Makna Selebrasi Para Bintang Sepakbola Dunia

Dipublikasikan oleh Ulfah Hasanah
Reading Time: 4 minutes

Source: Kumparan.com, selebrasi para pemain Juventus FC

Umpanbalik.idKetika sedang menonton pertandingan sepak bola, hal yang paling ditunggu-tunggu pastinya selebrasi. Selebrasi sebuah pencapaian ketika mencetak gol sudah sangat biasa di kalangan pemain sepak bola. Perayaan ketika mencetak gol bisa dibilang sebagai ritual yang wajib dilakukan ketika pertandingan sepak bola telah selesai. 

Selebrasi bukan sebagai perayaan atas pencapaian saja, tetapi saat ini telah menjadi identitas seorang pemain sepak bola yang bertarung di lapangan. Selebrasi juga merupakan ungkapan isi hati sang pemain di mana para pemain membawa energi yang mereka rasakan di luar lapangan ke dalam pertandingan. Bisa dibilang, selebrasi sebagai komunikasi nonverbal di mana dalam jurnal Universitas Kristen Satya Wagana mengatakan pesan nonverbal yang dibungkus dalam gerakan tubuh yang bisa dimaknai. Jadi, para pemain mengungkapkan perasaan senang dengan melakukan selebrasi, tetapi setiap selebrasi yang ditunggu tentu memiliki arti tersendiri.  

Sedangkan dalam jurnal yang berjudul Representasi anti rasisme dalam sepak bola Eropa mengatakan selebrasi dalam pertandingan sepak bola kini tidak lagi bicara mengenai ungkapan kegembiraan pemain setelah berhasil mencetak gol ke gawang lawannya, namun saat ini selebrasi dalam sepak bola sudah memasuki lingkup yang luas. Di mana selebrasi dapat digunakan untuk menyampaikan pesan pribadi dari pemain. Pesan tersebut bisa berbau politik hingga pesan yang berbau rasis. Perbedaan ras, suku, bangsa antar pemain dalam liga bisa menjadi arti dasar dari tindakan selebrasi mereka.

Source: Tempo.co, Ronaldo melakukan selebrasi “Sii” setelah mencetak goal

Dikutip dari Brilio.net, berikut makna unik selebrasi paling terkenal pada saat ini:

Selebrasi Cristiano Ronaldo 

Selebrasi tersebut bernama selebrasi “sii” yang merupakan salah satu selebrasi ikonik dari Ronaldo. Ronaldo akan berlari ke sudut lapangan, melompat dan berputar 180 derajat serta mendaratkan dengan kedua kaki terbuka seakan-akan seperti Elang. Makna dari selebrasi ini merupakan simbol kekuatan seorang Ronaldo dan kehadirannya di lapangan, dia juga ingin menunjukkan kepada semua orang bahwa dialah yang terbaik. 

READ  Ada Barang Ada Harga, Kenapa Pakaian Olahraga Pricey?

Selebrasi Antoine Griezmann

Pada tahun 2016 di Prancis, Antonie menunjukkan selebrasi yang sangat unik dan ternyata gerakan unik tersebut dia tiru melalui sebuah video klip lagu yang berjudul Hotline Bling dari Drake, salah satu rap terkemuka di dunia yang juga terkenal dengan tariannya. 

Selebrasi Gareth Bale

Bale mematenkan sebuah gaya selebrasi golnya, yaitu dengan membentuk hati dengan jari jempol dan telunjuk kedua tangannya yang diabadikan untuk kekasihnya. 

Selebrasi Bebeto

Bebeto mengayunkan kedua tangannya dengan ekspresi tersenyum gembira. Makna dari selebrasi tersebut menandakan saat itu Bebeto sedang diliputi dengan perasaan bahagia. Putra ketiga Bebeto lahir ke dunia. Sang penyerang tak bisa menemani istri melewati persalinan. Bebeto mempersembahkan gol yang ia cetak ke gawang Belanda untuk kelahiran putra ketiganya.

Selebrasi Francesco Totti

Mempunyai selebrasi khas dengan menghisap ibu jarinya setelah berhasil merobek jala lawan. Ternyata, hal itu merupakan ucapan rasa syukur sang pangeran Roma terhadap istrinya. Dalam selebrasi menghisap ibu jari, Totti menggunakan pesan gestural ke publik. Pesan gestural yang terlihat adalah Totti menghisap ibu jarinya. Totti bersyukur dan berterimakasih karena sang istri dapat memberikan anak padanya dan sekaligus menjadikan Totti seorang ayah. Dirinya merasa terhormat bisa menjadi istri sekaligus ayah bagi anak-anaknya.

Selebrasi Lionel Messi

Messi kerap kali memperhatikan selebrasi menunjuk ke arah langit, ternyata selebrasi yang dia lakukan untuk mengingat sang nenek dan berharap sang nenek bisa melihat dia sebagai salah satu pemain terbaik saat ini dan bahkan sepanjang sejarah.

Source: Okezone.com, selebrasi kontroversial Mario Balotelli yang melihatkan kaosnya yang bertuliskan “Why Always Me”

Selain itu dalam jurnal Universitas Kristen Satya Wagana mengatakan banyak gerakan selebrasi pemain dari Liga Inggris yang menghibur penonton saat pertandingan, tetapi ada juga pemain yang melakukan selebrasi yang kontroversial. 

READ  Persik Kediri Butuh Amunisi Pemain Baru

Dikutip dari Bola.com, berikut selebrasi gol kontroversial dalam sepak bola:

Selebrasi Mario Balotelli

Saat memperkuat klub Manchester City, Mario berhasil membuat timnya unggul dalam satu laga. Mario berselebrasi dengan memperlihatkan kaos dalaman yang bertuliskan “Why Always Me”. Hal itu dilakukan Mario karena besarnya tekanan yang diterima dari publik maupun media Inggris sehubung dengan aksi kontroversialnya.

Selebrasi Robbie Fowler

Pada tahun 1999 Robbie pernah melakukan selebrasi yang sangat kontroversial di mana dia mencetak gol dan berlari ke tepi garis gawang kemudian menjatuhkan kedua lututnya sambil bersujud menggerakkan hidungnya ke garis seolah-olah sedang menghirup narkoba jenis kokain. Selebrasi tersebut jadi sindiran kepada para suporter yang kerap menuduhnya mengkonsumsi obat-obatan terlarang. 

Selebrasi Nicklas Bendtner

Selebrasi yang dilakukan Nicklas ini berujung dengan denda hingga Rp 1,5 miliar dan larangan untuk bertanding satu laga, selebrasi itu adalah selebrasi yang dia lakukan pada Piala Eropa tahun 2012 di mana dia mencetak dua gol dan membuka jersey-nya kemudian menunjukkan celana dalamnya yang membuat sponsor rumah judi. 

Selebrasi Giorgos Katidis

Pada musim 2013 setelah Katidis mencetak gol di gawang Veria dia melakukan selebrasi penghormatan ala Nazi. Aksi selebrasinya tersebut adalah sebuah provokasi berat di mana itu bisa jadi penghinaan berat terhadap korban kekejaman Nazi. Karena selebrasinya tersebut, dia dilarang bermain untuk timnya selama musim itu. Tidak hanya itu saja, berkat selebrasinya tersebut Katidis tidak diperbolehkan untuk memperkuat Timnas Yunani seumur hidupnya. 

Nah, Sobat Sport itu tadi makna selebrasi dari para pemain bola dunia, selebrasi sebagai satu-satunya media luapan isi hati para pemain kepada pubik. Baik berupa ungkapan kegembiraan, rasa syukur, emosi, kritik bahkan kesedihan yang bermakna positif ataupun negatif. Selebrasi sah-sah saja dilakukan oleh para pemain, akan tetapi jangan sampai selebrasi tersebut menimbulkan dampak negatif di kalangan masyarakat. 

READ  Piala AFF 2020: Jumpa Tuan Rumah, Garuda Pantang Menyerah
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

1 Komentar

Hikmah · Selasa, Mei 4th, 2021 pada 15:11:10

Baru tau aku macam2 selebrasi gaya pemain2 sepakbola nih Wkwkwk..
Tapi emang menarik sih, pemain punya ikon masing2.
Biasany kalo nonton sepak bola semisal sang juara menang ya loncat2 kegirangan ga jelas hahaha

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait