Penipu Paling Sukses di Dunia Olahraga: Lance Armstrong

Dipublikasikan oleh Anneke Puteri
Reading Time: 3 minutes

(source: quora by michael carling. lance armstrong tour de france)

Umpanbalik.id – Tahun 2012, masa saat Lance Armstrong terjun bebas dari karir spektakulernya dan didepak dari perlombaan olahraga sepeda seumur hidup. Lance Armstrong menciptakan sebuah skandal doping terbesar dalam dunia olahraga.

Jika kamu pecinta olahraga sepeda, pasti sudah tak asing dengan Tour de France, sebuah perlombaan sepeda bergengsi dunia untuk para pesepeda profesional. Tour de France diadakan tiap bulan Juli selama tiga minggu berturut-turut di Perancis. Jaraknya sekitar 3.470 km tiap perlombaan dan para atlet hanya diberi waktu dua hari untuk beristirahat.

Lance Armstrong, merupakan seorang atlet bintang yang menjuarai kompetisi itu selama tujuh kali berturut-turut. Karirnya sudah populer sejak tahun 1991 ketika ia berhasil menjuarai berbagai macam perlombaan dan dijuluki sebagai atlet dengan reputasi terbaik. Namun, ketika masa jayanya, ia didiagnosis kanker testis ganas yang telah menyebar ke otak dan paru-parunya.

Rehat sebentar dari dunia olahraga, ia mendirikan Lance Armstrong Foundation (LIVESTRONG) yang merupakan yayasan untuk mendukung para penyintas kanker. Armstrong mengumpulkan ratusan juta uang pribadinya untuk penelitian kanker, dan bergerak sebagai aktivis yang memotivasi para pengidap penyakit mematikan itu. Ia sering memberi semangat bahwa seseorang yang sedang ‘sakit’ pun bisa menjadi seorang juara.

Tahun 1995, keajaiban muncul dan ia dinyatakan pulih dari kanker. Lance Armstrong langsung mengikuti ajang turnamen bergengsi bernama Tour de France dan karirnya mendadak terbang setinggi langit karena ia dipuja banyak orang setelah menjuarai kompetisi tersebut selama tujuh tahun berturut-turut. Armstrong mulai mendapat banyak penghargaan seperti “Best Sport Personality”, hadir dalam berbagai macam cover majalah, dan memberi dampak positif terhadap olahraga sepeda lebih luas lagi kepada dunia.

READ  Lima Rekomendasi Olahraga Anak: Ibu Bersorak, Anak Aktif Bergerak

Namun, siapa sangka, salah satu mantan timnya melaporkan tindakan curang Lance Armstrong selama turnamen tersebut. Lance menggunakan doping darah, erythropoietin, dan suntikan hormon pertumbuhan untuk mencapai kesuksesan. Pada jurnal yang dirilis oleh Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Pendidikan Ganesha, doping dalam olahraga merupakan penggunaan obat terlarang dari suatu bahan asing yang dimasukkan dalam tubuh seorang atlet agar bisa meningkatkan performa dalam sebuah kejuaraan. Akibatnya, penggunaan doping ini dilarang oleh seluruh organisasi olahraga di dunia karena menodai konsep fair play pada pertandingan.

Citranya sebagai atlet bintang dan aktivis pejuang kanker mendadak tercoreng akibat adanya temuan investigasi dari USADA (Badan Anti Doping Amerika Serikat) yang menguak kunci kebohongan dari karirnya. Dalam wawancara publik pertamanya di Talk Show Oprah Winfrey pada Januari 2013, ia mengakui perbuatan curangnya tersebut. Pengakuannya ini disebut-sebut sebagai pengakuan dosa terbesar yang ada di dalam sejarah. Armstrong bahkan berkata bahwa ia tidak mungkin menang perlombaan tanpa adanya bantuan dari obat-obatan terlarang tersebut.

Awalnya, Lance Armstrong masih mengelak tentang penggunaan doping dan berbohong kepada publik bahwa ia hanya menggunakan obat-obatan untuk penyembuhan dari penyakit kanker yang dideritanya. Pada saat itu ia juga yakin akan lolos dari skandal ini. Namun karena ada peningkatan prosedur tes kesehatan bagi para atlet, Lance Armstrong tidak bisa menghindar lagi dari persembunyiannya.

Akibatnya, Lance Armstrong telah di blacklist dalam berbagai macam perlombaan olahraga seumur hidup. Dikutip dari ESPN, Predikat juara yang diterimanya dalam turnamen Tour de France selama 7 tahun juga telah dicabut. Belum cukup sampai di situ, ia harus menjalani beberapa sanksi dan tuntutan-tuntutan lain akibat perbuatannya tersebut dan mengembalikan sejumlah uang dari hasil kesuksesannya sebagai salah satu olahragawan terbaik.

READ  Cody Simpson: Double Job Antara Atlet Renang dan Musisi

Langkah awal yang dilakukan Lance Armstrong pada saat itu adalah merenungi penyesalan sedalam-dalamnya dan memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya di Texas, Amerika Serikat untuk menjauhkan diri dari mata publik untuk beberapa saat. Meskipun karirnya dilandasi kebohongan dan sempat meredup, nyatanya Lance Armstrong tetap bersinar bahkan sampai sekarang. Popularitasnya tetap berada di atas daun. Saat ini ia mempunyai sebuah perusahaan bernama WEDU, media yang bergerak di bidang podcast dan telah memiliki dua program terkenal bernama The Move and The Forward. Podcast-nya ini memiliki keistimewaan untuk subscribers eksklusif yang bisa memberi pertanyaan langsung kepada Lance Armstrong. Popularitas dari podcast ini telah membius banyak perusahaan sponsor besar yang rela membayar jam tayang pada acara tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on email
Email
Share on print
Cetak

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Popular Posts
Komentar Terbaru
Sahwahita: Bener banget, Sobat ...
agam_ray: Wah ngeriiiik bgt...
Sahwahita: ia sobat sport, masi...
Sahwahita: Terima Kasih sobat s...
Sahwahita: terima kasih sobat s...
Sahwahita: benar banget sobat s...
Agung Fajar Pribadi: Skill individu pemai...
Risca Nabella: Info begini sangat m...
Hikmah: Wow baru tau, banyak...
wilda: Baru tau ada begini ...
joon: benar bangettt...
Avi Sena: Club sepakbola perem...
Avi Sena: Penalti Panenka mema...
Avi Sena: cukup dengan satu ci...
Fianda Briliyandi: Artikel yang bagus, ...
Hikmah: Aku tim lari pagi si...
Hikmah: Baru tau aku macam2 ...
Hikmah: Taufik dulu emang an...
Lisa: Keren banget! Bener ...
A WordPress Commenter: Hi, this is a commen...
Semua Hashtag

Post Terkait