Olahraga Ringan: Manfaat Rutin Jogging Pagi dan Malam Hari

Dipublikasikan oleh Olivia Annisa
Reading Time: 3 minutes

source: Unsplash.com, “Jogging merupakan olahraga ringan yang berfungsi mengatur tekanan jantung, manfaat jogging di pagi dan malam hari memberikan relaksasi tersendiri bagi kebugaran tubuh”.

Umpanbalik.id – Tak perlu banyak modal untuk menjalankan program olahraga rutin, jogging bisa jadi pilihan yang tepat untuk merangsang kesegaran jasmani. Jogging merupakan olahraga yang efisien dengan waktu, kamu bisa mulai jogging di waktu pagi, sore bahkan malam hari.

Mengutip dari website Alodokter.com jogging adalah aktivitas lari santai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika rutin dijalani. Bila kamu ingin membentuk massa otot, membakar kalori, mengurangi jaringan lemak tubuh, dan menjaga kesehatan jantung, olahraga jogging sangat cocok untukmu. Menurut penelitian, olahraga jogging lebih efektif membakar lemak ketimbang olahraga angkat beban.

Kamu tidak perlu punya keahlian khusus atau training khusus untuk melakukan olahraga yang satu ini, jogging meningkatkan fungsi saluran pernapasan serta memicu jantung untuk aktif memompa. Saat tubuh bergerak secara bertahap menyesuaikan alur irama napas dan hentakan kaki, kemudian akan menghasilkan sisa zat keringat yang tidak berguna bagi tubuh. Sel-sel dalam zat keringat tersebut merupakan sel yang memicu kanker. Sehingga saat jogging, tubuh secara otomatis menukar sisa zat keringat lemak yang buruk dengan sel-sel tubuh yang baru.

Manfaat Jogging

Menurut Jurnal Olahraga Universitas Negeri Surabaya, olahraga jogging bermanfaat memperbaiki suasana hati. Jogging juga dapat memberikan kesenangan secara fisik maupun mental. Selain itu jogging yang dilakukan secara rutin akan memberikan manfaat bagi kondisi fisik dan kesehatan di antaranya:

Pertama, membuat jantung kuat. Tubuh yang bergerak akan memperlancar peredaran darah sehingga jantung dipaksa memompa lebih dalam dan pernapasan cenderung lebih dalam. Jika pergerakan ini secara teratur dipertahankan, maka kesehatan jantung akan meningkat.

READ  Lupakan Kekalahan, Novak Djokovic Berhasil Genggam Gelar di Paris Masters 2021

Kedua, memperlancar sistem pencernaan. Olahraga jogging yang dilakukan secara rutin ternyata juga berdampak pada sistem pencernaan dengan membantu mengatasi masalah pencernaan.

Ketiga, mengurangi kadar cemas dan depresi.  Jogging yang dilakukan di waktu-waktu tertentu baik pagi, sore, bahkan malam hari memberikan dampak healing yang sangat bermanfaat mengatasi permasalahan kesehatan mental. Apalagi jika kamu melakukan olahraga ini sendirian dan di tempat yang jauh dari keramaian.

Keempat, membantu membakar lemak dan mengatasi obesitas. Meskipun dikenal sebagai olahraga ringan, jogging sangat efektif untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Sebab, olahraga ringan membantu tubuh beradaptasi dengan gerakan-gerakan kecil yang memicu pembentukan otot dan pengeluaran lemak berlebih yang terkandung dalam zat keringat.

Kelima, memperbaiki pola makan. Selain memperlancar pencernaan, jogging juga membantu tubuh untuk memperbaiki pola makan. Sehingga olahraga ringan ini sangat cocok untuk kamu yang mengidap permasalahan pola makan, seperti obesitas. 

Keenam, membantu memperbaiki pola tidur. Tak hanya memperbaiki pola makan jogging juga sangat efektif dilakukan bagi kamu yang mengalami insomnia dan sulit mengatur pola tidur.

Ketujuh, mengencangkan otot. Efek dari olahraga ringan satu ini tak bisa dipandang sebelah mata, meskipun tak memerlukan alat bantu olahraga. Olahraga jogging bisa membantu mengencangkan otot, terutama otot kaki, paha, dan punggung. Untuk itu, tak jarang olahraga tertentu mewajibkan jogging sebagai proses stretching tubuh untuk tubuh cepat beradaptasi dengan olahraga berat lainnya.

Kedelapan, meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Dari sekian banyak manfaat olahraga ringan, manfaat yang paling dirasakan jika melakukan jogging secara rutin adalah mencapai tingkat kualitas imun tubuh dan merangsang pergerakan tubuh yang jauh lebih produktif.

READ  Air Jordan, Merk Basket yang Merambat Ke Rumput Hijau

Menurut Jurnal Olahraga Universitas Muhammadiyah Surakarta yang ditulis oleh Yanuar Ari Tri Wibowo, jogging termasuk dalam olahraga aerobic yang disebut dengan latihan kardiovaskular untuk meningkatkan fungsi kerja paru, jantung, dan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga tubuh menggunakan oksigen lebih baik untuk metabolisme sel dan dapat meningkatkan kemampuan jantung memompa darah keseluruh sel jaringan tubuh. Dalam penelitian, jogging membantu tubuh merangsang difusi oksigen dari paru-paru ke dalam darah yang disalurkan melalui sel-sel darah merah dan hemoglobin.

Untuk mencapai tingkat intensitas kebugaran tubuh yang baik, maka minimal kamu harus melakukan jogging minimal 1,5 sampai 2 bulan secara rutin dan teratur. Nah Sobat Sport, ternyata olahraga murah dan efisien ini juga memiliki banyak manfaat bagi daya tahan tubuh. Jadi untuk rutin mengatur intensitas berolahraga tak perlu alasan lagi ya. Pastikan untuk melakukan pemanasan atau stretching serta pendinginan sebelum dan sesudah berjogging.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

1 Komentar

Hikmah · Selasa, Mei 4th, 2021 pada 15:28:35

Aku tim lari pagi sih, sekalian bisa kena sinar matahari
Tapi lari malam juga bagus ko, asalkan tubuh ga cape & ga berlebihan olahraganya.
Apalagi Point 6 itu, cocok banget buat yg susah tidur

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait