Aktivitas Produktif, Bukan Alasan Olahraga Jadi Sekadar Fiktif

Dipublikasikan oleh Anneke Puteri
Reading Time: 4 minutes

source: Unsplash by Christopher Campbell, ilustrasi perempuan sedang olahraga

Umpanbalik.idMalas. Alasan klasik yang kerap jadi bumerang untuk diri sendiri. Walau sudah tahu akibatnya, tapi masih sering menyepelekannya. Padatnya aktivitas sering jadi alasan untuk bermalas-malasan melakukan olahraga. Padahal, olahraga wajib dilakukan karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Apalagi untuk seseorang yang sibuk beraktivitas, justru menyisipkan olahraga di sela kegiatan adalah hal rutin yang harus dilakukan. Olahraga bisa menjadi solusi agar suasana hati tetap tenang, tubuh bugar, menyegarkan pikiran, dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Karena sibuk beraktivitas atau bekerja, tingkat stress atau jenuh dapat meningkat lebih tinggi akibat kegiatan rutin yang dilakukan. Berdasarkan jurnal ilmu dan teknologi kesehatan, olahraga yang baik dapat mengurangi stress karena dapat merangsang hormon feel good, yang bernama endorphin. Hormon ini akan mengurangi rasa sakit, memberi rasa tenang, dan meredakan ketegangan. Endorphin yang dihasilkan ketika berolahraga akan membuat emosi jiwa yang lebih stabil. Jika seseorang jarang melakukan olahraga, maka tingkat stresnya akan bertambah sejalan dengan meningkatnya hormon stress bernama kortisol. 

Masih dalam jurnal yang sama, penelitian dari Journal of Abnormal Psychology juga mengatakan bahwa porsi yang lebih tinggi pada partisipasi olahraga dan aktivitas fisik, juga akan membantu mengurangi tingkat depresi. Jadi, sudah tidak ada alasan lagi yang bisa melancarkan aksi malas untuk berolahraga. Bagaimana cara untuk mengatur jadwal olahraga walaupun sibuk? 

Ini tips yang bisa kamu terapkan untuk memulai olahraga jadi bagian dalam kegiatan rutin.

Tips Mengatur Waktu Olahraga Meski Sibuk

1. Bangun lebih awal

Pagi hari merupakan awal yang tepat untuk melakukan olahraga. Luangkan waktu sejenak untuk olahraga setelah bangun tidur. Namun, disarankan jangan langsung melakukan gerakan inti olahraga. Awali dengan minum air putih, kemudian lanjut melakukan peregangan atau pemanasan. 

READ  Menjelajah Stereotip Minoritas ‘Black People Don’t Swim’

Dikutip dari CNN Indonesia, ketika berolahraga lebih awal, maka akan menambah energi sepanjang hari. Selain itu bisa sekaligus meningkatkan fokus dan konsentrasi ketika bekerja. Berdasarkan studi dari British Journal of Sports Medicine 2019, olahraga pagi bisa meningkatkan visual, daya tangkap, serta pengambilan keputusan yang lebih maksimal.

2. Memakai aplikasi olahraga

Saat ini, kemudahan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mengatur segala hal yang kita butuhkan. Memakai aplikasi olahraga bisa membantu untuk memantau kegiatan olahraga yang telah dilakukan atau memberi saran tentang olahraga apa yang baik untuk dilakukan kedepannya. Dilansir dari Uptown, sebuah penelitian pada tahun 2015 membuktikan bahwa aplikasi olahraga dapat meningkatkan minat olahraga terlebih dengan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya.

3. Pasang Target dan Tetap Realistis

Olahraga secara rutin dapat mudah dilakukan ketika kita memiliki target. Misalnya, pasang target untuk berkomitmen olahraga pagi selama tiga kali seminggu. Atau target dalam hal jarak, seperti harus berlari sebanyak 20 kilometer dalam seminggu. Namun perlu diperhatikan bahwa target yang direncanakan harus tetap realistis dan tidak terlalu memaksakan diri. Memahami kondisi tubuh sendiri sangat diperlukan ketika berolahraga.

Olahraga Ringan yang Cocok untuk Orang Sibuk

1. Lari atau Jogging

Olahraga lari atau jogging merupakan olahraga yang paling ringan sekaligus sederhana karena tidak membutuhkan banyak effort atau alat khusus. Berlari bisa dilakukan di mana saja dengan waktu yang bebas. Lari atau jogging ini merupakan olahraga kardio yang baik untuk kesehatan jantung dan kebugaran tubuh.

2. Plank

Plank adalah olahraga sederhana yang melibatkan banyak otot tubuh dalam sekali gerakan. Latihan plank ini sangat cocok untuk dilakukan bagi orang-orang sibuk yang sulit untuk mencuri waktu di sela padatnya kegiatan. Dengan melakukan plank, maka akan membakar kalori yang ada di tubuh.

READ  Tangisan Luis Suarez, Dibuang dan Mendulang

3. Squats

Squat bisa dijadikan pilihan sebagai olahraga ringan karena gerakannya yang sangat mudah dilakukan. Dikutip dari Halodoc, gerakan squat bisa dikombinasikan dengan lunge. Lunge merupakan gerakan menekuk lutut ke depan, sementara kaki lainnya di posisi belakang. Selain bisa membakar lemak, squat juga bisa berfungsi untuk melatih otot kaki, mengencangkan bokong, menurunkan berat badan, dan menguatkan sendi pergelangan otot kaki.

4. Chair Dips

Jika kamu ingin mengencangkan otot lengan, maka chair dips bisa diterapkan sebagai olahraga ringan di sela kesibukan. Dengan modal sebuah kursi, letakkan tangan pada sisi atau tepi kursi lalu posisikan kaki di depan. Cara melakukannya adalah angkat tubuh ke atas dan ke bawah, lalu ulangi posisi ini selama 10 kali. 

5. Jalan Kaki

Bagi para pekerja kantoran atau orang-orang yang sibuk, berjalan kaki bisa jadi alternatif olahraga yang bisa dimanfaatkan. Jika badan sudah dirasa cukup lelah, berjalan sejenak di luar dapat membantu tubuh menjadi lebih rilex sambil menyegarkan pikiran. Bahkan menurut kolaborasi peneliti dari University of Sydney, Cambridge, Edinburgh, Ulster, dan Limerick, yang dikutip dari Halodoc, seseorang yang sering berjalan dengan kecepatan tinggi, memiliki penurunan risiko kematian sampai 53 persen. 

Nah, tidak sulit bukan meluangkan waktu untuk berolahraga? Bermacam alasan seperti malas, sibuk, atau dikejar deadline tidak lagi menjadi halangan untuk berolahraga. Nyatanya, kesadaran diri sendiri lah yang bisa membantu agar lebih sehat. Tubuh yang fit tentu akan membuat pekerjaan lainnya semakin nyaman untuk dilakukan.

Tapi ternyata masih ada lho mitos-mitos olahraga yang masih sering kita anggap benar. Apa saja, ya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait