melakukan meditasi mindfulness ketika berolahraga?

Source: Unsplash.com, meditasi bisa kamu terapkan dalam olahraga yoga, workout maupun cardio dengan intensitas rendah dan tinggi

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam melatih diri untuk rutin berolahraga sambil menerapkan metode meditasi mindfulness. Umumnya untuk melatih kefokusan, meditasi diterapkan pada olahraga ringan. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa meditasi bisa dilakukan dengan olahraga berat seperti menggiring sepak bola. Bagi kamu sang pemula, kamu bisa menerapkan meditasi mindfulness dalam olahraga yoga, cardio dengan intensitas tinggi, maupun jogging biasa. Penting untuk memperhatikan metode meditasi dalam berolahraga seperti:

READ  Tren Olahraga Urbanisasi: Alasan Penambahan Olahraga Baru di Olimpiade Tokyo 2020

1. Bermeditasilah dan lakukan olahraga pada waktu yang tepat

Melakukan olahraga di waktu tertentu dapat meningkatkan mood seseorang, misalnya olahraga sambil bermeditasi di subuh hari sangat berpotensi untuk merelaksasikan tubuh dan bisa menjadi alternatif healing.

2. Cari tempat yang nyaman untuk berolahraga sambil bermeditasi

Tempat yang tenang dan nyaman dapat menjadi faktor utama untuk melatih kefokusanmu ketika berolahraga sambil bermeditasi.

3. Fokuskan pada pikiran dan atur pernapasan

Ketika melakukan olahraga penting untuk memperhatikan ritme pernapasan dan juga fokuskan pikiran agar meditasimu lebih optimal.

Manfaat meditasi mindfulness bisa Sobat Sport terapkan di keseharian dengan berbagai aktivitas, salah satunya aktivitas olahraga. Selain meningkatkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga kamu juga dapat melatih kesehatan mental dan semakin mengenal diri lewat meditasi mindfulness. Selamat mencoba!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait